Refund Tiket Kereta. PT KAI terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Kini, selain transaksi pembelian tiket kereta sudah bisa dilakukan secara online, pelanggan setia kereta api juga bisa melakukan pembatalan dan refund tiket kereta melalui aplikasi.
Bahkan, pembatan dan refund tiket kereta bisa dilakukan 30 menit sebelum keberangkatan.
Kamu pun tidak perlu lagi capek-capek mendatangi stasiun kereta hanya untuk melakukan pembatan perjalanan dan refund tiket kereta.
Berencana refund tiket kereta? Yuk, simak cara refund tiket kereta online melalui aplikasi serta syarat yang harus kamu lengkapi.
Syarat Pembatalan dan Refund Tiket Kereta
Sebelum membahas cara pembatalan dan refund tiket kereta online, kamu harus mengetahui sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi. Sayarat tersebut adalah:
- Kode booking/booking ID
- KTP
- Lakukan maksimum 30 menit sebelum keberangkatan.
Cara Refund Tiket Kereta via Aplikasi
Saat ini, PT KAI telah menyediakan aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk melakukan pemesanan dan pembatalan tiket.
Jika Toppers berencana melakukan pembatalan dan refund tiket kereta secara online berikut ini langkah-langkahnya:
- Unduh dan jalankan aplikasi KAI Access,
- Selanjutnya buat akun dengan cara mendaftarkan data diri kamu sebagai penumpang,
- Kemudian buka aplikasi dan pilih fitur My Trips,
- Pada menu My Trips pilih kode booking yang ingin dibatalkan,
- Pada menu e-Ticket klik tombol pembatalan,
- Pilih nama penumpang yang ingin melakukan pembatalan,
- Centang kolom syarat & ketentuan, kemudian klik lanjutkan,
- Setelah itu, masukan nomor rekening bank untuk refund tiket kereta. Pastikan nama dan nomor rekening sama dengan nama yang terdaftar di buku rekening,
- Kemudian, masukan akun untuk refund tiket kereta,
- Pastikan kamu memasukan nomor rekening yang benar,
- Selanjutnya, klik “Lanjutkan Proses Pembatalan”,
- Lakukan konfirmasi pembatalan. Bila sudah benar, klik tombol Konfirmasi dan Lanjutkan,
- Pastikan lagi data sudah benar. Kemudian klik Ya, saya yakin,
- Notifikasi: Selamat, pembatalan tiket berhasil! muncul setelah kamu berhasil melakukan pembatalan,
- Refund tiket kereta akan dikirim ke rekening terdaftar dalam tempo 30 hingga 40 hari setelah hari pembatalan,
- Refund tiket kereta akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket.
BACA JUGA: 9 PEMANDANGAN JALUR KERETA API TERINDAH DI INDONESIA
Pembatalan dan Refund Melalui Loket (Offline)
Meski sudah tersedia pilihan untuk melakukan refund tiket kereta secara online, cara lama yakni pembatalan melalui loket masih tetap diberlakukan.
Namun, perlu Toppers ketahui, pembatalan dan refund satu tiket tidak bisa diwakilkan. Namun, bila Toppers berencana membatalkan tiket lebih dari satu, maka pembatalan tiket bisa diwakilkan oleh salah satu penumpang. Berikut adalah langkah-langkahnya:
1.Mendatangi stasiun. Ambil nomor antrean,
2.Jangan lupa siapkan syarat-syarat seperti KTP asi dan fotokopi dan kode booking,
3.Ambil dan isi formulir pembatalan,
4.Setelah kamu dipanggil, berikan formulir pembatalan kepada petugas loket,
5.Formulir terdiri dari dua rangkap berupa data tiket dan data penumpang,
6.Sekadar tips, biasanya pulpen yang disediakan pihak KAI terbatas. Kalau kamu ingin cepat, bawa pulpen sendiri,
7.Menerima tanda terima.
Setelah mengisi formulir dan memberikan kepada petugas, kamu akan mendapatkan tanda terima.
Bukti ini harus kamu bawa kembali pada tanggal refund tiket kereta yang telah ditentukan (biasanya 30-40 hari setelah hari pembatalan).
Namun, selain bisa mengambil uang pengembalian langsung, kamu juga bisa meminta pengembalian melalui transfer bank.
Uang refund yang kamu terima hanya sebesar 75% karena dipotong biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket.
BACA JUGA: TIPS NYAMAN DAN ANTI CAPEK LIBURAN MENGGUNAKAN KERETA
Nah gimana, Toppers? Sekarang, kamu sudah paham kan bagaimana melakukan pembatalan dan refund tiket kereta api. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya.
Sumber https://dennypedia.com/
0 comments:
Post a Comment