Home » , » Cara Lapor Spt Tahunan Tubuh Secara Online Secara Mudah, Panduan Lengkap!

Cara Lapor Spt Tahunan Tubuh Secara Online Secara Mudah, Panduan Lengkap!

Posted by Droid Tech Media on Sunday, July 7, 2019

Pada ketika ini untuk melaporkan SPT Tahunan sudah sangat dimudahkan, sebab kita sanggup melaporkannya secara online memakai sistem e-Filing. Dengan memakai cara ini, wajib pajak sanggup melaporkan SPT Tahunan tubuh kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya sistem ini, maka wajib pajak maupun perusahaan tidak perlu repot – repot lagi dalam melaporkan pajak secara manual ke Kantor Pelayanan Pajak.


Melaporkan SPT Tahunan secara online juga mempunyai beberapa keunggulan, salah satunya ialah mencegah terjadinya denda akhir keterlambatan pelaporan pajak. Sebab, dengan memakai e-Filing pajak, pelaporan SPT Tahunan tubuh sanggup dilakukan secara online dan real time melalui website resmi Direktorat Jendral Pajak.


Selain sanggup menghemat waktu, sistem e-Filing pajak ini juga sanggup menghemat biaya operasional sebab kalian tidak perlu bolak – balik ke kantor pelayanan pajak. Meskipun demikian, ternyata masih banyak wajib pajak yang belum biasa atau malah belum mengetahui cara lapor SPT Tahunan  secara online. Sehingga mereka lebih menentukan memakai cara manual untuk lapor pajak.


Untuk kalian yang belum terbiasa melaporkan SPT Tahunan secara online memang terlihat akan membingungkan. Karena, terdapat beberapa hal yang perlu kalian ketahui dan persiapkan sebelum melaksanakan pelaporan SPT Tahunan secara online. Salah satu dasar yang perlu kalian ketahui sebelum melaksanakan pelaporan pajak secara online ialah data SPT yang kalian miliki harus dibentuk dalam bentuk elektronik dengan memakai aplikasi e-SPT milik Direktorat Jendral Pajak.


Berikutnya, sebelum kau memakai layanan e-Filing SPT Tahunan Badan, pastikan kau sudah melaksanakan aktivasi EFIN (Electronic Filing Identification Number) di Kantor Pelayanan Pajak daerah kau mendaftar. EFIN pajak merupakan nomor identitas digital yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Pajak bagi wajib pajak yang akan melaksanakan transaksi secara online, ibarat e-Filing ini.


 


Cara Lapor SPT Tahunan Badan Secara Online Secara Praktis Lengkap dan Cepat


Dasar Hukum Cara Lapor SPT Tahunan Online Badan


Untuk wajib pajak tertentu, Direktorat Jendral Pajak menerapkan aturan wajib eFiling bagi setiap pelaopran SPT Tahunan Badan. Demikian juga untuk penetapan akses resmi eFiling pajak ysng sudah menjadi kawan resmi Direktorat Jendral Pajak.


 


Peraturan Kewajiban e-Filing SPT Tahunan Badan


Direktorat Jendral Pajak menetapkan melalui PENG-04/PJ.09/2016,  kewajiban pelaporan pajak secara elektronik bagi para pengusaha kena pajak pengguna e-Faktur bahwa wajib pajak tubuh yang telah dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak (pengusaha atau perusahaan yang mempunyai omset penjualan diatas Rp4.8 miliar) yang menciptakan e-Faktur wajib melaksanakan eFiling SPT Tahunan PPh Badan.


 


Dasar Hukum eFiling Online Pajak


Sebagai salah satu ASP resmi, maka aplikasi eFiling Online Pajak telah disahkan dan diresmikan oleh Direktorat Jendral Pajak melalui Surat Keputusan Nomor KEP-192/PJ/2015. Dengan begitu, maka terdapat kekuatan aturan yang menjamin bahwa pelaporan pajak perusahaan kau benar – benar disalurkan ke sistem Direktorat Jendral Pajak.


 


Cara Daftar EFIN untuk Persyaratan eFiling Pajak


Langkah pertama yang harus kau lakukan sebelum melaksanakan pelaporan pajak secara online ialah kau harus mendapat EFIN pajak terlebih dahulu. Caranya ialah kau sanggup mengunjungi kantor pelayanan pajak daerah kau terdaftar dan olok-olokan permohonan aktivasi EFIN pajak. Perlu diingat bahwa pemohon hanya sanggup diajukan oleh pengurus perusahaan dan tidak sanggup diwakilkan oleh pihak lain.



