Home » , » Penyebab Dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Dapat Shut Down, Kau Harus Tahu!

Penyebab Dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Dapat Shut Down, Kau Harus Tahu!

Posted by Droid Tech Media on Monday, July 1, 2019

Banyak yang bilang bahwa sistem operasi Windows 10 merupakan sistem operasi dari Microsoft Windows yang paling sempurna. Mungkin orang yang menyampaikan hal tersebut belum pernah mengalami problem ketika sistem operasi Windows 10 ini mulai terjadi dengan adanya auto update Windows 10 atau mungkin problem lainnya.


Pernahkah kau ketika sedang menyelasaikan pekerjaan pada laptop atau komputer kau kemudian kau harus pergi sesegera mungkin. Dan sebelum kau pergi kau ingin mematikan komputer atau laptop kau sesuai dengan mekanisme dengan cara klik tombol Start Menu > klik ikon Power > pilih Shut down. Kemudian Windows 10 menampilkan layar bertulisan Shutting Down. Namun kemudian malah kembali lagi ke layar login atau desktop.



Gagal booting atau gagal masuk ke sistem operasi memang sangat menyebalkan. Namun ternyata gagal mematikan komputer atau gagal pada ketika shut down juga tak kalah menyebalkan. Jika kau pernah mengalami hal tersebut, maka cara untuk mematikan komputer secara cepat. Yaitu dengan menekan tombol power selama beberapa detik sampai komputer benar – benar mati.


Akan tetapi cara tersebut sangatlah tidak disarankan alasannya sanggup berpotensi memperparah kerusakan pada sistem operasi komputer atua laptop kamu. Sebenarnya terdapat cara lain yang lebih kondusif untuk mengatasi problem tersebut. Namun sebelum itu, kita perlu mengetahui apa penyebab problem tersebut sehingga kita sanggup memilih solusi yang tepat.



Penyebab dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shut Down Penjelasan Lengkap


Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shut Down


Salah satu penyebab dari tanda-tanda Windows 10 tidak sanggup shutdown secara normal ialah alasannya fitur Fast Startup pada Windows 10. Ditambah lagi adanya fitur update pada fitur ini yang dilakukan oleh Windows 10 yang akan menciptakan sistem operasi Windows 10 mengalami gagal shutdown secara normal.


Perlu kau ketahui fitur Fast Startup ini merupakan fitur yang sejenis dengan fitur Hybrid Sleep mode pada sistem operasi Windows 7. Pada dasarnya fitur Fast startup ini merupakan fitur yang memungkinkan booting dan loading sistem operasi menjadi lebih cepat pada ketika komputer atau laptop dinyalakan.



Fitur Fast Startup ini mengkombinasikan dua fungsi ialah Shut Down dan Hibernate secara bersamaan. Mungkin untuk kau yang sudah berpengalaman dengan sistem operasi Windows tentunya tahu apa itu fitur Hibernate. Hibernate merupakan cara mematikan komputer dengan cara menyimpan aktivitas yang terbuka, menyimpan kondisi desktop, dan menyimpan perubahan sementara pada sistem operasi ke harddisk, kemudian tetapkan fatwa listrik ke hardware atau perangkat keras.


Fitur Hibernate ini menciptakan komputer atau laptop seola – olah dalam kondisi shut down, namun bersama-sama komputer tidak benar – benar dimatikan alasannya tidak dimatikan melalui mekanisme shut dwon secara normal. Kelebihan dari fitur Hibernate ini ialah komputer sanggup eksklusif masuk ke sistem operasi tanpa melaksanakan booting. Tentu sangat menghemat waktu.



Sedikit berbeda dengan Hibernate yang akan menyimpan keadaan desktop dan aktivitas yang sedang berjalan. Fitur Fast Startup ini akan menutup semua aktivitas yang terbuka menyerupai halnya melaksanakan mekanisme shut down normal kemudian menyimpan keadaan desktop yang tanpa aktivitas terbuka itu ke harddisk.


Dengan begitu, maka ketika komputer dinyalakan maka akan eksklusif me-load kembali keadaan desktop yang sudah higienis dari aktivitas yang terbuka tanpa melaksanakan booting dan loading ulang sistem operasi. Meskipun menyerupai itu, namun fitur Fast Startup pada Windows 10 ini sanggup memicu problem alasannya konflik prosedurnya dengan hal lain.



Misalnya saja sebagai pola fitu Fast Startup ini sanggup menjadi problem apabila sistem operasi Windows 10 telah mengunduh file update yang harus dipasang. Pada umumnya, Update sanggup dipasang dan diterapkan ke sistem operasi ketika komputer benar – benar melalui proses shut down secara normal dan diikuti oleh mekanisme reboot sistem operasi secara normal.


Namun masalahnya menyerupai yang sudah disebutkan tadi, bahwa fitur Fast startup ini tidak benar – benar melaksanakan shut down komputer dan tidak melaksanakan booting ketika komputer dinyalakan kembali. Disinilah letak konfilknya.



