Home » » 8 Manfaat Roti Gandum yang Baik untuk Kesehatan

8 Manfaat Roti Gandum yang Baik untuk Kesehatan

Posted by Droid Tech Media on Saturday, May 18, 2019

manfaat-roti-gandum-doktersehat

DokterSehat.Com – Roti tawar adalah salah satu makanan yang paling banyak digemari masyarakat untuk menu sarapan. Roti tawar ini ada banyak jenisnya, salah satunya adalah roti gandum. Nah, roti gandum sendiri sering disebut-sebut sebagai jenis roti yang lebih sehat dari jenis roti tawar lain. Benarkah? Coba simak dulu berbagai manfaat roti gandum berikut ini!

Kandungan Gizi Roti Gandum

Sebelum mengetahui berbagai manfaat roti gandum, ketahui lebih dulu kandungan gizi roti gandum dalam tabel berikut ini!

Informasi Gizi
Ukuran Porsi: 1 irisan regular

per porsi

Kalori

67 kkal

Lemak

1,07 g

         Lemak Jenuh

0,233 g

         Lemak tak Jenuh Ganda

0,237 g

         Lemak tak Jenuh Tunggal

0,447 g

         Kolesterol

0 mg

Protein

2,37 g

Karbohidrat

12,26 g

         Serat

1,1 g

         Gula

1,43 g

Sodium

138 mg

Kalium

53 mg

Sumber: https://www.fatsecret.co.id/

Manfaat Roti Gandum

Roti gandum digemari karena selain rasanya lezat, kandungan gizi roti gandum juga cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis roti tawar lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat roti gandum bagi kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan!

1. Kenyang lebih lama

Manfaat roti gandum yang pertama adalah dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Ya, roti yang terbuat dari gandum, terutama gandum utuh, diklaim akan diproses lebih lama dalam sistem pencernaan dibandingkan dengan roti tawar lainnya. Hal ini yang membuat roti gandum sangat direkomendasikan untuk seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

2. Lebih kaya nutrisi

Manfaat roti untuk kesehatan selanjutnya adalah kandungan nutrisinya yang lebih tinggi.

Roti gandum yang kaya nutrisi dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Makanan bergizi ini juga sangat baik untuk pertumbuhan sehingga cocok dikonsumsi semua kalangan, termasuk anak-anak dan juga ibu hamil.

3. Kalori lebih rendah

Kandungan nutrisi roti gandum memang lebih tinggi, tapi kalorinya justru lebih rendah.

Hal ini merupakan keunggulan lain dari roti gandum. Roti gandum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, namun dengan asupan kalori yang tidak terlalu tinggi. Manfaat roti gandum yang satu ini juga yang membuat roti gandum menjadi pilihan untuk menu menurunkan berat tubuh.

4. Mencegah obesitas

Obesitas sering kali dikaitkan dengan risiko berbagai macam penyakit serius seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan banyak penyakit lainnya.

Manfaat roti gandum tidak hanya dapat menjadi salah satu menu untuk menurunkan berat badan, tapi dapat juga berguna untuk menjaga berat tubuh ideal Anda. Ya, salah satu cara untuk menjaga berat tubuh ideal adalah memang dengan cara menjaga asupan makanan.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memerhatikan apa yang kita konsumsi.

Roti gandum yang terbuat dari gandum utuh sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%.

6. Menurunkan risiko stroke

Menurunkan risiko stroke juga disebut-sebut sebagai salah satu manfaat roti gandum.

Selain kaya akan kandungan nutrisi, perlu diketahui bahwa produk roti gandum umumnya memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah atau bahkan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Sebaliknya, roti gandum justru memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang merupakan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perlu diketahui bahwa kolesterol, terutama kolesterol LDL merupakan salah satu pemicu penyakit stroke. Kolesterol yang menumpuk dapat membentuk plak yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan memicu penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

7. Menurunkan risiko diabetes

Konsumsi roti gandum juga dipercaya dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa roti gandum juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain untuk membantu memenuhi nutrisi, manfaat roti gandum untuk ibu hamil lainnya adalah menurunkan risiko diabetes. Diabetes dan gangguan lainnya seperti darah tinggi risikonya dapat meningkat selama masa kehamilan.

Konsumsi roti gandum yang kaya serat dapat menurunkan risiko obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko diabetes. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi gandum utuh dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan meningkatkan sensitivitas insulin.

8. Baik untuk pencernaan

Manfaat roti bagi kesehatan yang terakhir adalah untuk memelihara saluran pencernaan.

Roti gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, hal ini tentunya sangat baik untuk pencernaan. Asupan serat yang cukup akan menghindari Anda dari sembelit atau susah buang air besar.

Selain itu, serat dalam gandum juga dapat bekerja sebagai prebiotik dan menunjang bakteri baik yang ada dalam pencernaan Anda. Bakteri baik ini sangat penting keberadaannya untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan bekerja dengan baik.

Ternyata banyak sekali manfaat roti gandum yang tidak disangka-sangka, ya? Meskipun roti gandum baik dikonsumsi untuk kesehatan, tapi Anda tentu juga tetap harus memerhatikan cara penyajiannya ya, Teman Sehat. Apabila diolah dengan cara yang salah, tentunya manfaat roti gandum juga dapat berkurang.

Sebelum memilih produk roti gandum, sebaiknya perhatikan lebih dulu kandungan gizi roti gandum tersebut. Produsen yang berbeda mungkin akan menghasilkan roti gandum dengan kandungan gizi yang berbeda juga jumlahnya.

Perlu diketahui juga bahwa meskipun roti gandum sehat, tidak semua orang dapat mengonsumsi roti gandum. Orang yang memiliki intoleransi gluten dan kondisi pencernaan lain yang sensitif pada gluten tidak dapat mengonsumsi roti gandum. Jadi jika ingin mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan, pilihlah makanan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}