Home » , » 7 Cara Mengatasi Tidak Dapat Save Dokumen Pada Microsoft Office Word, Kau Harus Tahu!

7 Cara Mengatasi Tidak Dapat Save Dokumen Pada Microsoft Office Word, Kau Harus Tahu!

Posted by Droid Tech Media on Sunday, August 18, 2019

Tidak sanggup menyimpan atau save dokumen pada Microsoft Word mweupakan salah satu persoalan yang sangat menjengkelkan  dan merepotkan. Dapat kau bayangkan jikalau kau sudah mengetik banyak dokumen, mustahil jikalau kam harus menghapus dan mengulangnya dari awal lagi. Apalagi jikalau dokumen yang kau ketik tersebut berisi dokumen penting contohnya tugas, skripsi, atau karya ilmiah. Tentunya akan semakin gawat.


Nah jikalau kau sedang mengalami persoalan tersebut tentunya kau akan merasa panik bukan? Nah maka dari itu supaya kau tidak panik disini mastekno akan menawarkan beberapa tips yang sanggup kau gunakan untuk mengatasi persoalan tida sanggup save pada Microsoft Word. Namun sebelum itu terlebih dahlu kita perlu mengetahui apa sih penyebab persoalan tidak sanggup save pada Microsoft Word.


 


Penyebab Tidak Bisa Save Dokumen Pada Microsoft Office Word


Sebenarnya persoalan tidak sanggup save dokumen pada Microsoft Word ini banyak sekali penyebabnya. Namun pada umumnya persoalan ini sering muncul disebabkan lantaran para pengguna tidak mempunyai hak direktur untuk melaksanakan penyimpanan dokumen Word. Dengan tidak adanya hak direktur maka hanya bersifat read-only saja.


 


Cara Mengatasi Tidak Bisa Save Dokumen pada Microsoft Office Word


Berikut ini merupakan beberapa solusi yang sanggup kau coba jikalau kau mengalami persoalan tidak sanggup save dokumen pada Microsoft Word. Namun sebelum itu sebagai catatan pastikan sebelumnya kau backup terlebih dahulu seluruh goresan pena yang telah kau ketik untuk mencegah resiko kehilangan dokumen dengan cara select semua goresan pena atau CTRL+A kemudian copy kemudian paste ke aplikasi pengetik sejenis Wordpad. Memang kesudahannya akan sedikit lebih berantakan, namun lebih baik daripada kau harus kehilangan goresan pena kamu.


 


#1. Ubah Pengaturan Permission Pada Drive


Seperti yang telah mastekno tuliskan sebelumnya bahwa salah satu persoalan Microsoft Word tidak sanggup menyimpan dokumen adalah lantaran persoalan permission administrator. Maka dari itu untuk mengatasinya kau sanggup mengubah hak saluran direktur menjadi full. Caranya adalah klik kanan pada Drive untuk penyimpanan hasil dokumen > pilih Properties > masuk ke tab Security > klik Edit > beri Full Control pada user yang sedang digunakan Windows sekarang > Apply. Sekarang cobalah save dokumen kamu.


 


#2. Save Dokumen di Drive Lain


Sebenarnya saluran direktur hanya berlaku pada Drive yang berisi file sistem saja. Maka dari itu cobalah lakukan penyimpanan pada Drive lain non sistem (Bukan C) Misalnya saja pada Drive D:, atau Drive E:. Karena kedua Drive tersebut tidak memerlukan saluran direktur sehingga kau sanggup melaksanakan penyimpanan dokumen Word. Selain itu kau juga sanggup menyimpannya pada Flashdisk ataupun Harddisk eksternal.


 


#3. Save Dokumen di Cloud Storage


Selain melaksanakan penyimpanan melalui hardware atau pada harddisk, kau juga sanggup mencoba melaksanakan peyimpanan dokumen memakai layanan cloud storage atau menyimpannya di internet. Kelebihan melaksanakan penyimpanan memakai cloud storage, maka data kau akan lebih kondusif dari serangan virus dan sanggup diakses dimanapun dengan syarat terhubung dengan internet.


Selain menyiman pada cloud storage, kau juga sanggup memakai Office Word Online yang sudah dirilis dan sanggup kau nikmati semenjak lama. Cara menggunakannya juga cukup mudah, kau hanya perlu mengikuti langkah – langkah berikut ini.