Fitur Fast Startup ini secara default akan diaktifkan oleh sistem operasi Windows 10 pada ketika pertama kali komputer atau laptop kau diinstall sistem operasi Windows 10. Maka dari itu, fitur Fast Startup pada sistem operasi Windows 10  akan aktif selama belum dilakukan perubahan. Hal lain yang menjadi catatan ialah problem gagal shut down yang diakibatkan oleh fitur Fast Startup ini biasanya terjadi pada laptop atau notebook.



Cara Mengatasi Masalah Gagal Shutdown Akibat Fitur Fast Startup


Terdapat dua cara ampuh yang sanggup kau coba untuk mengatasi problem tidak sanggup shut down pada Windows 10 dengan mudah. Cara pertama yang sanggup kau coba ialah dengan meggunakan perintah shut down paksa melalui Command Prompt atau memakai Shortcut dan cara kedua ialah dengan menonaktifkan fitur Fast Startup.



#1. Dengan Menggunakan Shortcut


Pengguna sistem opersi Windows tentunya sudah familiar dengan shortcut ini. Shortcut ini merupakan ikon yang terpasang di layar desktop maupun Start Menu yang akan memudahkan kau dalam menjalankan sebuah aktivitas tertentu. Kamu sanggup memanfaatkan shortcut ini untuk memaksa biar Windows 10 melaksanakan shut down secara normal. Simak caranya berikut ini.


1. Pertama, silahkan klik kanan pada Desktop > New > Shortcut.


Banyak yang bilang bahwa sistem operasi Windows  Penyebab dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shut Down, Kamu Harus Tahu!


 


2. Kemudian pada kotak “Type the location of the item” ketikkan perintah Shutdown /s /t 0 kemudian klik tombol Next.


Banyak yang bilang bahwa sistem operasi Windows  Penyebab dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shut Down, Kamu Harus Tahu!


 


3. Selanjutnya beri nama shortcut yang kau buat tersebut, disini  mastekno akan menunjukkan nama shortcut ini dengan nama Shutdown Paksa, kalau sudah silahkan klik tombol Finish.


Banyak yang bilang bahwa sistem operasi Windows  Penyebab dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shut Down, Kamu Harus Tahu!


 


4. Selsai. Maka kau kini sanggup melaksanakan shut down dengan cara double klik atau klik dua kali pada shortcut yang telah kau buat tadi.



#2. Dengan Mematikan Fitur Fast Startup


Jika cara pertama belum berhasil, maka kau sanggup mencoba cara kedua ialah dengan mematikan fitur Fast Startup itu sendiri. Fitur Fast Startup ini sanggup kau temukan pada pengaturan Power Options yang sanggup kau saluran melalui Control Panel. Namun kau tidak perlu membuka Control Panel untuk membukanya dengan mengikuti cara berikut ini.


1. Pertama masuk ke Start Menu dengan cara klik Ikon Windows pada taskbar atau keyboard. Kemudian ketikkan Power Options pada search kafe kemudian klik Enter. Kemudian klik aktivitas Power Options dari hasil pencarian.


Banyak yang bilang bahwa sistem operasi Windows  Penyebab dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shut Down, Kamu Harus Tahu!


 


2. Jika aktivitas Power Options telah terbuka, silahkan klik pilihan Choose what the power buttons do seperti gambar berikut ini.


Banyak yang bilang bahwa sistem operasi Windows  Penyebab dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shut Down, Kamu Harus Tahu!


 


3. Pada halaman ini kita akan mengubah pilihan “Turn on fast satratup (recommended)”. Namun kalau ini pertama kalinya kau mengubah pengaturan pada Power Options. Mungkin pilihan tersebut masih terkunci atau tidak sanggup di ubah.


Banyak yang bilang bahwa sistem operasi Windows  Penyebab dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shut Down, Kamu Harus Tahu!


 


4. Maka dari itu supaya kau sanggup mengubanya kau perlu klik Change settings that are currently unavailable, maka  pilihan Turn on fast startup (recommended) akan diaktifkan.


Banyak yang bilang bahwa sistem operasi Windows  Penyebab dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shut Down, Kamu Harus Tahu!


 


5.Nah untuk menonaktifkan fiur Fast Startup ini, silahkan kau hilangkan tanda Centang pada pilihan Turn on fast startup (recommended) kemudian klik tombol Save changes.



Nah katakanlah problem tersebut sudah sanggup diatasi. Karena memang Windows 10  harus melaksanakan update. Jika update telah terunduh dan berhasil dipasang dengan lancar dan tidak ada lagi problem gagal shutdown dan kau ingin mengaktifkan kemabli fitur Fast Startup maka kau hanya perlu mencentang pada kepingan Turn on fast startup (recommended) kemudian klik Save changes.


Banyak yang bilang bahwa sistem operasi Windows  Penyebab dan Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shut Down, Kamu Harus Tahu!


 


Demikianlah beberapa cara yang sanggup kau gunakan untuk mengatasi problem gagal shutdown pada Windows 10 alasannya fitur Fast Startup. Semoga tutorial dari mastekno mengenai penyebab dan cara mengatasi gagal shut down pada windows 10 dengan gampang sanggup menciptakan komputer kau berfungsi secara normal kembali. Semoga bermanfaat.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}