Home » » Cara Download Subtitle Video di Youtube

Cara Download Subtitle Video di Youtube

Posted by Droid Tech Media on Wednesday, July 10, 2019

Cara Download Subtitle Video di Youtube-Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur closed Caption atau CC di Youtube. Ini adalah fitur untuk menampilkan subtitle berdasarkan bahasa tertentu. Namun, Anda tidak akan mendapatkan subtitle ketika mengunduh video dari Youtube. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara download subtitle video di Youtube.


Mengapa Anda butuh subtitle? Jika video yang ditonton berbahasa Indonesia, Anda dapat memahaminya secara langsung. Perlu diingat, tidak semua orang mahir bahasa asing seperti Inggris, Jerman, Jepang, Korea, dan lainnya. Begitu juga yang terjadi ketika orang luar negeri menonton video berbahasa Indonesia. Mereka ingin mengetahui maksud dan isi dari konten tersebut. Inilah alasan mengapa youtube memberikan fitur caption. Ketika upload video, pemilik konten dapat menambah subtitle secara langsung dan lebih dari satu.


Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur closed Caption atau CC di Youtube Cara Download Subtitle Video di Youtube


Beberapa cara mengunduh subtitle dari Youtube


Ketika Anda nonton, masih banyak video yang tidak ada subtitlenya. Tentu saja, hal ini umum terjadi karena pemilik channel punya keterbatasan untuk translasi bahasa. Mereka umumnya meminta jasa translator untuk menerjemahkan video ke bahasa tertentu, termasuk Indonesia. Untuk video yang bertipe seperti ini, pilihan Anda adalah download subtitle lain yang Anda pahami bahasanya. Bagaimana cara download tersebut. Ikuti petunjuk dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.



  1. Download subtitle secara terpisah


Anda sudah download videonya tetapi ingin menonton dengan subtitle. Cara paling mudah adalah cukup download terpisah subtitle tersebut. Jadi, Anda tidak harus download ulang keseluruhan video. Subtitle yang diambil juga sesuai dengan bahasa yang Anda inginkan. Caranya mudah karena memanfaatkan website yousubtitles.com. Siapkan perangkat Anda, smartphone atau laptop, serta jangan lupa koneksi internet lancar agar tidak ada gangguan ketika sedang mengunduh.


Untuk perangkat smartphone dan tablet, buka aplikasi Youtube. Lihat bagiah bawah dan ada ikon share. Tap lalu tampilan muncul beberapa opsi. Pilih copy link yaitu gambar dua kotak saling berhimpitan. Anda buka browser di smartphone dan kunjungi yousubtitles.com. Setelah itu, paste link dari youtube dan tunggu hingga website melakukan loading. Akan muncul pilihan subtitles sesuai bahasa. Pilih yang Anda inginkan lalu tunggu hingga download selesai. Untuk PC atau laptop, prosesnya mirip hanya Anda mengcopy link youtube dari address bar di browser. Buka youtube dan copy link videonya. Proses selanjutnya ke yousubtitles lalu paste, pilih subtitles, dan unduh. Website yang juga memiliki fungsi sama adalah savefrom.net. Anda dapat mengunjunginya sebagai alternatif. Untuk menemukan website sejenis, gunakan bantuan mesin pencari.



  1. Download video dengan subtitle


Youtube menyediakan fasilitas download untuk beberapa video mereka. Namun, Anda hanya bisa memainkan video tersebut langsung dari aplikasi. File video tidak tersimpan di perangkat hanya cache untuk menandakan konten yang dimaksud dari video. Oleh karena itu, banyak pengguna yang memakai pihak ketiga untuk unduh video sehingga berbentuk murni file video yang dapat dimainkan di perangkat manapun. Namun, sebagian besar video yang berhasil diunduh tidak menyertakan subtitles.


