Home » » Pengertian, Macam, Dan Fungsi Dari Kegiatan Spreadsheet, Kau Harus Tau!

Pengertian, Macam, Dan Fungsi Dari Kegiatan Spreadsheet, Kau Harus Tau!

Posted by Droid Tech Media on Tuesday, July 9, 2019

Spreadsheet merupakan istilah yang sudah tidak ajaib lagi untuk dibahas di masa teknologi ibarat ketika ini. Bahkan sanggup dibilang spreadsheet sudah banyak dipakai oleh banyak orang. Namun walaupun sudah yang banyak paham bahkan sudah memakai spreadsheet namun tetap saja ada beberapa orang yang belum paham betul mengenai arti dari spreadsheet itu sendiri.


Jika kita memahami pengertian spreadsheet berdasarkan kalimatnya. Spreadsheet sendiri sebetulnya mempunyai arti yaitu pengolah angka. Jika kita mendengar kalimat tersebut tentunya pengolah angka sudah sanggup terbayangkan dibenak kita ibarat apa pengolah angka itu.


Namun dalam pengertian pengolah angka sendiri belum meliputi luas pengertian spreadsheet itu sendiri. Pada pembahasan kali ini Mastekno akan mengatakan pengertian lengkap mengenai spreadsheet secara lebih jelasnya. Silahkan simak penjelasannya berikut ini ya.


 


Penjelasan Mengenai Apa Itu Program Pengolah Angka / Spreadsheet Terlengkap


#1.  Pengertian dan Definisi dari Spreadsheet


Berikut ini akan saya  jabarkan dan menjelaskan beberapa macam pengertian spreadsheet yang berasal dari macam – macam informasi yang sudah dirangkum.


Spreadsheet merupakan sebuah aplikasi atau aktivitas komputer yang dipakai untuk memanipulasi, menangkap, dan menampilkan data yang disusun di kolom dan di dalam baris. Spreadsheet juga merupakan sebuah lembaran kertas yang berisi data dalam bentuk baris dan kolom dalam akuntansi.


Jika kalian para pengguna komputer atau laptop niscaya sudah tidak ajaib lagi dengan yang namanya aktivitas spreadsheet dan pengolah angka. Dalam komputer sendiri spreadsheet berisi tabel tabel yang berisi kolom dan baris. Yang didalam tabel tersbut berisi nilai yang sudah saling bekerjasama jikalau satu nilai sirubah maka otomatis nilai yang berada di tabel lain juga perlu untuk dirubah.


Spreadsheet di aplikasi aktivitas sanggup untuk menciptakan dan mengatur atau memanipulasi lembar kerja yang dilakukan secara elektronik. Spreadsheet sendiri mempunyai fungsi untuk menciptakan laporan keungan, penjualan, pembelian, menghitung rumus, menciptakan tabel lembar kerja, dan masih banyak lagi.


Ruang item data atau sanggup disebut dengan sel merupakan salah satu komponen yang berada di spreadsheet. Contoh penggunannya ibarat B1, B2, B3. Hubungan antara sel satu ke sel lain yang berada disekitarnya mempunyai korelasi yang saling terkait atau dibilang sangat absolut.


Spreadsheet sangat berbeda dengan database. Spreadsheet tidak menunjukkan query untuk database dan juga tidak mengatakan untuk data item dan struktur data yang sanggup berlabel sebagai database sehingga hal inilah yang menjadikan spreadsheet berbeda dengan database.


Secara garis besar pengertian spreadsheet diatas, kita juga harus tau siapa penemun dari spreadsheet itu sendiri. Bob Frankston dan rekannya Daniel Bricklin merupakan kedua tokoh yang mempelopori spreadsheet untuk pertama kali. VisiCalc merupakan aplikasi aktivitas spreadsheet pertama kali yang mempunyai arti “Untuk Terlihat Kalkulator” lalu muncul aplikasi selanjutnya yang berjulukan Lotus 1-2-3 sehabis itu barulah tiba aplikasi Microsoft Excel. Microsoft Excel mempunyai keunggulan di grafis yang terbilang cukup bagus. Kini Micorosft Excel dan juga Lotus 1-2-3 menjadi aplikasi aktivitas spreadsheet yang paling populer.


 


#2. Contoh dan Jenis dari Program Pengolah Angka / Spreadsheet


Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet meskipun mempunyai fungsi yang sama untuk mengolah angka namun tetap ada kegunaan, fungsi, yang berbeda di setiap aplikasinya. Berikut akan saya jelaskan beberapa macam aplikasi pengolah angka spreadsheet, simak penjelasannya berikut ini ya.


1. Lotus 123


Spreadsheet merupakan istilah yang sudah tidak ajaib lagi untuk dibahas di masa teknologi s Pengertian, Macam, dan Fungsi dari Program Spreadsheet, Kamu Harus Tau!


