Home » » Kanker Serviks – Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan

Kanker Serviks – Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan

Posted by Droid Tech Media on Monday, July 8, 2019

kanker-serviks-doktersehat

DokterSehat.Com– Kanker rahim atau kanker serviks adalah salah satu penyakit yang diwaspadai kaum perempuan hingga saat ini. Kanker yang menyerang organ reproduksi wanita ini merupakan penyakit paling berbahaya kedua di Indonesia, setelah kanker payudara. Sementara keempat paling berbahaya di dunia. Lalu apa panyebab kanker serviks ini dan bagaimana cara mengobatinya? Berikut akan dipaparkan secara lengkap di bawah ini.

Apa Itu Kanker Serviks?

Kanker serviks adalah kondisi di mana sel-sel abnormal pada leher rahim tumbuh di luar kendali. Leher rahim adalah bagian bawah rahim yang terbuka ke arah vagina. Jenis kanker ini biasanya berhasil diobati ketika ditemukan pada stadium awal. Hal ini biasanya ditemukan pada tahap yang sangat dini melalui tes Pap Smear. Apabila tumor dibiarkan begitu saja, maka akan menjadi ganas yang merupakan penyebab kanker.

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang paling sering terjadi pada wanita di seluruh dunia. Sayangnya, masih banyak yang belum tau gejala kanker serviks dan ciri-cirinya, sehingga pengobatan terlambat diberikan.

Penyebab Kanker Serviks

Jika ingin menghindari risiko kanker serviks, tentu perlu diketahui terlebih dahulu gejala dan penyebabnya. Biasanya, kanker ini disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV). HPV memiliki banyak peregangan, yang paling sering menginfeksi manusia adalah HPV 8, 11, 16, dan 18.

Jenis virus HPV yang menjadi penyebab kanker serviks adalah HPV 16 dan 18, sedangkan HPV 8 dan 11 adalah penyebab penyakit kutil pada kelamin. Jadi, tidak semua tekanan HPV bisa menyebabkan penyakit kanker ini.

Karena HPV adalah infeksi umum yang biasanya hilang dengan sendirinya, kebanyakan orang tidak menyadari atau tidak mengetahui bahwa mereka memilikinya.

Jika mengetahui bahwa Anda memiliki salah satu jenis HPV yang berisiko tinggi, jangan panik, ini tidak berarti Anda mengalami kanker. Hal ini berarti Anda memiliki jenis HPV yang mungkin dapat menyebabkan kanker di masa depan. Itulah mengapa mendeteksi lebih awal atau secara dini sangat penting.

Faktor Risiko Kanker Serviks

Apa pun yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit disebut faktor risiko. Kanker yang berbeda memiliki faktor risiko yang berbeda pula. Jadi, memiliki satu atau lebih faktor risiko tidak berarti Anda pasti akan terkena kanker serviks.

Berikut ini faktor-faktor penyebab kanker serviks yang penting untuk Anda kenali, di antaranya:

1. Usia

Kanker serviks biasanya sering terjadi pada wanita yang lebih muda. Lebih dari setengah kasus pengidap kanker serviks, misalnya di Inggris, setiap tahunnya didiagnosis pada wanita di bawah usia 45 tahun.

2. Infeksi human papilloma virus (HPV)

Human papilloma virus (HPV) adalah penyebab kanker serviks yang utama atau yang paling sering terjadi.

Kebanyakan orang yang aktif secara seksual melakukan kontak dengan HPV selama masa hidupnya. Tetapi sebagian besar virus tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya.

3. Jenis HPV

Ada banyak jenis HPV. Namun sebagian besar tidak berbahaya dan beberapa menyebabkan kutil kelamin, sementara yang lainnya menyebabkan dapat berkembang menjadi kanker. Seperti kanker serviks, HPV dapat menyebabkan kanker vagina, dubur, vulva, penis, dan beberapa jenis kanker tenggorokan dan mulut. HPV menular melalui kontak kulit (biasanya selama aktivitas seksual).

Sekitar 12 jenis HPV berisiko tinggi terhadap kanker serviks. Dua dari jenis ini (HPV 16 dan HPV 18) menyebabkan sekitar 7 dari 10 (70%) kanker serviks.

4. Seks

Berhubungan seks yang aman dengan menggunakan kondom dapat mengurangi risiko HPV. Namun, alat kontrasepsi pria ini tidak dapat melindungi sepenuhnya. Tetapi melakukan seks yang lebih aman juga dapat membantu mencegah dari banyak penyakit menular seksual (PMS).