  1. Setelah kau mendapat EFIN, maka kiprah kau selanjtnya ialah melaksanakan aktivasi.Berikut ini merupakan cara gampang untuk melaksanakan aktivasi EFIN kau :

  2. Pertama, kunjungi website resmi Direktorat Jendral Pajak kemudian isikan NPWP dan nomor EFIN yang telah kau dapatkan untuk melaksanakan verivikasi.

  3. Berikutnya, kau akan dibwa masuk ke halaman dimana nama wajib pajak secara otomatis akan terisi. Akan tetapi , kau harus tetap melaksanakan pengecekan terhadap informasi tersebut sudah sesuai dengan identitas kamu.

  4. Tahap selanjutnya ialah melaksanakan pendaftaran dengan mengisikan alamat email aktif dan nomor ponsel kamu. Kemudian, buatlah password dengan kombinasi antara abjad dan angka semoga password kau semakin kuat. Jika sudah klik Simpan.

  5. Kemudian silahkan kau cek kontak masuk pada email kau yang telah kau daftarkan tadi. Klik link tautan yang tersedia yang telah dikirimkan oleh pihak Direktorat Jendral Pajak untuk melaksanakan aktivasi akun.

  6. Selesai, maka pelaporan pajak secara online siap dilakukan.


 


Cara Lapor SPT Tahunan Badan Secara Online Praktis dan Cepat


Jika kau telah berhasil melaksanakan aktivasi EFIN pajak, maka seakarang kau sudah sanggup melaksanakan eFiling SPT Tahunan online badan. Untuk para wajib pajak badan, terdapat formulir SPT 1771 beserta lampirannnya yang harus kau isi dan lengkapi. Sebelum melaksanakan eFiling SPT Tahunan Badan online, baik mempunyai status pembayaran nihil, kurang bayar, ataupun lebih bayar. Maka wajib pajak harus menyiapkan serta mengunggah dokumen – dokumen sesuai dengan PER-01/PJ/2017 beikut ini:


Dokumen – Dokumen yang Wjaib Diunggah ketika e-filtering SPT Tahunan Badan



  1. SPT 1771

  2. Laporan Keuangan

  3. Penghitungan Perbedaan Bruto Pembayaran (Khusus Wajib Pajak PP 46)

  4. Laporan Debt to Equity ratio & Utang Swasta Luar Negeri (Khusus Wajib Pajak PT yang membebankan Utang)

  5. Ikhtisar Dokumen Induk & Dokumen Lokal (Khusus Wajib Pajak dengan Transaksi Hubungan Istimewa)

  6. Laporan Penyampaian CBCR Country oleh Country Report)

  7. Dafnom Biaya Entertainment (jika ada)

  8. Dafnom Biaya Promosi (jika ada)

  9. Khusus Untuk Wjaib Pajak Migas menyertakan Laporan Tahunan Penerimaan Negara dari Kegiatan Hulu Minyak dan atau Gas Bumi.

  10. Khusus untuk BUT (Badan Usaha Teteap) : SSP PPh Pasal 26 (4), Pemeberitahuan Mengenai Bentuk Penanaman Modal, Laporan Keuangan Konsolidasi atau Kombinasi.


 


Cara Lapor SPT Tahunan Badan Secara Online eFiling Praktis dan Cepat



  1. Pertama, silahkan kau masuk ke akun e-Filing kau pada website resmi Direktorat Jendral Pajak.

  2. Kemudian pada halaman tersebut klik e-Filing > Buat SPT.

  3. Berikutnya, jawablah pertanyaan yang diberikan secara sempurna supaya sistem sanggup menentukan jenis formulir SPT apa yang sesuai dengan profil kamu.

  4. Isi dan lengkapilah formuir tersebut dan jawab pertanyaan panduan yang diberikan.

  5. Selanjutnya, masukkan arahan verivikasi yang dikirim melalui alamat email yang telah terdaftar.

  6. Proses pelaporan SPT online ini akan selsai sehabis kau menekan tombol Kirim SPT.


 


Jadi itulah artikel yang sanggup mastekno berika mengenai cara lapor spt tahunan tubuh secara online gampang lengkap dan cepat. Semoga artikel yang mastekno berikan ini sanggup beranfaat untuk kau yang sedang mencari iformasi mengenai cara lapor spt tahunan pajak secara online.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}