Aplikasi Lotus 123 merupakan aplikasi pengolah angka yang tergabung dalam satu paket dengan Office yang lalu disebut dengan Lotus SmartSuite, aplikasi Lotus 123 diterbitkan oleh IBM.


Awal mula adanya Lotus 123 software ini hanya sanggup dipakai di dalam system operasi DOS saja, namun seiring dengan perkembangannya aplikasi Lotus 123 sanggup dipakai di system operasi Windows yang bernamakan Lotus 123 for Windows yang lalu aktivitas ini mulai popular pada tahun 80an.


 


2. Microsoft Excel


Spreadsheet merupakan istilah yang sudah tidak ajaib lagi untuk dibahas di masa teknologi s Pengertian, Macam, dan Fungsi dari Program Spreadsheet, Kamu Harus Tau!


Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berdasarkan saya popular dan niscaya bagi kalian yang sering bermain laptop atau komputer maka niscaya sdah tidak ajaib lagi dengan aplikasi ini. Microsoft Excel merupakan salah satu pola dari aplikasi spreadsheet yang dirilis dibawah naungan aplikasi Mocrosoft Corporation yang sanggup dioperasikan dibawah system operasi Mac OS dan Windows.


Saking populernya aplikasi ini maka tidak heran, aktivitas pengolah angka Microsoft Excel ini semakin banyak penggunanya bahkan menyesuaikan para pengguna smartphone. Karena zaman kini smartphone sedang booming maka Microsoft Excel pun sudah hadir di smartphone yang aplikaisnya sanggup kalian unduh secara gratis di Google Playstore.


 


3. Abacus


Spreadsheet merupakan istilah yang sudah tidak ajaib lagi untuk dibahas di masa teknologi s Pengertian, Macam, dan Fungsi dari Program Spreadsheet, Kamu Harus Tau!


Abacus merupakan aktivitas pengolah angka spreadsheet berikutnya yang akan saya jelaskan. Asal mula adanya abacus sebetulnya merupakan proyek dari sekelompok mahasiswa yang bersekolah di Universitas IST Portugal yang di bombing oleh Prof. Arlindo Oliveira. Abacus merupakan aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan penyimpanan memori yang kecil dan penggunaannya juga mudah.


 


4. GNOME – Office Gnumeric


Spreadsheet merupakan istilah yang sudah tidak ajaib lagi untuk dibahas di masa teknologi s Pengertian, Macam, dan Fungsi dari Program Spreadsheet, Kamu Harus Tau!


Aplikasi berikutnya yang saya rekomendasikan ialah Gnumeric yang merupakan aplikasi open source yang masih dalam satu pake GNOME Office. Keunggulan dari aktivitas pengolah angka ini ialah tampilannya yang user friendly sehingga gampang dalam penggunannya dan juga hidangan menu aplikasinya yang berisikan toolbar menambah akomodasi aplikasi ini ketika digunakan.


 


5. Open Office Calc


Spreadsheet merupakan istilah yang sudah tidak ajaib lagi untuk dibahas di masa teknologi s Pengertian, Macam, dan Fungsi dari Program Spreadsheet, Kamu Harus Tau!


Aplikasi yang saya rekomendasikan terakhir ialah Open Office Calc yang merupakan aplikasi pengolah angka yang bersifat open source dan juga mempunyai banyak kegunaan. Aplikasi ini sanggup dipakai untuk melaksanakan perhitungan, menampilkan data yang diolah dalam bentuk grafik, dan juga sanggup dipakai untuk mengolah data yang disajikan dalam bentuk spreadsheet.


Ketika kita memakai Open Office Calc dan membuka aktivitas pengolah angka spreadsheet ini maka otomatis akan muncul 3 sheets yang dinamakan Sheet1, Sheet2, Sheet3 yang tampilannya dibilang memang sedikit ibarat dengan tampilan Microsoft Excel.


 


#3. Fungsi dari Program Pengolah Angka / Spreadsheet


Secara garis besar aplikasi pengolah angka spreadsheet mempunyai fungsi yaitu untuk mengolah data dalam bentuk angka. Namun jikalau dijabarkan secara lebih lanjut aplikasi spreadsheet mempunyai banyak fungsi antara lain ialah :



  • Membantu dalam menciptakan table data

  • Mampu untuk mengelola angka yang berbentuk grafik

  • Bisa dipakai dalam hal statistik

  • Membantu dalam menciptakan lembar kerja

  • Bisa dipakai untuk pekerjaan dalam hal ilmiah

  • Mempermudah dalam melaksanakan suatu perencanaan

  • Mampu dipakai untuk mengolah data yang disertai dengan database, grafik, rumus, dan lain sebagainya.


 


Demikian artikel mengenai Pengertian, Macam, dan Fungsi dari Program Spreadsheet, biar artikel tadi sanggup menambah wawasan kita khususnya menambah wawasan dalam pengetahuan soal aktivitas pengolah angka spreadsheet yang sanggup dijadikan sebagai rujukan kalian jikalau ingin menggunaka aktivitas pengolah angka spreadsheet.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}