Home » » 5 Cara Supaya Terhindar Dari Gosip Hoax Di Internet Cara Membedakanya, Kau Wajib Tahu!

5 Cara Supaya Terhindar Dari Gosip Hoax Di Internet Cara Membedakanya, Kau Wajib Tahu!

Posted by Droid Tech Media on Wednesday, January 30, 2019

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, menciptakan persebaran informasi menjadi semakin mudah. Sekarang hanya dengan memanfaatkan internet kita bisa mendapatkan gosip ataupun kabar kapanpun dan dimanapun kita berada. Banyak portal-portal gosip yang selalu memperlihatkan update gosip terbaru kepada para pembacanya. Hal inilah yang semakin mendorong insan untuk masuk ke kala digital.


Namun dengan perkembangan dunia informasi kini ini bagai dua buah sisi pedang. Disamping bisa mempercepat persebaran berita, jaman kini ini bisa dibilang lebih gampang membuatkan gosip hoax. Yup, jikalau kalian perhatikan di internet niscaya ada aneka macam macam berita. Dan jikalau kalian tidak hati-hati serta waspada, malah bisa terjerumus dengan gosip palsu alias hoax. Ini sangatlah berbahaya alasannya yaitu bisa menjadikan perpecahan ataupun pencemaran nama baik.


Apalagi bagi orang yang gres berkenalan dengan internet, tentulah sangat penting untuk mempunyai kemampuan dalam menyaring informasi. Paling tidak kita harus punya kewaspadaan untuk tidak terlalu gampang percaya dengan gosip di internet.


 


Cara Agar Bisa Membedakan Berita yang Benar dan Bohong Hoax


Lalu bagaimana cara untuk membedakan gosip benar dan palsu? Berikut ini Mastekno akan membagikan beberapa tips ampuh biar kalian tidak tergoda gosip hoax baik itu di internet, facebook ataupun whatsapp.


 


#1. Pastikan Sumbernya Terpercaya


Perkembangan teknologi yang semakin canggih 5 Cara Agar Terhindar dari Berita Hoax di Internet  Cara Membedakanya, Kamu Wajib Tahu!Ini yaitu hal yang paling penting yang harus kau perhatikan pertama kali. Ketika mendapati sebuah gosip terutama di sosmed, lihatlah sumber beritanya terlebih dahulu. Pastikan bahwa sumbernya yaitu situs terpecaya dan kredibel. Namun kalian juga harus berhati-hati, alasannya yaitu para penyebar hoax biasanya juga sering ‘meniru’ situs terkenal biar gosip yang mereka sebarkan dipercaya banyak orang.


 


#2. Jangan Praktis Terbawa Judul yang Clickbait


Perkembangan teknologi yang semakin canggih 5 Cara Agar Terhindar dari Berita Hoax di Internet  Cara Membedakanya, Kamu Wajib Tahu!Jaman kini ini, para pembuat gosip akan melaksanakan segala cara biar pengunjung datang. Salah satu caranya yaitu dengan menciptakan judul clickbait dan dilebih-lebihkan biar pengunjung penasaran. Akan tetapi adakala banyak orang yang salah tangkap dan tidak siap mendapatkan judul clickbait. Mereka pribadi tergoda oleh judul yang provokatif tanpa mengetahui benar atau tidaknya gosip tersebut.


 


#3. Teliti Dalam Mengecek Kebenaran Berita


Perkembangan teknologi yang semakin canggih 5 Cara Agar Terhindar dari Berita Hoax di Internet  Cara Membedakanya, Kamu Wajib Tahu!Para penyebar hoax akan selalu berusaha menyajikan gosip yang seakan-akan sanggup dipercaya. Untuk itu biasanya mereka akan menyertakan gambar yang mendukung gosip tersebut. Disinilah kalian harus waspada dan berhati-hati. Karena seringkali gambar yang diberikan itu dipelintir dengan gosip bohong sesuai impian pembuatnya. Misal saja agresi A yang terjadi beberapa tahun yang lalu, gambarnya dipakai seakan-akan ada agresi gres yang sebagaimana ditujukan untuk menggiring opini pembaca.


 


#4. Jangan Praktis Share Berita Tidak Jelas


Perkembangan teknologi yang semakin canggih 5 Cara Agar Terhindar dari Berita Hoax di Internet  Cara Membedakanya, Kamu Wajib Tahu!Ini yaitu salah satu kesalahan fatal terutama bagi mereka yang masih gres mengenal internet dan smartphone. Tanpa mengecek kebenaran akan suatu berita, banyak orang yang pribadi membagikannya di sosial media. Tentu hal ini akan menciptakan gosip hoax tersebut semakin tersebar dan tidak terkendali. Dengan begitu akan lebih banyak orang yang tergoda gosip bohong alasannya yaitu banyak yang membagikannya secara sembarangan.


 


#5. Baca dan Pahami Isi Berita Dengan Saksama


Perkembangan teknologi yang semakin canggih 5 Cara Agar Terhindar dari Berita Hoax di Internet  Cara Membedakanya, Kamu Wajib Tahu!Seperti yang telah disebutkan diatas, salah satu jurus paling ampuh dalam menciptakan gosip yaitu judul clickbait. Bagaimana si penyebar hoax menjadi sebuah judul gosip menjadi menarik dan bisa memprovokasi pembacanya. Alhasil, banyak orang yang pribadi menyimpulkan sebuah gosip bahkan tanpa membaca isinya terlebih dahulu. Hal inilah yang sering mengecoh, kadang judul clickbait itu bisa berbeda 180 derajat dengan isinya. Oleh alasannya yaitu itu selalu perhatikan sumber dan baca isi gosip secara menyeluruh.


 


Demikian sedikit tips trik yang bisa Mastekno bagikan biar kalian semua tidak gampang tertipu dan percaya dengan gosip hoax yang ada di internet. Semoga dengan artikel diatas bisa memperlihatkan pengetahuan lebih biar membantu memerangi kabar bohong entah itu di fb, grup wa ataupun situs palsu. Jika kalian punya saran atau pertanyaan, silahkan cantumkan di kolom komentar.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}