Setelah lulus sekolah ataupun kuliah, kemudian hal yang kita lakukan adalah mencari pekerjaan. Dengan bekerja kita dapat hidup mandiri dan memenuhi kebutuhan kita secara pribadi. Kita dapat bekerja dalam berbagai bidang yang kita inginkan. Namun, sebelumnya kita perlu membuat sebuah surat lamaran pekerjaan atau biasa disebut juga dengan application letter.
Application letter merupakan surat yang kita buat untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi. Dengan surat ini, kita dapat menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan informasi pribadi dan keunggulan kita sebagai kandidat yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin kita lamar tersebut. Baiklah, mari kita simak beberapa contoh application letter dan artinya berikut ini!
1. Contoh Application Letter di PT / Perusahaan
Medan, May 10th, 2019
Ms. Afni Mediarti
Human Resources Manager
PT Mimpi Indah
Jl. Menuju Masa Depan No. 10
Medan
Dear Ms. Afni,
Based on the advertisement posted on devjobsindo.id that PT Mimpi Indah is looking for Staff Administration. I am interested in applying for this position.
I have graduated from Muhammadiyah North Sumatra University, majoring in Management. I have worked as freelance Staff Administration at PT Unicever for two years after graduating and as a Staff Marketing for PT Indomood since 2016-2018. I believe I could be a strong candidate through the skills and experiences I have.
I am a fast learner and have good motivation. I am proficient in many computer software programs, including Miscrosoft Word, Excel, Access and PowerPoint. I work effectively under pressure and developed excellent communication skills through my job experience.
Please take the time to review my resume. With my qualifications, I confident that I will be able to contribute to your company. Please contact me on +628121111222. I hope I can get the opportunity to discuss with you about an interview. I look forward to hearing from you soon. Thank you for your time and consideration.
Sincerely,
Winda Eka Maya
Teks dalam Bahasa Indonesia:
Medan, 10 Mei 2019
Kepada Yth.
Ibu Afni Mediarti
Human Resources Manager
PT Mimpi Indah
Jl. Menuju Masa Depan No. 10
Medan
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh pada website devjobsindo.id bahwa PT Mimpi Indah sedang membutuhkan karyawan untuk Staf Administrasi. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada bidang tersebut.
Saya merupakan lulusan dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, jurusan Manajemen. Setelah lulus kuliah, saya pernah bekerja secara freelance sebagai Staf Administrasi pada PT Univecer selama dua tahun dan bekerja sebagai Staf Marketing pada PT Indomood sejak 2016-2018. Saya yakin, saya akan menjadi kandidat yang tepat berdasarkan keterampilan dan pengalaman yang saya miliki.
Saya seseorang yang cepat dalam memahami sesuatu dan saya mempunyai motivasi yang baik. Saya mahir dalam menjalankan berbagai program software komputer, diantaranya Miscrosoft Word, Excel, Access and PowerPoint. Saya dapat bekerja dengan efektif dibawah tekanan dan mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik melalui pengalaman kerja saya.
Saya harap Anda dapat meluangkan waktunya untuk melihat resume saya. Dengan kualifikasi yang saya miliki, saya yakin dapat berkontribusi untuk perusahaan Anda. Silahkan hubungi saya melalui nomor +628121111222. Saya sangat menunggu kabar dari Anda segera. Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya.
Hormat Saya,
Winda Eka Maya
2. Contoh Application Letter di Bank
Medan, May 11th, 2019
Attention to :
Human Resources Department
PT Bank Negara Syariah
Jl. Sudirman No. 11, Medan
Dear Sir/Madam,
Based on the information I obtained from the official website of PT Bank Negara Syariah, that your company is looking for a Bank Teller. I intend to apply for this position.
The undersigned bellow :
Name : Misaki Lim
Address : Jl. Selasih No. 56
Place, Date of Birth : Lampung, June 1st, 1996
Gender : Female
Phone Number : +62812-8888-0000
Recent graduated with a bachelor’s degree in Accounting from Padjajaran University. My specialization is Finance Accounting. I consider myself that I have qualifications for this position. I have some computer skills, like using Microsoft Word, Excel, PowerPoint and Accounting software. I like to learn something new and I can work effectively under pressure.
As a consideration, I enclose my:
- Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate
- Copy of Academic Transcript
- Curriculum Vitae
- Copy of KTP
- Copy of Indonesian Police Sertificates (SKCK)
- Recent photograph, size 4×6
Thank you for your attention and I am looking forward to an opportunity to work with you in the future.
Best Regards,
Misaki Lim
Teks dalam Bahasa Indonesia :
Medan, 11 Mei 2019
Kepada Yth.
