Home » » Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak dan Prosedurnya

Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak dan Prosedurnya

Posted by Droid Tech Media on Saturday, July 6, 2019


Biaya ganti meteran listrik rusak. Meteran listrik atau KwH meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur daya listrik.





Dengan melihat angka yang ada pada meteran listrik, kita bisa mengetahui berapa besar pemakaian listrik kita.





Namun, ada kalanya meteran listrik tersebut rusak. Angka yang ditunjukkan tidak akurat atau bahkan sama sekali tidak berfungsi.





Agar kita tetap bisa mengecek pemakaian listrik, maka kita harus mengganti meteran tersebut. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah prosedur penggantian meteran listrik yang rusak.





5 Langkah Mengajukan Meteran Listrik Baru





 Meteran listrik atau KwH meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur daya listrik Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak dan Prosedurnya
Sumber gambar: pexels




Untuk menyampaikan keluhan atau mengajukan perbaikan meteran listrik rusak, Kamu bisa mendatangi unit PLN terdekat atau menghubungi layanan call center PLN 123.





Proses perbaikan meteran yang rusak tidak akan memakan waktu yang lama, tapi kamu memang harus bersabar untuk menunggu petugas datang untuk memperbaiki .





Tahapan yang harus kamu lalui untuk mengajukan perbaikan meteran adalah sebagai berikut:





  1. Datang langsung ke kantor pelayanan PLN terdekat sesuai domisili/lokasi rumah dengan membawa:




  • Fotokopi kartu identitas pemilik/pengguna bangunan (KTP/SIM) yang masih berlaku
  • Denah/peta lokasi rumah
  • Surat kuasa bila pengajuan permohonan diwakilkan.




2. Jika kerusakan disebabkan oleh kelalaian pelanggan PLN, maka kerusakan bukan menjadi tanggungan PLN. Oleh karenannya, pelanggan harus membayar sejumlah uang perbaikan/penggantian meteran listrik





3. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu petugas PLN datang untuk memperbaiki atau mengganti KwH listrikmu yang baru.





4. Petugas resmi dari PLN pun akan datang untuk melakukan perbaikan





5. Meteran listrik telah diperbaiki dan siap digunakan kembali.










 Meteran listrik atau KwH meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur daya listrik Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak dan Prosedurnya




baca juga: 12 Merek ac yang iritnya ngademin kantong










Berapa Biaya Ganti Meteran Rusak?





 Meteran listrik atau KwH meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur daya listrik Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak dan Prosedurnya
Sumber gambar: pexels




Proses perbaikan meteran listrik pelanggan yang rusak tidak dibebankan biaya apapun, dengan catatan pelanggan tidak menggunakan sambungan sementara selama menunggu petugas datang untuk melakukan perbaikan.





Namun, Toppers harus waspada. Sebab, ada juga oknum petugas yang ingin mengambil keuntungan dari kejadian ini.





Biasanya mereka meminta biaya besar untuk penggantian meteran listrik meskipun kerusakan bukan disebabkan oleh pelanggan.





Alasannya karena meteran yang terpasang di setiap pelanggan itu milik PLN, maka jika mengalami kerusakan yang bukan disebabkan kesalahan pemilik rumah, maka sudah menjadi tanggung jawab PLN untuk memperbaikinya tanpa ada pungutan biaya apa pun.





Jika kamu mendapatkan pengalaman seperti ini, kamu bisa menghubungi dan melaporka kejadiannya melalui call center PLN melalui nomor telepon: 123 atau menghubungi sosial media PLN (twitter @pln_123 dan Facebook PLN 123).





Nah, Toppers, jika memang kamu harus mengganti biaya meteran listrik rusak karena kerusakan disebabkan oleh kesalahanmu, maka kamu harus mengetahui alasan-alasan yang menyebabkan meteran listrik rusak.





Dengan demikian, kamu bisa mencegah hal ini terjadi di kemudian hari.





Penyebab Meteran Rusak





 Meteran listrik atau KwH meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur daya listrik Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak dan Prosedurnya
Sumber gambar: pexels




  • Instalasi Listrik Korsleting. Hal ini bisa menjadi pemicu kerusakan meteran jika sering terjadi
  • Pemakaian alat-alat listrik yang berlebihan. Jika terlalu banyak menggunakan elektronik yang melebihi kapasitas, hal ini juga bisa membuat meteran rusak.




baca juga: cara bayar tagihan listrik online, banyak untungnya!










Sekarang, kamu sudah lebih tahu kan mengenai prosedur penggantian meteran listrik dan biayanya.





Untuk kamu yang ingin membayar tagihan listrik, sekarang kamu sudah bisa membayarnya lewat Tokopedia. Melalui Tokopedia, rrusan membayar tagihan memang jadi lebih praktis dan mudah.





Bukan hanya bayar tagihan listrik, di Tokopedia kamu juga bisa membayar berbagai tagihan lain mulai dari tagihan telepon, pulsa, angsuran atau cicilan, gas PGN, tagihan PDAM, PBB dan masih banyak lagi. Yuk, bayar tagihan lewat Tokopedia.



Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}