5. Vaksin

Sekarang ini ada vaksin untuk mencegah infeksi HPV. Vaksin ini dapat melindungi dari jenis-jenis HPV yang paling mungkin menyebabkan kanker serviks. Namun vaksin tidak melindungi dari semua jenis HPV. Penting bagi Anda untuk ikut dalam skrining serviks, bahkan jika sudah divaksin HPV.

6. HIV/AIDS

Menderita human immunodeficiency virus (HIV) atau AIDS dapat meningkatkan risiko kanker serviks. Risiko ini mungkin akan berkurang pada wanita yang menjalani pengobatan HIV.

7. Infeksi menular seksual lainnya

Risiko kanker serviks meningkat pada wanita yang mengalami infeksi menular seksual (IMS) bersama HPV. Wanita penderita HPV dan klamidia, mungkin berisiko kanker serviks yang lebih tinggi.

8. Merokok

Merokok ternyata dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks. Risiko akan meningkat jika Anda sering merokok setiap hari dan semakin berisiko tinggi terhadap kematian.

Merokok juga akan mempersulit perawatan sel-sel abnormal pada penyakit serviks Anda.

Tidak pernah ada kata terlambat jika ingin berhenti merokok, semakin cepat Anda berhenti sama sakali akan semakin baik.

9. Pil KB

Sekitar 1 dari setiap 10 kasus kanker serviks ternyata juga terkait dengan konsumsi pil kontrasepsi atau pil KB.

Minum pil KB selama lebih dari 5 tahun dapat meningkatkan risiko kanker serviks. Pil KB juga sedikit meningkatkan risiko kanker payudara.

Tetapi perlu Anda ingat bahwa minum pil KB juga dapat membantu mengurangi risiko kanker rahim dan ovarium.

10. Memiliki anak

Wanita yang sudah memiliki anak, risiko kanker serviks meningkat dibandingkan dengan mereka yang belum memiliki anak.

Memiliki anak pertama sebelum usia 17 tahun juga berisiko lebih tinggi, dibandingkan dengan wanita yang memiliki anak pertama setelah berusia 25. Sanyangnya alasannya tidak jelas.

11. Riwayat keluarga

Kemungkinan Anda berisiko kanker serviks jika ibu, saudara perempuan atau anak perempuan Anda mengalami kanker serviks. Namun, belum diketahui apakah ini terkait dengan masalah gen, atau apakah disebabkan faktor umum yang sama seperti kebiasaan merokok.

12. Kanker sebelumnya

Kemungkinan Anda memiliki peningkatan risiko kanker serviks jika mengalami kanker:

  • Vulva
  • Vagina
  • Ginjal
  • Saluran kemih (ini termasuk kandung kemih dan tabung dari ginjal ke kandung kemih)

Apakah kanker serviks bisa menular?

Nyatanya, pasien bisa tertular HPV ketika melakukan kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Kebanyakan orang dewasa telah terinfeksi HPV selama beberapa waktu. Infeksi dapat sembuh sendiri, namun juga kadang-kadang dapat menyebabkan kutil kelamin atau menyebabkan kanker serviks.

Itulah mengapa penting bagi wanita untuk melakukan Pap Smear secara teratur. Tes ini dapat mendeteksi perubahan sel serviks sebelum sel berubah menjadi kanker. Jika kita mengetahui perubahan sel ini, kanker serviks dapat dicegah.

Jenis Kanker Serviks

Secara umum jenis kanker serviks terbagi menjadi dua, karsinoma sel skuamosa dan Adenokarsinoma serviks, berikut penjelasannya:

1. Karsinoma sel skuamosa

Karsinoma sel skuamosa (KSS) berawal pada sel tipis dan rata yang melapisi bagian bawah serviks. Jenis kanker serviks ini dapat menjadi penyebab sekitar 80 persen kanker serviks.

2. Adenokarsinoma serviks

Jenis kanker serviks ini dapat berkembang pada sel-sel kelenjar yang melapisi bagian atas serviks. Adenokarsinoma serviks dapat membentuk sekitar 20 persen kanker serviks.

Stadium Kanker Serviks

Mengetahui stadium kanker sangat penting bagi kaum perempuan, karena dapat membantu penderitanya menentukan jenis perawatan yang paling efektif.