Human Resources Department
PT Bank Negara Syariah
Jl. Sudirman No. 11, Medan
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs web resmi PT Bank Negara Syariah, bahwasannya perusahaan Anda mencari karyawan untuk bagian Teller Bank. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada bagian ini.
Yang bertandatangan dibawah ini :
Nama : Misaki Lim
Alamat : Jl. Selasih No. 56
Tempat dan Tanggal Lahir : Lampung, 1 Juni 1996
Jenis Kelamin : Perempuan
Nomor Handphone : +62812-8888-0000
Saya baru saja lulus dengan gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Padjajaran. Spesialisasi jurusan saya adalah Akuntansi Keuangan. Saya yakin, saya memenuhi kualifikasi untuk posisi ini. Saya memiliki keahlian dalam mengoperasikan komputer, seperti menggunakan Microsoft Word, Excel, PowerPoint and software Accounting. Saya sangat suka mempelajari hal yang baru dan saya bisa bekerja secara efektif dibawah tekanan.
Sebagai pertimbangan Bapak/Ibu saya melampirkan beberapa data sebagai berikut :
- Foto copy Ijazah Terakhir
- Foto copy Transkip Nilai Terakhir
- Daftar Riwayat Hidup
- Foto copy KTP
- Foto copy SKCK
- Pas foto ukuran 4×6
Terima kasih atas perhatian Anda dan saya berharap mendapatkan kesempatan untuk berkerja dengan Anda kedepannya.
Hormat Saya,
Misaki Lim
3. Contoh Application Letter di Hotel
Padang, April 2nd, 2019
Attention to :
Ms. Afni Mediarti
HRD Manager
Angkasa Raya Hotel
Jl. Semesta No. 10
Padang
Dear Ms. Afni Mediarti,
I am writing to you with regards to recent position for Accounting Staff that I saw on official website of Angkasa Raya Hotel on April 1st,2019. I believe through my experience and skills make me an excellent candidate for this position.
I recently completed my bachelor’s degree from Bimus University, majoring in Accounting. Before graduating I participated in several accounting competitions. I achieved many accomplishments. I can work as a team or individually. I am good in operating computer and have a good skills in English.
I enclose my CV for your consideration, which further details my experience along with my qualifications and skills. I look forward to hearing from you soon and thank you for your attention.
Best whises,
Usui Takumi
Teks dalam Bahasa Indonesia :
Padang, 2 April 2019
Kepada Yth.
Ibu Afni Mediarti
Manajer HRD
Angkasa Raya Hotel
Jl. Semesta No. 10
Padang
Dengan hormat,
Saya menulis surat lamaran ini sehubungan dengan informasi mengenai lowongan pada bagian Staff Accounting yang saya lihat di situs web resmi Hotel Angkasa Raya pada 1 April 2019. Dengan pengalaman dan kemampuan yang saya miliki, saya yakin bisa menjadi kandidat terbaik untuk posisi ini.
Saya baru saja lulus dengan gelar sarjana dari Universitas Bimus, jurusan Akuntansi. Sebelum lulus saya pernah berpartisipasi dalam beberapa lomba Akuntansi. Saya mendapatkan banyak penghargaan. Saya dapat bekerja dalam tim ataupun individual. Saya mahir dalam mengoperasikan komputer dan punya kemampuan bahasa Inggris yang baik.
Saya melampirkan Daftar Riwayat Hidup sebagai bahan pertimbangan, yang terdapat informasi mengenai pengalaman beserta kualifikasi dan keahlian saya. Saya mengharapkan kabar dari Anda segera dan terima kasih atas perhatiannya.
Hormat Saya,
Usui Takumi
4. Contoh Application Letter di Rumah Sakit
Medan, July 11th, 2019
To :
Mr. Aladin
Human Resources Manager
Sehat Sejahtera Hospital
Jl. Santai No. 10A
Medan
Dear Mr. Aladin,
The undersigned bellow :
Name : Yuki Kato
Address : Jl. Kenangan No. 11, Medan
Place, Date of Birth : Padang, May 9th, 1995
Phone Number : +62812-0000-0000
I would like to apply for the post of Nurse which you have advertised in Komfas on July 4th, 2019.
I have graduated with a nurshing degree from Mutiara University in 2018. I have intership experience for six months at Bangun Hospital. I have a good motivation and hard worker. I can work in team and individually. I like to taking care of patient.
I enclosed some copies of my data for your consideration as follows :
- Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate
- Academic Transcript
- Curriculum Vitae
- Copy of KTP
- Copy of Indonesian Police Sertificates (SKCK)
- Recent photograph, size 4×6
I am looking forward to hearing the next information from you. I hope I get the possibility of becoming part of your hospital. Thank you for your time and your attention.
Yours Faithfully,
Yuki Kato
Teks dalam Bahasa Indonesia :
Medan, 11 Juli 2019
Kepada Yth.
