Home » , » 10 Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Laptop Yang Lemot, Kau Harus Tahu!

10 Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Laptop Yang Lemot, Kau Harus Tahu!

Posted by Droid Tech Media on Saturday, July 6, 2019

Sekarang ini sudah banyak sekali yang mempunyai dan memakai Laptop, ketenaran laptop ini sudah melebihi komputer alasannya yakni lebih gampang dipakai dan sanggup dibawa-bawa. Karena gampang dibawa-bawa inilah banyak orang yang lebih suka memakai Laptop dibandingkan dengan Komputer. Dengan memakai Laptop kita sanggup mengerjakan kiprah atau laporan memakai laptop dimanapun, tidak harus dirumah.


Selain itu, para vendor laptop saling berlomba-lomba untuk menciptakan Laptop terbaik mereka yang gampang dipakai dan nyaman untuk pengguna. Semakin kesini, spesifikasi dari laptop yang ada semakin tinggi dan semakin bagus. Namun meskipun begitu, tak jarang kita menjumpai laptop yang kita pakai terasa lambat dan ngeleg. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan laptop kalian menjadi bekerja lebih lambat.


Diantaranya yakni alasannya yakni virus, kapasitas harddisk yang penuh, spesifikasi Laptop yang kurang bagus, kapasitas RAM yang terlalu kecil, dan berbabagi problem yang lain. Nah, kali ini mastekno akan memperlihatkan beberapa tips kepada kalian agar kinerja laptop pkalian menjadi lebih cepat.


 


10 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Secara Ampuh dan Cepat


#1. Hapus File di Recycle Bin


Sampah yang ada pada recycle bin laptop kalian sanggup jadi penyebab dari laptop kalian yang melambat. Kaprikornus silahkan kalian cek recycle bin kalian, jikalau di dalamnya tidak ada data yang penting hapus saja file yang ada pada recycle bin. Caranya adalah klik kanan icon Recycle Bin > Empety Recycle Bin. Atau jikalau agar lebih gampang kalian sanggup memakai aplikasi pembersih menyerupai CCleaner.


 


#2. Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk


Karena banyak proses yang dikerjakan secara bersamaan, kinerja laptop menjadi turun dan melambat. Untuk mengatasi hal ini, cara ampuh yang sanggup kalian gunakan yakni dengan mengupgrade atau menambah RAM pada laptop kalian. Selain itu, kalian juga harus cek kapasitas Harddisk kalian, jangan hingga Harddisk terlalu penuh alasannya yakni hal ini juga sanggup menyebabkan komputer lemot. Ada baiknya kalian menyiapkan harddisk eksternal untuk jaga-jaga.


 


#3. Minimalkan Program Startup


Silahkan kalian nonaktifkan program-program yang berdasarkan kalian tidak penting yang berjalan pada kegiatan Startup. Jika terdapat aplikasi tidak penting yang berjalan pada kegiatan startup maka komputer kalian sanggup menjadi lemot. Oleh alasannya yakni itu silahkan kalian matikan kegiatan tidak penting yang ada, caranya tekan tombol Win + R > ketikkan “msconfig” > Startup > Uncheck pada kegiatan yang ingin dinonaktifkan.


 


#4. Uninstall Program Tidak Penting


Terlalu banyak menginstall aplikasi yang sebetulnya tidak kalian perlukan juga sanggup menyebabkan kinerja komputer kalian melambat. Jika kalian merasa aplikasi tersebut tidak terlalu penting dan jarang sekali digunakan, sebaiknya kalian menghapusnya. Kalian hanya perlu menginstall aplikasi penting dan yang sering kalian gunakan saja. Cara uninstallnya mudah, silahkan klik sajian Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian pilih kegiatan yang ingin kalian uninstall.


