Home » » KLB Hepatitis A Menyerang Pacitan, Waspadai Penularannya!

KLB Hepatitis A Menyerang Pacitan, Waspadai Penularannya!

Posted by Droid Tech Media on Wednesday, July 3, 2019

hepatitis-a-pacitan-doktersehat

DokterSehat.Com– Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebut masih mendalami kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) hepatitis A yang kini sedang mewabah di Pacitan, Jawa Timur. Sebenarnya, seperti apa kasus wabah penyakit hepatitis A di Pacitan? Lalu, seperti apa penularan penyakit ini?

KLB Hepatitis A di Pacitan Menyerang Hampir 1.000 Warga

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut hingga saat ini setidaknya 975 orang telah didiagnosis terkena hepatitis A di Pacitan.

Khofifah menyebut proses penularan hepatitis A memang sudah cenderung menurun. Ia juga menyebut pemicu dari penularan penyakit ini lebih karena pola hidup bersih dan sehat yang masih belum diterapkan oleh masyarakat Pacitan.

“Awal masalahnya terkait dengan air bersih. Jadi kami akan suplai kebutuhan air bersih ke masyarakat,” ucapnya.

Khofifah juga langsung meminta Dinas Kesehatan Provinsi Jatim untuk segera memeriksa kadar kebersihan air di kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah ini.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI, Wiendra Waworuntu menyebut masa inkubasi menjadi penentuan lamanya status KLB ditetapkan di Pacitan, yakni dua bulan. Proses inkubasi virus dalam menginfeksi tubuh penderitanya hingga akhirnya memicu gejala hepatitis sekitar 15-50 hari.

Wiendra juga menyebut Dinas Kesehatan setempat telah melakukan proses desinfeksi berupa pemberian kaporit pada sumber air yang disebut-sebut sebagai sumber dari mewabahnya hepatitis A di Pacitan. Diharapkan, proses ini bisa menghentikan penyebaran virus hepatitis A.

Penularan penyakit hepatitis A di Pacitan diduga karena warga mengonsumsi air yang berasal dari Sungai Sukarejo. Air ini didistribusikan oleh truk tangki yang dijual ke warga. Sampai saat ini, Wiendra masih mendalami dugaan ini dan menyebut ada banyak faktor yang memengaruhi penularan hepatitis, khususnya dalam hal gaya hidup atau pola makan yang tidak sehat.

Cara Penularan Hepatitis A

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa memicu penularan hepatitis A. Berikut adalah berbagai hal yang bisa memicu penularan penyakit ini yang sebaiknya kita hindari.

  1. Penularan hepatitis A dari orang ke orang

Proses penularan hepatitis A bisa berasal dari orang ke orang secara langsung. Sebagai contoh, jika pengidap masalah kesehatan ini malas mencuci tangan dan sering menyentuh benda-benda yang juga dipakai orang lain, atau makanan dan minuman, maka virus ini bisa menyebar orang lain.

Mereka yang merawat penderita hepatitis namun tidak rajin mencuci tangan atau membersihkan diri, dan mereka yang melakukan hubungan intim dengan penderita hepatitis juga rentan tertular.

  1. Penularan hepatitis A melalui makanan atau minuman

Jika makanan dan minuman sudah terkontaminasi oleh virus ini, baik itu karena telah disentuh oleh penderita hepatitis atau tidak dimasak hingga benar-benar matang, maka proses penularan bisa terjadi. Risiko penularan juga akan meningkat jika kita tinggal di wilayah yang kurang higienis atau dengan sanitasi yang buruk.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memicu penularan hepatitis adalah buah-buahan, sayuran, kerang, air, atau bahkan es batu.

  1. Penularan hepatitis A melalui donor darah

Jika pendonor darah ternyata sudah terinfeksi hepatitis, maka penerima darah ini juga akan tertular oleh penyakit ini. Oleh karena itu, sebelum mendonorkan darah atau sebelum menerima donor darah, perlu dipastikan dulu kesehatannya.

Siapa yang Berisiko Terkena Penyakit Hepatitis A?

Terdapat beberapa jenis orang yang lebih rentan terkena hepatitis A. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Tinggal di wilayah yang sedang terjadi wabah hepatitis A atau pergi ke wilayah yang sedang mengalaminya, risiko tertular penyakit ini akan meningkat
  2. Laki-laki yang berhubungan intim dengan sesama jenis
  3. Orang-orang yang tinggal serumah dengan pengidap hepatitis A
  4. Orang-orang yang tinggal di rumah dengan sumber air yang sangat buruk
  5. Penderita hemophilia
  6. Pengguna obat terlarang
  7. Orang-orang yang berhubungan intim dengan penderita hepatitis

Selalu jaga gaya hidup sehat dan rajin mencuci tangan dengan sabun demi mencegah penyakit hepatitis, ya!


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}