Home » , » MiniTool Partition Wizard – Aplikasi Partisi Yang Gitu Aja?!

MiniTool Partition Wizard – Aplikasi Partisi Yang Gitu Aja?!

Posted by Droid Tech Media on Friday, July 19, 2019


Dalam beberapa kasus yang berkaitan dengan partisi, kadang ada sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan hanya Disk Management bawaan Windows saja, karena memang fitur yang diberikan Disk management tidak terlalu powerfull, sehingga dengan itu dibutuhkan sebuah aplikasi Partisi yang bisa mengisi kekurangan Disk Management.





Selain dari Dua Artikel Review yang pernah ditulis sebelumnya, dulu sekali, saya seorang pengguna MiniTool Partitions Wizard. Dan sudah beberapa tahun sejak itu, saya beralih menggunakan aplikasi partisi lain. Sekarang ditahun 2019 pertengahan, apakah ada yang baru dari MiniTool Partition Wizard dengan dirilisnya versi 11.5?. Dan setelah saya mencobanya sekitar 1 mingguan ini, untuk memperbaiki beberapa masalah perihal partisi dari beberapa laptop, berikut adalah ulasan singkat mengenai aplikasi ini.





Instalasi





Instalasinya sama saja seperti kebanyakan software pada umumnya, tinggal klik next >> sampai finish.





Dalam beberapa kasus yang berkaitan dengan partisi MiniTool Partition Wizard – Aplikasi Partisi Yang Gitu Aja?!




Namun, ada sebuah bundleware dari Norton, jadi jika kamu tidak ingin menginstal Norton Security Deluxe, pastikan kamu menghilangkan centang pada halaman instalasi seperti gambar berikut.





Dalam beberapa kasus yang berkaitan dengan partisi MiniTool Partition Wizard – Aplikasi Partisi Yang Gitu Aja?!




Kompatibilitas





Nah dari situs resminya, MiniTools Partitions Wizard ini mendukung semua jenis dari system operasi Windows, termasuk Windows XP. Namun, setelah saya coba pada perangkat dengan OS Windows XP SP3 di PC lawas saya, ternyata tidak bisa diinstal. Why.. padahal saya lagi butuh banget saat itu.





Dalam beberapa kasus yang berkaitan dengan partisi MiniTool Partition Wizard – Aplikasi Partisi Yang Gitu Aja?!




Namun pada Windows diatasnya, Seperti 7, 8, dan 10, Instalasi bisa berjalan dengan normal, hanya saja jika kamu membutuhkan aplikasi yang lebih powerfull dibandingkan disk management di Windows XP (mungkin untuk kebutuhan kantor atau kerjaan yang masih menggunakan Windows XP), aplikasi ini tidak bisa diinstal.





Fitur





Jika kita berbicara seputar fitur yang diberikan, dari MiniTool Partition Wizard, tidak ada yang berubah secara signifikan sejak dulu, dan dari segi fungsionalitas, sama saja dengan kebanyakan aplikasi management partisi pada umumnya, seperti (Resize, Creating WinPE, Cleaning Partitions, Convert Partitions).





Dalam beberapa kasus yang berkaitan dengan partisi MiniTool Partition Wizard – Aplikasi Partisi Yang Gitu Aja?!
Halaman Startup MiniTool Partition Wizard Pertama Kali Dibuka.




Namun sayangnya, salah satu fitur yang sangat saya suka dan membantu saya dalam kerjaan yaitu Dynamic Disk Converter tidak tersedia, jadi mungkin menurut saya ini adalah sebuah nilai min bagi MiniTool Partition Wizard ini. Kamu juga bisa melihat perbandingan berbagai versi MiniTool Partition Wizard dihalaman berikut, karena jujur aja, aplikasi ini banyak banget Edisinya, mulai dari Free untuk pecinta Gratisan, lalu ada Pro, Pro Ultimate, Server, Technician DLL.





Namun overall, fitur yang diberikan, bahkan untuk edisi Free seperti yang saya gunakan, bisa melakukan berbagai tugas dalam hal yang berbau partisi dengan maksimal dan tanpa kendala.





Dalam beberapa kasus yang berkaitan dengan partisi MiniTool Partition Wizard – Aplikasi Partisi Yang Gitu Aja?!
Tampilannya juga bagus dan tidak mengecewakan




Kesimpulan





Berdasarkan pengalaman saya menggunakan MiniTool Partitions Wizard ini, tentu saja dengan versi Free, melakukan beberapa tugas yang berkaitan dengan partisi seperti mengubah ukuran, mengkonversi MBR ke GPT, Check Partisi, semua bisa dilakukan tanpa ada masalah, kecuali saya tidak bisa melakukan hal tersebut diperangkat dengan Windows XP yang saya miliki karena masalah kompatibilitas saja. Selain itu kekurangan yang paling saya rasakan adalah, kurangnya fitur Dynamic Disk Converter, yang mana bagi saya fitur tersebut sangat bermanfaat sekali, terutama ketika ada masalah dimana partisi tidak bisa di Extend atau Merge karena Type Disknya adalah Dynamic bukan Basic.





Namun sekali lagi, untuk fitur lainnya, semua berjalan dengan lancar dan mampu menemani saya dalam melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dengan hanya Disk Management saja, bahkan jika itu adalah dengan menggunakan versi Free.





Ulasan diatas, sepenuhnya adalah pendapat saya, kamu bisa mencoba aplikasi MiniTool Partition Wizard atau menggunakan alternative lain seperti yang sudah saya ulas sebelumnya. Selama proses perbaikan atau maintenance yang berkaitan dengan partisi bisa berjalan dengan normal dan tanpa kendala, bahkan jika itu hanya menggunakan Disk Management saja.





Sekian ulasan kali ini, thank you kawan kawan, jika kamu tertarik mencobanya, kamu bisa mendownloadnya dihalaman berikut.





Aplikasi Partisi Favoritmu apa nih?







Sumber https://indoint.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}