Home » » Pilih TV Kabel atau TV Satelit? Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini

Pilih TV Kabel atau TV Satelit? Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini

Posted by Droid Tech Media on Monday, July 8, 2019


Sebenarnya apa saja hal yang membedakan antara TV kabel dengan TV satelit? Seperti apa masing-masing keuntungan yang bisa didapat? Ketahui yuk!










TV Kabel vs TV Satelit – Hiburan menjadi salah satu kebutuhan manusia yang berubah-ubah mulai dari bentuk dan caranya, menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin modern. Kini, hiburan yang paling mudah dijangkau dan dipenuhi oleh manusia modern dan biasanya pasti ada di tiap rumah adalah televisi.





Televisi menjadi sumber hiburan dan informasi, berisi berita terkini, serial sinetron, hingga film yang menghidupi suasana di rumah setiap harinya. Tak jarang bahkan ada dua atau tiga televisi di ruangan berbeda dalam rumah karena kebutuhannya yang cukup krusial untuk dimiliki sebagai hiburan murah dan mudah saat ini.





Kini, variasi jenis layanan dibagi menjadi dua jenis, yaitu TV berbayar dan TV gratis. Masyarakat kini banyak mencari jenis yang berbayar atau berlangganan sebagai alternatif layanan tontonan terbaik di luar layanan gratis.





Baca Juga: Nonton Lebih Seru dan Menyenangkan dengan 12 Merk TV LED Berkualitas Terbaik





Layanan TV Seiring Kemajuan Teknologi





Sebenarnya apa saja hal yang membedakan antara TV kabel dengan TV satelit Pilih TV Kabel atau TV Satelit? Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini
Sumber Gambar: Save the Student




Seiring kemajuan teknologi, kebutuhan tayangan televisi ternyata tidak terbatas hanya pada siaran lokal dan mancanegara saja yang umumnya disediakan oleh layanan TV gratis. Banyaknya jenis hiburan dan informasi beragam yang diterima dari siaran internasional kian disenangi masyarakat Indonesia.





Televisi berbayar atau berlangganan muncul menjadi tren kebutuhan hiburan yang baru untuk masyarakat perkotaan di Indonesia disebabkan karena berkurangnya tayangan siaran di Indonesia lokal dan nasional yang berkualitas.





Jenis acara dan pengisi acara yang semakin tidak mendidik dan informatif, serta semakin meluasnya informasi terkait dengan jenis acara yang disiarkan melalui TV internasional yang membuat masyarakat ingin tahu hingga akhirnya menyukai acara-acara internasional dari luar negeri.





Hal tersebut menyebabkan banyak bermunculan pilihan tawaran siaran berlangganan dari penyedia layanan TV berbayar yang menawarkan pilihan paket dan channel siaran dengan harga yang berbeda-beda. Televisi berlangganan atau berbayar ini dikenal dengan istilah TV kabel dan satelit.





Hal tersebut semakin memicu rasa penasaran masyarakat Indonesia yang ingin mencoba menggunakan layanan berbayar. Namun, muncullah pertanyaan: apakah keduanya merupakan jenis layanan TV berbayar yang sama ataukah berbeda? Jika berbeda, apa saja perbedaan, keunggulan, dan kelemahan keduanya?





Saat kamu ingin memutuskan berlangganan TV berbayar, kamu perlu mengetahui tujuh hal penting terkait perbedaan TV kabel dan satelit, sebelum kamu memutuskan untuk pasang layanan berlangganan ini.





Sebenarnya apa saja hal yang membedakan antara TV kabel dengan TV satelit Pilih TV Kabel atau TV Satelit? Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini
Ubah televisi apa pun jadi smart TV dengan cara praktis!




Baca Juga: Mengenal Tom Holland “si Spider-Man” dari 10 Film Terbaik yang Dibintanginya





Perbedaan TV Kabel dan TV Satelit





1. Perangkat Pendukung





Sebenarnya apa saja hal yang membedakan antara TV kabel dengan TV satelit Pilih TV Kabel atau TV Satelit? Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini
Sumber Gambar: Clark Howard




Terdapat sedikit perbedaan yang signifikan pada perangkat yang dibutuhkan untuk kedua jenis layanan berlangganan. Dilihat dari perbedaannya, untuk bagian perangkat pendukung, TV kabel mungkin lebih unggul karena hanya membutuhkan kabel coaxial sebagai penghantar jaringan dan sebuah receiver digital saja.





