Home » » Cara Mencari NUPTK Berdasarkan Nama

Cara Mencari NUPTK Berdasarkan Nama

Posted by Droid Tech Media on Sunday, May 19, 2019

Cara Mencari NUPTK Berdasarkan NamaNomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau NUPTK merupakan sebuah nomor yang dimiliki oleh setiap individu atau orang yang sedang melakukan pekerjaan terkait dengan tenaga kependidikan dan pendidik formal ataupun non formal. NUPTK ini mempunyai sifat yang unik secara nasional. Untuk memperoleh NUPTK, setiap pendidik dan tenaga kependidikan atau sering disebut dengan PTK tidak akan dikenakan biaya alias gratis dan hanya berkewajiban mengisi format dari instrumen NUPTK dengan benar dan lengkap untuk di entri dalam data base Sim-NUPTK. Karena banyaknya jumlah PTK, dapat dilakukan cara mencari NUPTK berdasarkan nama.


Keberhasilan dari seorang PTK dalam mendapatkan NUPTK ini tergantung pada cara pengisian yang dilakukan oleh PTK, serta entri data dari sekolah tempat bekerjanya masing-masing. Jika sudah mendaftar NUPTK, pastikan benar-benar sudah memperoleh Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan tersebut. NUPTK ini sangatlah penting bagi para PTK, seperti pendataan dalam aplikasi dapodik serta kebutuhan lainnya. Untuk itu, 16 digit NUPTK harus dihafal dengan baik bahkan harus dicatat di berbagai tempat seperti handphone dan buku. Namun terkadang, Anda dapat lupa NUPTK catatan tempat ditulisnya juga dapat hilang. Untuk kejadian seperti itu tidak perlu khawatir. Saat ini cara mencari NUPTK berdasarkan nama dapat dilakukan secara online melalui situs layanan resmi dari Kemedikbud.


Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau NUPTK merupakan sebuah nomor yang dimilik Cara Mencari NUPTK Berdasarkan Nama


Cara Mencari NUPTK Berdasarkan Nama Secara Online


Mencari NUPTK Melalui Situs Resmi dari Kemedikbud


Berdasarkan publikasi secara resmi yang ada di laman padamu.siap.web.id, telah dijabarkan tentang PDSPK (pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan) yang merupakan satuan unit kerja dibawah pimpinan sekretariat jendral. Dalam menjamin validitas data, dibuat suatu sistem informasi validasi dan verifikasi yang berupa aplikasi verval GTK (aplikasi validasi dan verifikasi data guru serta tenaga kependidikan). Mulai dari tahun 2016, seluruh guru dan tenaga kependidikan dapat mengetahui status NUPTK dengan menelusuri nama yang sudah terdaftar untuk NUPTK melalui link resmi dari Kemedikbud. Untuk itu, berikut langkah-langkah dari cara mencari NUPTK berdasarkan nama di padamu.siap.web.id.



  1. Masuk Kedalam Situs Padamu Negeri yang Dibuat Oleh Kemedikbud


Kunjungi situs layanan resmi yang disediakan oleh Kemedikbud yang bernama Padamu Negeri untuk mengecek data NUPTK. Cara ini dapat Anda lakukan dengan menuju alamat http://padamu.siap.web.id/



  1. Klik “Lihat Status NUPTK” pada Menu


Ketika Anda sudah memasuki halaman Padamu Negeri, akan muncul kotak pencarian yang berada di kanan atas bertuliskan “lihat status NUPTK”. Klik tulisan tersebut.



  1. Mengisi Data yang Ada Didalam “Lihat Status NUPTK”


Setelah masuk kedalam menu “Lihat Status NUPTK”, Anda akan diminta untuk mengisikan Nama Guru/PTK serta Nama Sekolah Induk. Isikan kedua permintaan tersebut dengan benar kemudian klik pilihan “cari data”.



  1. Munculnya Hasil Pencarian NUPTK


Daftar pencarian nama beserta sekolah yang bersangkutan akan muncul setelah Anda klik pilihan “cari data”. Klik pada “nama sekolah” dapat digunakan untuk melihat data dari NUPTK dari tiap sekolahnya dan klik “detail” berfungsi untuk melihat data NUPTK dari PTK atau guru secara lebih detail dan menyeluruh.



  1. Print Hasil Pencarian


Melalui web resmi dari Kemedikbud ini, Anda juga bisa mendownload atau langsung mencetak data NUPTK pada daftar PTK sekolah dengan mengeklik sebuah gambar print yang berada di bagian sudut kanan atas.