Stadium kanker serviks terdiri 4, berikut di antaranya:

Stadium 1

Sel-sel kanker telah tumbuh dari permukaan ke jaringan yang lebih dalam dari serviks, dan kemungkinkan akan ke dalam rahim, dan ke kelenjar getah bening di dekatnya.

Stadium 2

Tahap ini kanker telah bergerak melewati serviks dan uterus, tetapi tidak sejauh dinding panggul atau di bagian bawah vagina. Kemungkinan ini tidak memengaruhi kelenjar getah bening di dekatnya.

Stadium 3

Sel-sel kanker mncul di bawah vagina atau dinding panggul, dan kemungkinan menghalangi ureter – tabung yang membawa urine dari kandung kemih. Ini juga mungkin tidak akan memengaruhi kelenjar getah bening di dekatnya.

Stadium 4

Tahap selanjutnya, kanker memengaruhi kandung kemih atau rektum dan tumbuh keluar dari panggul, yang mungkin tidak memengaruhi kelenjar getah bening. Kemudian pada stadium 4 ini, akan menyebar ke organ yang lain, termasuk hati, paru-paru, tulang, dan kelenjar getah bening.

Memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin terhadap kemunculan gejala kanker serviks, dapat membantu penderitanya mendapat perawatan dini dan meningkatkan peluang untuk bertahan hidup.

Gejala Kanker Serviks

Perubahan sel serviks yang abnormal (sebelum menjadi kanker) jarang menimbulkan gejala. Bahkan, seringkali tak ada ciri-ciri kanker serviks pada stadium awal.

Ada kalanya gejala kanker serviks timbul ketika sudah memasuki stadium 1B. Berikut beberapa gejalanya:

  • Perdarahan di luar periode menstruasi
  • Perdarahan setelah berhubungan seks
  • Perdarahan setelah menopause
  • Ketidaknyamanan selama hubungan seksual
  • Nyeri di perut bagian bawah atau panggul
  • Nyeri saat berhubungan seks
  • Keputihan yang tidak normal
  • keputihan dengan bau yang kuat
  • keputihan diwarnai dengan darah
  • nyeri panggul

Sementara ciri-ciri kanker serviks lanjut di antaranya:

  • Mengalami penurunan berat badan
  • Kelelahan
  • Sakit punggung
  • Nyeri kaki atau bengkak
  • Kebocoran urine (inkontinensia)
  • Fraktur tulang (patah tulang)

baca juga: 5 ciri kanker serviks yang harus diwaspadai wanita

Diagnosis Kanker Serviks

Diagnosis kanker secara menyeluruh dan tepat merupakan langkah awal perawatan pertama kanker serviks. Dokter akan menggunakan berbagai tes dan alat canggih untuk mendiagnosis kanker serviks, mengevaluasi penyakit, dan membuat rencana perawatan. Selama perawatan, dokter akan menggunakan tes pencitraan dan laboratorium untuk mencari ukuran tumor, memantau respons Anda terhadap pengobatan.

Alat dan tes yang digunakan untuk mendiagnosis kanker serviks, di antaranya:

1. Tes Pap Smear

Tes Pap Smear biasanya langkah pertama untuk menentukan kesehatan serviks dan dilakukan sebagai bagian dari skrining rutin. Kebanyakan wanita disarankan melakukan tes Pap mulai dari usia 21. Tergantung usia dan risikonya, dokter mungkin juga menyarankan tes tambahan untuk infeksi HPV, karena infeksi sebelumnya dengan jenis HPV berisiko tinggi telah terjadi.

2. Tes panggul

Dokter akan memeriksa secara manual pada vagina, rahim, leher rahim, saluran tuba, ovarium dan rektum untuk nodul atau benjolan, yang dapat diperiksa lebih rinci dengan teknologi pencitraan.

3. Kolposkopi

Dokter menggunakan mikroskop khusus, yang disebut colposcope, untuk memeriksa serviks. Colposcope dirancang untuk memberikan objek yang diperbesar secara visual, yang memungkinkan dokter mengamati jaringan yang abnormal. Jika jaringan abnormal teridentifikasi, jaringan akan dibiopsi.