Berbeda dengan TV kabel, satelit membutuhkan receiver digital dan juga sebuah antena parabola untuk menangkap jaringan digital dari satelit. Keduanya memiliki dua fungsi yang serupa namun tidak sejenis.





Perbedaannya ditandai dengan berbedanya kualitas sinyal, yang merupakan poin kedua yang harus diperhatikan.





2. Kualitas Sinyal





Jika melihat dari kualitas sinyal, tentunya layanan TV satelit jauh lebih unggul karena hanya menggunakan sinyal digital saja, bahkan dengan ukuran parabola kecil saja TV satelit dapat menghasilkan gambar yang jernih.





Sementara itu, pada layanan kabel yang menggabungkan sinyal digital dan analog membuat kapasitas kabel harus terbagi, sehingga gambar yang dihasilkan tidak sebagus dengan kualitas layanan satelit.





Perbedaan TV kabel dan TV satelit terutama untuk kualitas sinyal ini sebenarnya cukup banyak dipengaruhi oleh cakupan penggunaan layanan masing-masing, yang merupakan poin penting ketiga yang perlu kamu tahu.





3. Cakupan Penggunaan





Sebenarnya apa saja hal yang membedakan antara TV kabel dengan TV satelit Pilih TV Kabel atau TV Satelit? Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini
Sumber Gambar: Tech Maish




Untuk segi cakupan penggunaan, layanan TV kabel biasanya banyak digunakan pada kota-kota besar dan di daerah perkantoran. Karena jangkauan area terbatas jarak antara kantor penyedia layanan TV kabel tersebut.





Sehingga banyak para penyedia layanan TV kabel berlomba-lomba memasarkan layanannya di pusat perkotaan. Sedangkan sebaliknya, satelit tidak terbatas area, baik jika kita tinggal di pusat kota maupun di pedesaan. Meski jauh jaraknya dari kantor penyedia layanan satelit ini tidak akan jadi masalah, karena cakupannya luas dengan penggunaan parabola sebagai receiver.





Nah, cakupan penggunaan ini pun akhirnya juga mempengaruhi kualitas tampilan dan jumlah saluran atau channel yang tersedia di tempat kamu, yang menjadi poin keempat yang perlu kamu cermati.





4. Jumlah Saluran atau Channel





Jumlah saluran atau channel menjadi faktor perbedaan TV kabel dan TV satelit yang paling terlihat. Rata-rata setiap jasa layanan kabel menyediakan jumlah saluran yang cukup banyak, tidak tanggung-tanggung hingga 300 saluran atau channel, sedangkan untuk satelit hanya mampu menayangkan paling banyak 250 channel dan bisa bertambah sesuai dengan transponder satelit.





Akan tetapi, jika dibandingkan jumlah saluran antara keduanya, tampilan layanan saluran 250 channel TV satelit ini merata dengan kualitas gambar yang sangat baik, dibandingkan dengan tampilan kualitas 300 channel kabel dengan receiver analog dan digitalnya karena pengaruh penggunaan keduanya berdasarkan tingkat penerimaan daerah atau wilayah cakupan sinyal.





Jadi, kamu bisa pertimbangkan lagi, ingin dapat kualitas layanan TV kabel dengan channel banyak tetapi tidak merata kualitasnya, atau ingin dapat kualitas layanan satelit dengan channel sedikit tetapi bagus kualitasnya?





Kamu pun pada akhirnya juga harus memperhatikan pengaruh penyedia jasa layanan TV satelit dan TV kabel yang menjadi poin penting kelima.





5. Penyedia Jasa Layanan TV Berbayar





Sebenarnya apa saja hal yang membedakan antara TV kabel dengan TV satelit Pilih TV Kabel atau TV Satelit? Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini
Sumber Gambar: Tech Radar




Di Indonesia, perbedaan TV kabel dan TV satelit juga dapat dicermati melalui jumlah penyedia jasa layanan berbayar ini. Penyedia jasa layanan kabel mungkin jumlahnya sudah sedikit berkurang karena kecenderungan penggunaan satelit yang terus meningkat.