Bapak Aladin
Human Resources Manager
Rumah Sakit Sehat Sejahtera
Jl. Santai No. 10A
Medan
Dengan hormat,
Yang bertandatangan dibawah ini :
Nama : Yuki Kato
Alamat : Jl. Kenangan No. 11, Medan
Tempat dan Tanggal Lahir : Padang, 9 Mei 1995
Nomor Handphone : +62812-0000-0000
Saya bermaksud untuk melamar sebagai Perawat setelah melihat iklan yang tertera di Komfas pada 4 Juli 2019.
Saya merupakan lulusan D3 Keperawatan dari Universitas Mutiara pada 2018. Saya mempunyai pengalaman magang selama 6 bulan di Rumah Sakit Bangun. Saya mempunyai motivasi yang baik dan merupakan pekerja keras. Saya dapat bekerja dalam tim ataupun individual. Saya senang memberikan pelayanan yang baik kepada para pasien.
Saya melampirkan beberapa berkas sebagai bahan untuk pertimbangan, yaitu sebagai berikut :
- Foto copy Ijazah Terakhir
- Foto copy Transkip Nilai Terakhir
- Daftar Riwayat Hidup
- Foto copy KTP
- Foto copy SKCK
- Pas foto ukuran 4×6
Saya menanti perkembangan informasi selanjutnya dari Anda. Saya harap bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Rumah Sakit Sehat Sejahtera. Terima kasih atas waktu dan perhatian Anda.
Hormat Saya,
Yuki Kato
5. Contoh Application Letter di Restaurant
Seto Dirgahayu
Jl. Sukajadi No. 890 B, Padang 220225
Phone : +628-0000-0000, E-mail : seto@smail.com
Padang, April 8th, 2019
Mr. Yahut
Human Resources Manager
Enak Restaurant
Jl. Minang No. 112 F
Medan
Dear Mr. Yahut,
I am writing this letter to apply for the position of a Restaurant Server. I have seen your advertisement that was posted on your official website. I have some skill through my experience. I believe I am the right candidate for this job.
I am 22 years old, I have worked for 2 years at Petani Restaurant with the same position. I have good communication skills and I like to serve customers with my sincere. I can easily follow all the instruction that are given to me and I love working in team. I can speak English well, this ability can help to serve the foreign customers.
I enclosed some copies of my data for your consideration as follows :
- Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate
- Academic Transcript
- Curriculum Vitae
- Copy of KTP
- Copy of Indonesian Police Sertificates (SKCK)
- Recent photograph, size 4×6
I can work for the weekend shifts. Please contact me anytime for an interview schedule. Thank you for your time in advance for reviewing my resume.
Sincerely,
Seto Dirgahayu
Teks dalam Bahasa Indonesia :
Seto Dirgahayu
Jl. Sukajadi No. 890 B, Padang 220225
Phone : +628-0000-0000, E-mail : Seto@smail.com
Padang, 8 April 2019
Mr. Yahut
Human Resources Manager
Restoran Enak
Jl. Minang No. 112 F
Medan
Dengan hormat,
Saya menulis surat ini dengan maksud untuk melamar pekerjaan sebagai Pelayan Restoran. Saya melihat iklan yang diposting pada situs web resmi Restoran Enak. Saya memiliki beberapa keahlian berdasarkan pengalaman saya sebelumnya. Saya yakin dengan kemampuan yang ada, saya merupakan kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.
Saya berumur 22 tahun, saya pernah bekerja di Restoran Petani dengan posisi yang sama. Saya mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan saya senang ketika melayani pelanggan dengan tulus. Saya mudah dalam mengikuti intruksi yang diberikan dan saya menyukai bekerja dalam tim. Saya bisa berbahasa Inggris dengan baik, keahlian ini dapat membantu saya dalam melayani pelanggan asing.
Saya melampirkan beberapa berkas sebagai bahan untuk pertimbangan, yaitu sebagai berikut :
- Foto copy Ijazah Terakhir
- Foto copy Transkip Nilai Terakhir
- Daftar Riwayat Hidup
- Foto copy KTP
- Foto copy SKCK
- Pas foto ukuran 4×6
Saya dapat bekerja di akhir pekan. Anda dapat menghubungi saya kapanpun untuk jadwal wawancara. Terima kasih atas waktu yang Anda berikan untuk melihat resume saya.
Hormat Saya,
Seto Dirgahayu
Itulah beberapa contoh application letter yang dapat saya berikan. Semoga contoh tersebut di atas dapat membantu teman-teman sekalian dalam membuat application letter untuk melamar pekerjaan yang diinginkan. Selamat berjuang ! Sekian dan terima kasih!
Sumber https://indoint.com/
0 comments:
Post a Comment