4. Biopsi

Ada dua jenis biopsi yang digunakan untuk mendiagnosis kanker serviks, di antaranya biopsi kerucut atau LEEP dan biopsi kelenjar getah bening sentinel:

  • Biopsi kerucut atu LEEP: Ketika hasil Pap dan colposcopy menunjukkan karsinoma serviks, dokter dapat melakukan biopsi kerucut atau LEEP untuk mengonfirmasi diagnosis. Dokter mengeluarkan sepotong jaringan berbentuk kerucut dari serviks menggunakan pisau bedah. Selama LEEP, loop kawat listrik digunakan untuk menghilangkan jaringan. Jaringan ini kemudian dikirim ke ahli patologi.
  • Biopsi kelenjar getah bening sentinel: Tes yang melibatkan pengidentifikasian, pengangkatan, dan pemeriksaan kelenjar getah bening sentinel — kelenjar getah bening pertama tempat sel kanker paling mungkin menyebar dari tumor primer — dapat membantu menentukan apakah kanker menyebar ke luar serviks. Menghapus satu atau dua kelenjar getah bening juga dapat menghindari komplikasi yang terjadi dengan pembedahan untuk mengangkat 10 hingga 30 kelenjar getah bening.

5. Tes pencitraan

Tes ini dapat dilakukan dengan beberapa cara atau alat untuk mendiagnosis kanker serviks:

  • CT scan: CT scan mengekspose gambar serviks dan perut dengan 3-D yang terperinci. Setelah pemeriksaan fisik, CT scan dilakukan untuk menemukan tumor sebelum operasi. CT scan dapat digunakan untuk menentukan ukuran tumor, organ apa yang mungkin terpengaruh, dan apakah kelenjar getah bening membesar.
  • PET / CT scan: Dokter menggunakan PET / CT scan sebagai evaluasi untuk kanker serviks. Teknik pencitraan nuklir canggih ini menggabungkan positron emission tomography (PET) dan computed tomography (CT) menjadi satu mesin. Pemindaian PET / CT menguak informasi tentang struktur dan fungsi sel dan jaringan dalam tubuh selama satu sesi pencitraan tunggal. PET / CT scan dapat mendeteksi penyebaran kanker serviks ke kelenjar getah bening di dekatnya dan ke organ lain, seperti paru-paru atau hati.
  • MRI: MRI digunakan untuk menentukan apakah kanker serviks melibatkan kandung kemih, rektum atau jaringan di sekitar serviks. Terkadang tes ini dilakukan sebagai ganti atau sebagai tambahan CT scan.

5. Tes laboratorium

Tes laboratorium utama untuk kanker serviks adalah pengujian genom lanjut terhadap tumor, yang memeriksa tumor untuk mencari perubahan DNA yang mendorong pertumbuhan kanker. Dengan identifikasi mutasi yang terjadi pada genom sel kanker, dokter dapat lebih memahami sifat tumor, dan dokter mungkin dapat menyesuaikan perawatan pasien berdasarkan temuan ini.

6. Pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan

Selama dua hari pertama di satu rumah sakit atau pusat rawat jalan, dokter akan melakukan serangkaian tes diagnostik, dan melihat catatan medis dan riwayat kesehatan Anda secara menyeluruh.

Dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik. Informasi ini membantu dokter merumuskan anjuran perawatan yang disesuaikan dengan pasien dan kebutuhannya.

Pengobatan Kanker Serviks (Awal)

Jika sudah muncul ciri-ciri kanker serviks, maka segeralah ditanggulangi!

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan tes Pap Smear dengan cara mengambil sampel dari serviks. Permukaan serviks akan sedikit digores, lalu dioleskan ke gelas kaca untuk dilihat melalui mikroskop.

Jika tes Pap Smear menunjukkan perubahan sel yang abnormal, dokter akan menyarankan untuk melakukan tes lain untuk mencari sel-sel prakanker atau kanker pada leher rahim pasien. Dokter juga dapat menyarankan mengambil sampel jaringan (biopsi) jika pasien memiliki gejala kanker serviks, seperti perdarahan setelah berhubungan seks.

1. Bedah

Seperti histerektomi (operasi pengangkatan rahim) dan pengangkatan kelenjar getah bening panggul atau ooforektomi (pengangkatan kedua ovarium dan tuba fallopi).

2. Terapi radiasi

Menggunakan dosis tinggi sinar-X atau implan di rongga vagina untuk membunuh sel-sel kanker. Hal ini digunakan untuk tahap tertentu pada kanker serviks. Ini sering digunakan dalam kombinasi dengan operasi.