Hal tersebut tidak lain karena tidak adanya batasan area cakupan penggunaan TV satelit yang menjadi unggulannya. Kamu juga perlu mengetahui kredibilitas dan prestisius penyedia jasa layanan TV kabel dan satelit sebelum memilihnya.





Misalnya dengan membandingkan maintenance support dan mobilitas keduanya, yang menjadi poin penting keenam.





6. Maintenance Support dan Mobilitas





Dalam hal dukungan pemeliharaan jaringan atau maintenance support, perbedaan TV kabel dan TV satelit dari kedua penyedia jasa layanan ternyata sangat bersaing. Keduanya memiliki full support untuk pemasangan atau installment dan juga jadwal perawatan yang berkala untuk menjaga kualitas siaran tetap maksimal.





Akan tetapi, untuk mobilitas tentunya layanan TV satelit jauh mengungguli layanan TV kabel. Jika terdapat kondisi di mana kamu harus berpindah rumah, perlengkapan layanan TV satelit dapat dengan mudah dipindahkan dan dapat langsung berfungsi sebagaimana mestinya.





Sementara untuk layanan TV kabel harus dilakukan pemasangan atau installment ulang dan jika alamat rumah baru tidak terjangkau oleh penyedia jasa layanan TV kabel, itu tandanya kamu harus berhenti berlangganan ataupun mencari penyedia jasa sambungan kabel baru yang mencakup area rumahmu.





Untuk mendukung maintenance dan mobilitas tersebut, tentunya ada harga layanan TV satelit dan TV kabel menjadi poin penting terakhir yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih menggunakan TV berbayar.





7. Perbandingan Harga





Sebenarnya apa saja hal yang membedakan antara TV kabel dengan TV satelit Pilih TV Kabel atau TV Satelit? Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini
Sumber Gambar: Digital Trends




Masalah harga menjadi perbedaan TV kabel dan TV satelit yang penting kamu perhatikan. Untuk harga paketan layanan TV berbayar, secara kasat mata dapat kita lihat bahwa layanan TV satelit agak sedikit lebih mahal harganya apabila dibandingkan dengan layanan kabel.





Namun, hal itu tidak begitu menjadi permasalahan besar karena saat ini kedua jenis penyedia jasa layanan TV langganan ini berlomba-lomba menghadirkan paket-paket berlangganan dengan harga yang cukup kompetitif.





Kamu hanya perlu memilih dengan cermat paket layanan berbayar yang paling sesuai dengan kebutuhan, jangkauan area, dan kesanggupan kamu membayar TV berlangganan tersebut.





Baca Juga: Mari Bertualang Bersama 15 Film Adventure Terbaik di Dunia





Semoga setelah membaca tujuh poin penting perbedaan TV kabel dan TV satelit di atas dapat mempermudah kamu memilih layanan TV berbayar mana di antara TV kabel ataupun satelit yang cocok dengan kebutuhan dan kesanggupan kamu.





Jika kamu berada di kota besar dan tinggal menetap tetapi memiliki budget yang terbatas mungkin TV kabel murah dapat menjadi pilihan yang tepat. Apalagi saat ini TV kabel banyak memberikan paket dengan sambungan internet di rumah sebagai tambahan paket sehingga kualitas gambar yang tidak begitu baik dapat sedikit diterima.





Namun jika kamu memiliki budget lebih dan ingin mendapatkan tampilan siaran dengan channel yang banyak dan gambar yang jernih serta keunggulan dukungan pemeliharaan dan mobilitas tentunya TV satelit bisa menjadi pilihan yang pas.





Untuk kamu yang sudah menentukan pilihan ingin menggunakan pilihan layanan TV berbayar, mungkin kamu bisa mulai mencari tahu bagaimana cara kamu pasang televisi berlangganan. Agar lebih mudah dan praktis, yuk pasang TV kabel di Tokopedia sekarang juga!





Sebenarnya apa saja hal yang membedakan antara TV kabel dengan TV satelit Pilih TV Kabel atau TV Satelit? Pahami Dulu 7 Hal Penting Ini
Pasang TV kabel dengan lebih mudah dan cepat di sini!


Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}