Home » » Pengertian Hacker, Tujuan Beserta Cara Berguru Menjadi Hacker, Kau Harus Tau!

Pengertian Hacker, Tujuan Beserta Cara Berguru Menjadi Hacker, Kau Harus Tau!

Posted by Droid Tech Media on Friday, July 5, 2019

Ketika mendengar kata hacker, mungkin yang terlintas di pikiran kalian ialah sosok misterius yang jago dalam membobol sesuatu di internet. Definisi ini memang tidak salah namun masih terlalu sederhana. Hacker sendiri juga sering di identikan dengan perbuatan cybercrime menyerupai pembobolan situs dsb. Akan tetapi faktanya, seorang hacker itu tidaklah selalu mempunyai tujuan yang jahat. Bahkan bisa dibilang mengindentikan mereka sebagai kriminal di internet ialah sebuah kesalahan.


 


Definisi Serta Cara Belajar Menjadi Seorang Hacker


Dalam kesempatan kali ini, Mastekno akan membahas seluk beluk perihal hacker untuk meluruskan salah persepsi dalam masyarakat. Mungkin kalian sendiri juga masih sering salah mengartikan hacker itu sendiri lho.


Apa Itu Hacker?


 mungkin yang terlintas di pikiran kalian ialah sosok misterius yang jago dalam membobol  Pengertian Hacker, Tujuan Beserta Cara Belajar Menjadi Hacker, Kamu Harus Tau!


Secara sederhana, hacker merupakan seseorang yang punya keahlian di bidang sistem keamanan komputer dan juga pemrograman. Biasanya mereka membuat, mengedit, mengubah ataupun mengekspoitasi sebuah sistem sesuai dengan tujuannya. Kata hacker sendiri pertama kali dipakai tahun 1960an oleh para mahasiswa Tech Model Railroad Club. Pada awalnya, penggunaan kata hacker ini merujuk pada orang yang jago dalam menciptakan sebuah acara komputer.


Namun seiring berjalannya waktu, istilah hacker semakin berubah dan identik dengan hal yang negatif. Ini alasannya ialah adanya oknum-oknum yang menyebut dirinya sebagai hacker ketika melaksanakan tindakan cybercrime menyerupai pembobolan sistem keamanan. Sehingga mau tidak mau, persepsi masyarakat terhadap hacker itu menjadi negatif. Padahal oknum kriminal tersebut lebih sempurna disebut sebagai cracker daripada hacker.


 


Tujuan Serta Jenis-Jenis Hacker


 mungkin yang terlintas di pikiran kalian ialah sosok misterius yang jago dalam membobol  Pengertian Hacker, Tujuan Beserta Cara Belajar Menjadi Hacker, Kamu Harus Tau!


Sebenarnya kenapa sih seseorang ingin menjadi hacker? Bahkan anak muda jaman kini sangat banyak yang bercita-cita menjadi seorang hakcer. Kalau dikupas secara mendalam, hacker tak selalu soal membobol sistem keamanan untuk tujuan jahat. Tidak semua orang ketika sudah berhasil masuk ke dalam sistem, mereka memodifikasi ataupun menyusupkan acara untuk tujuan jahat.


Beberapa dari mereka menyusup ke sebuah sistem/program hanya untuk menguji keamanan nya. Kita bisa menyebut mereka sebagai Bug Hunter, yaitu orang yang mencari kekurangan dari sebuah program. Ketika sudah ketemu, maka akan disampaikan kepada developernya untuk kemudian diperbaiki bug tersebut. Agar lebih memahami tujuannya yang berbeda-beda, mari kita kenali jenis- hacker berikut ini :



  • Black Hat Hacker : Seorang hacker yang menembus sistem keamanan untuk tujuan jahat, baik untuk kepentingan langsung maupun kelompok.

  • White Hat Hacker : Hacker yang membobol untuk mencari kelemahan dari sebuah program. Kadang kala mereka memang disewa untuk mencari bug dalam sebuah sistem.

  • Grey Hat Hacker : Seperti sebutannya, mereka bangun dibatas antara hitam dan putih. Hacker tipe ini kadang melaksanakan acara hacking untuk tujuan nyata namun kadang juga negatif.

  • Script Kiddie Hacker : Tipe hacker yang tak cerdik dalam sistem komputer, sehingga mereka melaksanakan pembobolan dengan memakai tools atau acara milik orang lain.

  • Hacktivist Hacker : Sosok hacker yang memakai kemampuannya untuk menyebarluaskan pesan-pesan tertentu. Entah itu untuk tujuan sosial, politik, agama ataupun yang lainnya. Biasanya mereka melaksanakan agresi deface terhadap sebuah website dan meninggalkan pesan tertentu disana.


 


Cara Belajar Menjadi Seorang Hacker


Banyak sekali anak muda yang tertarik dan ingin menjadi seorang hacker alasannya ialah berdasarkan mereka sangat keren. Tapi sebetulnya apa sih yang dibutuhkan untuk menjadi hacker? Bagaimana langkah-langkah mencar ilmu yang harus dilakukan?


#1. Belajar Tentang Konsep Dasar Pengoperasian Komputer


Pertama dari semuanya, kita harus mulai dulu dari dasarnya. Karena kegiatan hacking ini berafiliasi dengan komputer, maka kita harus memahami perihal dasar-dasarnya. Pelajari cara kerja sistem operasi, jaringan komputer serta protokol jaringan. Selain itu kalian juga harus mencar ilmu perihal command line yang sanggup dipakai pada banyak sekali macam sistem operasi.


 


#2. Belajar Bahasa Pemrograman


Namanya hacker pastilah tak bisa dipisahkan dengan yang namanya pemrograman. Karena setiap agresi yang dilakukan untuk membobol sistem tentu memakai bahasa pemrograman tertentu. Oleh alasannya ialah itu sangat penting untuk menguasai programming language yang terkenal menyerupai Javascript, C, Java, PHP, Python dll. Jika bahasa pemrograman saja tidak paham, bagaimana kalian akan mencari celah dari sebuah sistem?


 


#3. Belajar Teknik Peretasan


Dalam kegiatan hacking, ada banyak sekali macam metode atau teknik yang biasa digunakan. Bahkan beberapa hacker profesional juga membuatkan teknik mereka masing-masing dengan kemampuan yang dimiliki. Kalian juga harus mencar ilmu dasar-dasar dalam teknik hacking yang umum digunakan. Belajar dimana? Bisa melalui situs-situs khusus menyerupai Hackaday misalnya.


 


Demikian pembahasan mengenai pengertian hacker, jenis serta manfaat tujuannya. Semoga artikel diatas bisa menjadi rujukan bagi yang ingin mengenal dunia hacking lebih jauh. Buat kalian yang punya keinginan untuk menjadi seorang hacker, silahkan mencar ilmu dengan sungguh-sungguh. Tapi ingat, kalau sudah berhasil gunakan kemampuan tersebut untuk tujuan yang baik yas. Bagi yang punya saran atau pertanyaan, silahkan berkomentar dibawah.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}