3. Kemoradiasi

Kombinasi dari kemoterapi dan radiasi. Hal ini sering digunakan untuk mengobati tahap awal dan tahap akhir kanker serviks.

4. Kemoterapi

Menggunakan obat-obatan yang membunuh sel-sel kanker. Kemoterapi dapat digunakan untuk mengobati kanker serviks stadium lanjut.

Poin pengobatan tergantung pada seberapa banyak kanker yang telah tumbuh, sehingga dapat dilakukan satu, dua, atau tiga perawatan sekaligus. Jadi, tak menutup kemungkinan bahwa penderitanya melakukan kombinasi perawatan.

Jika pasien memerlukan histerektomi, artinya rahim dan leher rahim secara keseluruhan diangkat. Itu artinya wanita tersebut tidak bisa hamil karena hal tersebut. Histerektomi tidak selalu diperlukan, terutama ketika kanker belum tumbuh (masih lesi prakanker yang diketahui dari hasil tes Pap Smear).

Ketika Anda mengetahui memiliki ciri-ciri kanker serviks, maka hidupnya akan berubah. Saat sudah tahu terjangkit, pasien mungkin akan merasa dunia telah terbalik dan pasien telah kehilangan semua kendali. Terbukalah dan berdiskusi dengan keluarga, teman, atau konselor benar-benar dapat membantu.

Jika pasien berusia 26 tahun atau lebih muda, pasien bisa mendapatkan vaksin HPV, yang melindungi terhadap serangan virus HPV yaitu HPV 16 dan 18, penyebab kanker serviks terbanyak.

Virus penyebab kanker serviks dapat menyebar melalui kontak seksual yang pada akhirnya menjadi infeksi menular seksual. Cara terbaik untuk menghindari infeksi menular seksual adalah tidak berhubungan seks sebelum menikah.

Jika melakukan hubungan seks, lakukan seks yang aman, seperti menggunakan kondom dan membatasi jumlah pasangan seks yang Anda miliki.

Tanda-tanda kanker serviks yang ditemukan dalam tahap awal biasanya dapat berhasil diobati dengan operasi. Pilihan pengobatan dan hasil jangka panjang (prognosis) tergantung pada jenis dan stadium kanker. Usia pasien, kesehatan secara keseluruhan, kualitas hidup, dan keinginan untuk bisa memiliki anak juga harus diperhatikan.

Tahapan Perawatan Kanker Serviks

Mewaspadai gejala kanker serviks tentu saja perlu dilakukan, apalagi sudah merasakan ciri-cirinya yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Setelah mengetahui gejala dan penyebab, berikut tahap pengobatannya:

1. Mengatasi emosi selama pengobatan

Ketika seseorang sudah memeriksakan diri dan pertama kali mengetahui bahwa mengidap penyakit tersebut, mungkin akan merasa takut, marah, atau merasa sangat tenang. Beberapa penderita juga perlu berdiskusi tentang perasaan mereka dengan keluarga dan teman-teman.

Jika reaksi emosional terhadap kanker di luar kendali, bicarakan dengan dokter. Pusat perawatan kanker biasanya juga menawarkan layanan psikologis atau keuangan atau keduanya. Disarankan juga untuk ikut komunitas kanker agar lebih bersemangat.

2. Pengobatan selama kehamilan

Pengobatan kanker serviks selama kehamilan sama seperti untuk wanita tidak hamil.

Tentunya ini juga tergantung pada stadium kanker dan trimester berapa pasien tersebut. Sebagai contoh, jika pasien mengalami stadium awal kanker serviks dan pasien berada di trimester ketiga, perawatan mungkin tertunda sampai setelah melahirkan.

Pengobatan pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan seperti masalah persalinan awal atau bahkan meninggalnya bayi. Konsultasikan kepada dokter untuk menanggulangi hal ini.

baca juga: wanita harus lakukan ini setelah didiagnosis kanker serviks stadium 1

3. Tindak lanjut perawatan

Setelah menjalani pengobatan, penting untuk pasien menerima perawatan tindak lanjut. Dokter akan menjadwalkan pemeriksaan teratur, mencakup:

  • Pemeriksaan panggul dan tes Pap Smear setiap 3-6 bulan untuk 2 tahun pertama
  • Setelah 2 tahun pertama, pemeriksaan panggul dan tes Pap Smear setiap 6 bulan selama 3-5 tahun
  • Setelah 5 tahun, pemeriksaan panggul dan Pap Smear setiap tahun

Tindak lanjut tes yang dapat dianjurkan oleh dokter mencakup tes CT scan untuk perut dan panggul. Tes ini adalah untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke organ lain di dalam perut atau panggul.