  1. Pertama buka https://office.live.com/start/Word.aspx atau pribadi membukanya [DISINI]. Kemudian login memakai akun Microsoft kamu. Jika kau belum punya, silahkan daftar terlebih dahulu.

  2. Jika sudah berhasil login, sialhkan pilih New blank document. Jika sudah terbuka, salin semua goresan pena yang tidak sanggup disave tadi kemudian paste ke Ofiice Word Online.

  3. Meskipun Ofiice Word Online ini mempunyai fitur Auto save, namun supaya lebih kondusif jikalau kau sudah selsai dengan dokumen kamu, silahkan klik File > Save as > Save to one drive > Save.

  4. Selsai, kini goresan pena kau sudah kondusif tersimpan di internet. Jangan lupa untuk mengkoreksi semua goresan pena kau hal ini untuk jaga – jaga apabila terdapat kesalahan atau kekurangan dari goresan pena kamu.


 


#4. Save ke Drive Melalui Office Word Online


Terkadang kita merasa malas apabila menghubungkan komputer atau laptop yang kitagunakan ke internat. Entah lantaran alasan tidak ada saluran internet, ataupun koneksi internet yang lambat dan tidak stabil. Sehingga takutnya dokumen yang kita simpan di internet tidak sanggup dibuka pada ketika – ketika penting. Maka dari itu kau sanggup melaksanakan penyimpanan ke Drive laptop atau komputer melalui Office Word Online.


Caranya juga cukup gampang adalah hanya buka dokumen yang telah kau buat tadi di Office Word Online > klik File > klik Save as > klik Download a copy > Save ke Drive yang kau inginkan. Dengan memakai cara ini, maka dokumen kau nantinya akan tersimpan ke Drive yang kau pilih. Memang trik yang cukup baru, namun cara ini cukup efektif untuk mengatasi persoalan tidak sanggup save pada Microsoft Word dalam keadaan genting.


 


#5. Lakukan Scanning Virus


Perlu kau ketahui bahwa ternyata virus juga sanggup menginfeksi file Microsoft Word. Bahkan tak jarang banyak virus yang sanggup menjadikan file dokumen Microsoft Word menjadi Corrupt. Karena dokumen Corrupt maka file tersebut jadi tidak sanggup disimpan lantaran terdapat kerusakan pada file tersebut. Solusinya adalah kau sanggup melaksanakan cloud storage save atau save ulang melalui Office Word Online yang telah mastekno sampaikan sebelumnya.


Kemudian lakukan scanning virus secara menyeluruh pada laptop atau komputer kau supaya komputer atau laptop kau terhindar dari aneka macam macam virus yang sanggup merusak aneka macam file termasuk dokumen Word pada komputer atau laptop yang kau gunakan. Namun resikonya, sanggup saja semua file yang telah terinfeksi virus sanggup tehapus. Maka dari itu pertimbangkan kembali sebelum kau melaksanakan scanning ini.


 


#6. Pastikan Ruang Penyimpanan Tidak Full


Meskipun persoalan ini terbilang cukup sepele namun sanggup saja sanggup terjadi. Apalagi untuk para pengguna laptop gres kelas mainstream. Karena ketika ini sudah banyak yang memakai SSD yang sayangnya mempunyai kapasitas yang relatif kecil. Banyak yang memakai SSD ini lantaran mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan harddisk. Maka dari itu pastika Drive atau storage yang kau gunakan mempunyai kapasitas yang longgar.


 


#7. Install Ulang Microsoft Word


Jika semua cara diatas telah kau lakukan namun tetap nihil, maka kau sanggup memakai cara yang terakir ini adalah dengan melaksanakan install ulang terhadap Microsoft Word yang kau gunakan. Install ualang ini bertujuan untuk memperbaiki apabila terdapat kerusakan pada Microsoft Wordnya contohnya saja terkena virus. Jika sudah dilakukan install ualang, cobalah cek kembali biasanya an normal lagi.


 


Demikianlah warta yang sanggup mastekno berikan mengenai penyebab dan 7 cara mengatasi tidak sanggup save dokumen pada microsoft word dengan mudah. Nah kini kau tidak perlu panik lagi jikalau mengalami persoalan tidak sanggup save dokumen pada microsoft word dengan gampang sehingga goresan pena yang telah kau ketik akan aman. Semoga bermanfaat.



Sumber https://timeslib.com/


1 comments:

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}