Cara pertama adalah unduh hanya subtitles karena Anda sudah punya videonya. Cara kedua adalah Anda unduh video beserta subtitles secara langsung. Prosesnya juga mudah dan ada dua pilihan. Pertama, Anda menggunakan aplikasi 4K Video downloader. Aplikasi ini mirip ketika Anda download video menggunakan bantuan website lain. Pertama, Anda install lalu paste link video yang dimaksud. Tunggu hingga proses loading selesai lalu pilih subtitle yang akan diikutsertakan ketika proses download video. Tunggu hingga video tersimpan di perangkat dan coba mainkan dengan media player. Subtitle akan otomatis ada di video tersebut.


Beberapa website juga memiliki fitur sejenis. Anda cukup memastikan bahwa subtitle memang benar-benar terintegrasi dengan video. Mengunduh secara langsung video dan subtitles berbeda jika keduanya terpisah. Gunakan bantuan mesin pencari untuk menemukan website yang mampu mengunduh youtube beserta subtitlesnya. Jika Anda ragu, gunakan cara pertama yaitu unduh dulu videonya lalu subtitle diunduh terpisah.



  1. Subtitle bukan dari Youtube


Cara download subtitle video di Youtube fokus bagaimana Anda dapat subtile untuk menonton. Tidak semua pemilik konten menyediakan subtitle di video mereka. Mereka juga menyediakan link untuk caption tepisah dari youtube. Tentu saja, cara ini sangat jarang tetapi Anda dapat menemukan beberapa channel seperti ini. Untuk mengunduh, Anda cukup mengunjungi link yang dimaksud. Adapula aplikasi untuk membuat subtitle berdasarkan video. Umumnya, pembuat caption atau subtitle akan memastikan kata per kata tepat waktunya. Namun, aplikasi ini khusus mengubah suara ke bentuk script seperti Anda transkrip wawancara. Ini bisa jadi pilihan ketika subtitle yang dimaksud tidak tersedia di Youtube dan Anda tidak mengerti bahasa yang pembuat konten gunakan.


Setelah mengetahui cara-cara diatas, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Yang pertama dan utama adalah penggunaan subtitle di Youtube dikenal dengan istilah softsub maksudnya file video dan subtitle tidak terintegrasi secara terpisah. Meskipun Anda download secara berbarengan, subtitle tetap bisa dipisah secara manual dengan aplikasi.


Selanjutnya, Anda harus tahu bagaimana memasukan subtitle ke video atau memanikan secara bersamaan. Ada beberapa opsi untuk menjawab kondisi tersebut. Ketika menonton film atau video di laptop, Anda akan menemukan pilihan untuk enable subtile. Ketika sudah di checklist, video akan menampilkan subtitle secara otomatis. Perlu diingat, tipe file biasanya mkv atau sejenisnya. Jika file berupa mp4, dapat dipastikan Anda tidak akan menemukan video karena bagian subtitle tidak tampak bold yang berarti tidak ada subtitle yang terintegrasi. Namun, Anda bisa akses subtitle dengan loading file subtitle secara langsung. Cara selanjutnya adalah melakukan drag file subtitle ke video dan sistem akan mengenalinya.


File subtitle dapat berbentuk apapun dan umumnya memiliki ekstensi srt atau txt. Bagaimana Anda tahu kalau file tersebut berisi subtitles sesuai bahasa yang diinginkan? Klik kanan dan pilih open with notepad. File akan terbuka dan Anda melihat teks yang berisi narasi sesuai dengan apa yang video suarakan. Bagian depan ada timing yaitu interval kapan bagian teks tersebut muncul sesuai dengan audionya. Tentu saja, Anda akan melihat teks konten subtitle tersebut apakah bahasanya sesuai atau tidak. Yang menarik adalah Anda dapat mengedit teks atau timing jika memang tidak cocok. Inilah cara bagaimana subtitle terbentuk atau dibuat oleh pemilik konten. Anda bisa membuat subtitle sendiri untuk konten tertentu lalu menghubunginya agar mereka upload. Ini cara membantu orang lain untuk memahami konten tersebut.


Pengetahuan tentang bagaimana suatu subtitle bekerja pada sebuah video sangat penting. Ini proses yang sederhana sehingga mudah dimengerti. Selain itu, Anda tidak akan bingung ketika menjalankan cara download subtitle video di Youtube karena sudah dijelaskan secara detail diatas.



Sumber https://indoint.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}