 


#5. Custom Virtual Memory


Jika komputer kalian terasa lambat, maka kalian sanggup coba untuk custom virtual memory. Meskipun kiprah dari virtual memory ini tidak sebesar memory RAM, virtual memory sanggup membantu kalian meningkatkan kinerja dari laptop kalian. Kalian sanggup mengatur sendiri besaran dari memory yang akan kalian gunakan. Berikut ini yakni cara mengatur besaran memori virutual:



  • Silahkan ke Control Panel > System and Security > System. Atau kalian sanggup melakukannya dengan cara tekan tombol Windows + Pause Break > Advanced system settings.

  • Setelah itu pilih tab Advanced > pada sajian Performance > Settings.

  • Kemudian pada tab Advanced > pada Virtual memory > pilih Change.

  • Silahkan uncheck pada “Automatically manage…”, kemudian pilih Custom size dan tentukan jumlah size memory virtual yang kalian inginkan. Jika sudah, klik Set dan pilih OK.


 


#6. Menginstall Antivirus


Bisa jadi laptop kalian lemot alasannya yakni adanya virus yang bersarang pada Laptop kalian, jadi ada baiknya kalian menginstall antivirus pada laptop kalian. Kalian harus menginstall antivirus yang tepat, jangan hingga kalian sembarangan menginstall antivirus dan malah menciptakan laptop menjadi semakin lemot. Silahkan kalian install antivirus terpercaya dan sudah banya orang yang menggunakannya.


 


#7. Gunakan Disk Defragmenter


Fragmentasi yang terjadi pada data laptop kalian menciptakan drive laptop bekerja lebih keras, dan hal ini akan menciptakan kinerja laptop menjadi menurun. Oleh alasannya yakni itu, disarankan untuk menggunaan disk defragmenter untuk menyusun kembali data-data pada laptop kalian yang terpisah-pisah. Cara menggunakannya yakni klik kanan drive yang ingin didefrag > klik Properties > kemudian silahkan pilih Defragment now pada Tools.


 


#8. Gunakan Disk Cleanup


Komputer kalian yang menjadi lambat mungkin juga dikarenakan adanya file sementara yang menumpuk pada disk kalian. Oleh alasannya yakni itu, kalian sanggup memakai tools ini untuk menghapus file sementara yang ada pada disk kalian tersebut. Kalian sanggup menentukan drive mana yang akan dibersihkan. Untuk memakai tools ini, silahkan klik kanan drive yang ingin dibersihkan > kemudian pilih Properties > Disk Cleanup. Atau kalian juga sanggup memakai aplikasi disk cleaner kesukaan kalian.


 


#9. Hapus Gadget di Dekstop


Gadget yang ada di dekstop juga sanggup memengaruhi kinerja dari laptop kalian, semakin banyak gadget yang ada pada dekstop maka kinerja komputer juga akan semakin berat. Oleh alasannya yakni itu, sangat disarankan untuk menghapus gadget yang berdasarkan kalian tidak penting. Namun beda lagi jikalau kalian memakai laptop dengan spesifikasi yang tinggi, hal ini tidak terlalu berbengarui untuk kinerja laptop.


 


#10. Mengaktifkan Hibernate Mode


Fungsi dari hibernate ini yakni menyimpan semua kerja memri saat laptop kalian dimatikan, kemudian akan dikembalikan menyerupai sediakala menyerupai sebelum dihibernate. Untuk memakai cara ini sangatlah mudah, tekan Win + i > System > Power & Sleep > Additional power settings, kemudian pada Power Option > pilih “Chose what the power buttons do” kemudian klik “Change settings…”.


 


Demikianlah tips yang sanggup mastekno sampaikan kepada kalian ihwal cara ampuh mempercepat kinerja laptop. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan sanggup membantu kalian untuk mempercepat kinierja dari laptop kalian yang mulai lambat alasannya yakni banyak sekali alasan tertentu. Jika kalian masih gundah atau mungkin punya cara dan tips lain untuk mempercepat komputer, silahkan tanyakan dan tambahkan di kolom komentar.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}