4. Perawatan ketika kambuh

Kanker serviks dapat kembali atau kambuh setelah perawatan. Kemungkinan bahwa kanker akan kambuh tergantung pada stadium kanker awal. Ciri-ciri kanker serviks yang ditemukan pada stadium awal lebih sedikit kemungkinannya untuk kambuh daripada kanker yang ditemukan pada tahap berikutnya.

Hasil jangka panjang (prognosis) untuk kanker serviks yang kambuh sangat tergantung pada seberapa banyak kanker telah menyebar.

Perawatan terhadap kanker serviks termasuk operasi dan kemoradiasi atau kemoterapi dapat diberikan untuk mengurangi gejala kanker serviks. Dokter mungkin akan mengajak para pasien dalam percobaan klinis. Uji klinis untuk kanker serviks sedang mempelajari terapi yang tepat untuk menargetkan sel-sel kanker.

5. Perawatan paliatif

Perawatan paliatif adalah jenis perawatan untuk orang-orang yang memiliki penyakit serius, termasuk kanker serviks stadium akhir. Berbeda dari perawatan untuk menyembuhkan penyakit, tujuan perawatan paliatif bagi penderita adalah untuk meningkatkan kualitas hidup – tidak hanya di tubuh pasien, tetapi juga dalam pikiran dan jiwa.

Apa manfaat perawatan paliatif?

Pasien bisa mendapatkan perawatan ini bersama dengan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit. Penyedia perawatan paliatif akan bekerja untuk membantu mengendalikan rasa sakit atau efek samping dari pengobatan.

Dokter dapat membantu pasien untuk memutuskan apa perawatan yang pasien inginkan atau tidak inginkan. Penyedia perawatan paliatif dapat membantu orang yang pasien cintai untuk memahami bagaimana cara untuk mendukung pasien.

Pengobatan paliatif bagi penderita kanker serviks stadium akhir mungkin bukan merupakan pilihan yang terbaik. Hal ini dapat karena efek samping, waktu, dan biaya pengobatan lebih besar dari janji untuk menyembuhkan atau kualitas hidup yang akan diraih pasien.

Pasien masih bisa mendapatkan perawatan untuk membuatnya merasa senyaman mungkin selama waktu yang tersisa untuk hidupnya.

Pencegahan Kanker Serviks

Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengurangi risiko kemungkinan mengalami kanker serviks, di antaranya:

1. Vaksin human papillomavirus (HPV)

Hubungan antara pengembangan kanker serviks dan beberapa jenis HPV jelas. Jika setiap wanita mengikuti program vaksinasi HPV, maka mereka melakukan pencegahan kanker serviks yang tepat.

2. Melakukan seks yang aman

Vaksin HPV hanya melindungi dua jenis HPV. Tekanan lain dapat menyebabkan kanker serviks. Jadi, gunakanlah kondom saat berhubungan seks untuk membantu melindungi dari infeksi HPV, terlebih jika berganti pasangan.

3. Skrining serviks

Skrining serviks yang dilalukan secara teratur dapat membantu individu mengidentifikasi dan menangani ciri-ciri kanker serviks sebelum kondisinya dapat berkembang atau menyebar terlalu jauh. Skrining tidak mendeteksi kanker tetapi menunjukkan perubahan pada sel-sel serviks.

4. Memiliki sedikit pasangan seksual

Semakin banyak pasangan seksual yang dimiliki wanita, semakin tinggi pula risiko penularan virus HPV. Hal ini dapat menyebabkan risiko lebih tinggi terkena kanker serviks.

5. Menunda hubungan seksual pertama (saat muda)

Semakin muda wanita ketika melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya, semakin tinggi risiko infeksi HPV. Semakin lama wanita menunda seks, semakin rendah pula risikonya.

6. Berhenti merokok

Pencegahan kanker serviks berikutnya dengan berhenti merokok. Wanita yang merokok dan memiliki HPV, berisiko lebih tinggi terkena kanker serviks dibandingkan wanita yang tidak merokok.

_

Kini sudah tahu kan apa itu kanker serviks hingga pencegahannya? Jika Anda merasa mengalami gejalanya baru-baru ini, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat ya, Teman Sehat!


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}