Home » , » Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Dan Kekurangan Fiber Optik Klarifikasi Lengkap!

Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Dan Kekurangan Fiber Optik Klarifikasi Lengkap!

Posted by Droid Tech Media on Friday, July 5, 2019

Dalah sebuah jaringan komputer tentunya terdapat beberapa komponen pendukung menyerupai komputer server, komputer client, switch, dan kabel sebagai penghubung dan penyalur data antar komputer. Pada dikala ini terdapat beberapa jenis kabel yang sering digunakan dalm jaringan komputer menyerupai Twisted dan Coaxial. Memang kedua jenis kabel tersebut sering sekali digunakan dari dulu sampai sekarang.


Namun seiring dengan perkemabangan teknologi, banyak masyarakat yang menginginkan sebuah kecepatan sehingga mereka sanggup melaksanakan transfer data lebih cepat, maksimal, dan efisien. Sebenarnya kedua jenis kabel diatas yaitu Twisted dan Coaxial sudah sanggup memenuhi standar. Akan tetapi harus diharapkan sebuah penemuan terbaru yang mempunyai banyak sekali kelebihan.


Kecepatan terusan yang tinggi dalam sebuah jaringan tentunya menjadi salah satu hal yang banyak diutamakan terutama untuk keperluan download/upload data, streaming, dan browsing. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi munculnya kabel Fiber Optik. Pada artikel kali ini mastekno akan menjelaskan lebih mengenai kabel Fiber Optik. Mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya.


 


Pengertian Fiber Optik  beserta Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya


Pengertian Fiber Optik


Fiber Optik yakni sebuah kabel yang mempunyai fungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu titik ke titik lain. Tentu saja materi utama dari kabel Fiber Optik ini terbuat dari serat beling dan plastik yang sangat halus, bahkan melebihi halusnya sehelai rambut manusia. Berbeda dengan jenis kabel lainnya yang memakai tembaga sebagai materi utamanya.


Terdapat dua jenis mode transmisi dalam kabel Fiber Optik ini. Pertama yaitu Single Mode yang akan memanfaatkan sinar laser untuk media transmisinya. Kedua yaitu Multi Mode yang akan memakai media LED sebagai transmisinya. Multi Mode ini biasanya sering digunakan pada instalasi jaringan dengan kelas menengah keatas.


 


Fungsi Fiber Optik


Fiber Optik mempunyai fungsi yang hampir sama menyerupai jenis kabel jaringan lainnya yaitu meghubungkan komputer satu dengan lainnya dalam sebuah lingkup jaringan komputer tertentu. Yang membedakan dengan jenis kabel jaringan lainnya yaitu pada kecepatan terusan yang tinggi serta kemampuan transfer data yang lebih cepat.


Untuk kecepatan transfer data kabel Fiber Optik ini mempunyai kecepatan transfer data sampai Gigabit per detik. Selain itu, alasannya yakni tidak membawa arus listrik sehingga jenis kabel ini tidak akan dipengaruhi oleh gangguan elektromagnetik. Dengan begitu akan tetap stabil dalam proses pengiriman data.


Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, tentu saja harus dibayar mahal. Maka dari itu kabel Fiber Optik ini tidak digunakan oleh sembarang orang. Biasanya kabel Fiber Optik ini digunakan oleh perusahaan bersekala besar serta operator telekomunikasi  yang lebih sering menentukan untuk memakai kabel Fiber Optik ini. Pada dikala ini sudah banyak penyedia layanan interet yang memakai Fiber Optik alasannya yakni lebih cepat dan stabil.


 


Cara Kerja Fiber Optik


Sudah sedikit dibahasa sebelumnya bahwa kabel Fiber Optik ini tidak mengalirkan arus listrik namun mengalirkan cahaya. Listrik yang diperoleh akan dikonfersikan menjadi bentuk sinyal cahaya dan lalu dialirkan ke tujuan data tersebut ingin dikirim. Dengan begitu, Fiber Optik ini sangat cocok digunakan pada tempat dengan banyaknya gangguan elektromagnetik.


Jika semakin panjang kabel Twisted dan Coaxial akan menghipnotis kecepatan transfer data, maka hal tersebut tidak berlaku pada kabel Fiber Optik ini. Karena materi baku yang trebuat dari serat beling murni ini sanggup membahwa cahaya untuk mentransmisikan data secara terus menerus tanpa memikirkan panjangnya kabel yang digunakan.


Core atau inti dari kabel Fiber Optik ini memakai cara kerja dengan memanfaatkan cermin untuk menghasilkan total internal reflection atau refleksi total pada bab serat kaca.


 


Kelebihan dan Kekuarangan Fiber Optik


Walaupun mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kabel jaringan lainnya, bukan berarti kabel Fiber Optik ini tidak mempunyai kekurangan sama sekali. Nah dibawah ini mastekno akan menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan kau dapatkan apabila memakai kabel Fiber Optik ini.


 


Kelebihan Fiber Optik



  1. Memiliki kecepatan transfer data dengan kapasitas yang besar serta jarak transmisi yang jauh. Dengan kecepatan sampai Gigabyte per detik, maka akan menunjukkan kebebasan kepada penggunanya untuk menentukan bandwidth yang tinggi.

  2. Walaupun mempunyai kemampuan yang besar, namun bentuk fisik dari kabel Fiber Optik ini terbilang lebih kecil dibandingkan dengan jenis kabel jaringan lainnya alasannya yakni terbuat dari serat beling dan plastik yang kecil, tipis dan halus.

  3. Karena tidak menggunakn arus listrik, maka kabel Fiber Optik ini akan terbebas dari gangguan sinyal elektromagnetik, dan sinyal radio. Selain itu, kabel Fiber Optik mempunyai katahanan yang cukup berpengaruh sehingga banyak digunakanoleh perushaan – perusahaan besar.

  4. Walaupun mempunyai kecepatan terusan data yang tinggi, namun kemungkinan untuk kehilangan data sangatlah rendah, jadi kau tidak perlu khawatir akan validasi data.

  5. Karena tidak memakai arus listrik, maka kemungkinan untuk terjadinya konsleting juga tidak akan terjadi, jadi dalam hal ini keamanan datapun akan sangat terjamin.


 


Kekurangan Fiber Optik



  1. Kekuarangan terbesar yang dimiliki oleh Fiber Optik ini yaitu mempunyai harga yang cukup mahal. Hal tersebut memang wajar, alasannya yakni materi yang digunakan serta pemasangannya. Maka dari itu pengguna kabel Fiber Optik ini bukanlah orang sembarangan. Melainkan perusahaan – perusahaan besar atau penyedia jasa komunikasi yang membutuhkan terusan data yang cepat.

  2. Selain harga dan biaya pemasangan yang cukup mahal, perawatan kabel Fiber Optik juga memerlukan biaya yang sedikit. Melihat peralatan yang digunakan juga tidaklah murah.

  3. Harus sangat memperhatikan peempatan kabel Fiber Optik. Karena pemasangan kabel Fiber Optik pada jalur yang berbelok haruslah mempunyai sudut yang melengkung semoga proses berjalannya data akan lebih lancar dan tidak terhambat.


 


Demikianlah artikel dari mastekno mengenai pengertian fiber optik yang perlu kau ketahui. Terutama untuk kau yang ingin membangun jaringan dengan memakai kabel Fiber Optik. Walaupun mempunyai harga yang relatif mahal, namun dengan melihat kelebihan dan laba yang kita sanggup maka sangat masuk akal bila banyak perusahaan yang memakai kabel Fiber Optik ini.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}