Begitulah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pencarian NUPTK berdasarkan nama melalui web padamu.siap.web.id. Selain mengetahui tentang NUPTK, Anda juga dapat mengetahui informasi lainnya seperti nama sekolah tempat mengajar. Namun masih ada cara lain untuk mengetahui NUPTK yang lupa yaitu melalui sebuah browser khusus, berikut penjelasannya.


Mencari NUPTK Melalui Browser Khusus


Dapat dikatakan bahwa untuk saat ini mengecek sudah keluar apa belum NUPTK yang diusulkan tidaklah sulit. Yang paling penting yaitu adanya sebuah browser khusus dan koneksi jaringan internet. Dengan ini, pengecekan NUPTK dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Browser khusus yang berfungsi untuk mengecek NUPTK tersebut bernama NUPTKBROWSER. Aplikasi ini mempunyai sifat portable, yang berarti tidak perlu penginstalan dan dapat langsung digunakan. Sebelum masuk kedalam langkah-langkah mengecek NUPTK melalui NUPTKBROWSER, Anda perlu mendownload browser ini terlebih dahulu. Jika sudah, maka berikut langkah-langkahnya.



  1. Buka Browser


Ketika membuka browser NUPTKBROWSER, akan muncul tampilan layanan di sebelah kanan dan input pencarian disebelah kiri. Untuk ini, Anda hanya perlu fokus pada bagian input pencarian yang ada di sebelah kiri tersebut.



  1. Input Data Pada Kata Kunci Pencarian


Pada bagian input pencarian, Anda dapat menuliskan nama PTK atau nama sekolah tempat mengajar. Kemudian pilih Provinsi, Kota atau Kabupaten, dan Kecamatan yang sesuai dengan alamat sekolah, lalu klik cari. Setelah itu akan muncul daftar semua nama PTK dan nama sekolah satu kecamatan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang ada di kecamatan tersebut.



  1. Pilih Nama Sekolah


Jika Anda belum menemukan NUPTK yang sesuai, maka pilihlah jenjang sekolah untuk mempersempit pencarian, misalnya SMA. Dengan ini, web hanya akan menampilkan daftar nama SMA satu kecamatan. Kemudian pilih sekolah dimana tempat mengusulkan NUPTK, lalu klik untuk daftar PTK. Maka akan muncul daftar dari seluruh nama guru dan juga pegawai yang sudah memiliki NUPTK dalam pilihan sekolah ini.



  1. Hasil Tambahan


Dengan langkah-langkah tersebut, Anda sudah bis mengetahui NUPTK yang dicari. Sebagai tambahan selain dapat menemukan NUPTK, aplikasi ini juga bisa berfungsi untuk mencari dan mengetahui Peg.ID. Kolom dari Peg.ID ini ada pada kolom yang ke sembilan.


Selain Melalui dua cara diatas, ternyata masih ada satu lagi untuk mengetahui NUPTK berdasarkan nama yang dapat dicoba. Cara yang terakhir ini hampir sama dengan cara pertama, yaitu melalui web atau situs di internet. Berikut penjelasannya.


Mencari NUPTK Melalui Web dari Kemenag


Selain dapat mencari NUPTK melalui web padamu.siap.web.id yang dibuat oleh Kemedikbud, ternyata pencarian NUPTK tersebut dapat dilakukan juga dengan melalui situs simpatika.kemenag.go.id yang merupakan situs resmi dari Kemenag. Untuk itu, berikut lankah-langkahnya.



  1. Buka Situs


Langkah pertama adalah membuka situs simpatika.kemenag.go.id melalui mesin pencari.



  1. Mengisi Data


Ketika situs sudah terbuka, maka Anda akan dimintai untuk mengisi data tentang nama dan sekolah tempat mengajar atau bekerja. Pastikan nama PTK dan nama sekolah dituliskan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam pencarian NUPTK. Jika sudah sesuai kemudian klik cari data.



  1. Hasil Pencarian


Setelah menuliskan nama PTK dan nama sekolah, mungkin akan banyak kesamaan nama yang muncul. Dalam hal ini Anda bisa menentukan NUPTK dengan menyelaraskan nama sekolahnya.


Itulah tiga cara mencari NUPTK berdasarkan nama yang dapat Anda coba melalui situs dan juga aplikasi. Dengan kemajuan teknologi saat ini, tentunya sangat menguntungkan dan memudahkan dalam berbagai hal seperti pendidikan.


Pencarian Terkait :

bagaimana mencari lupa no nuptk guru yg sudah keluar dari sekolah, cara cek nuptk berdasarkan nama, cara mencari nuptk, cari nomor nuptk berdasarkan nama, cari nuptk berdasarkan nama sekolah, cek nuptk berdasarkan nama, mencari nuptk, pencarian nuptk di situs kemenag
Sumber https://indoint.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}