Home » » 9 Cara Mudah Atasi Gatal di Perut Saat Hamil

9 Cara Mudah Atasi Gatal di Perut Saat Hamil

Posted by Droid Tech Media on Thursday, July 4, 2019


Seringkali perubahan pada tubuh ibu hamil menimbulkan keluhan. Salah satunya adalah di saat perut mulai membesar, perut seringkali terasa gatal. Untuk itu, Bunda harus mengetahui langkah awal dan mudah untuk mengatasinya.










Gatal di Perut Saat Hamil – Rasa gatal yang seringkali terasa di bagian perut ibu hamil biasanya terjadi di usia kehamilan trimester ke tiga. Gatal yang berlebihan, kadang membuat Bunda tidak tahan untuk menggaruknya. Disarankan, saat perut terasa gatal jangan mencoba untuk menggaruknya dengan kuku. Cukup usap perut dengan tangan untuk meredakan rasa gatal. Jika Bunda menggaruknya dengan kuku, akan menimbulkan bekas luka, atau biasa disebut dengan stretch mark.





Sebelum mengetahui cara atasi gatal di perut saat hamil, ada baiknya Bunda mengetahui terlebih dahulu faktor atau penyebab kegatalan di perut saat hamil. Penyebab utama rasa gatal di perut ibu hamil ialah dikarenakan meningkatnya hormon kehamilan di dalam tubuh. Pada bagian perut yang gatal, bisa semakin terasa di saat memasuki masa akhir kehamilan. Hal tersebut dikarenakan kulit perut yang terus merenggang.





Rasa gatal pada perut ibu hamil memang tergolong normal. Bunda tidak perlu khawatir secara berlebihan, karena gatal tersebut akan hilang di setelah proses melahirkan.





BACA JUGA: 7 Persiapan Sebelum Melahirkan yang Perlu Bunda Tahu!





Cara Atasi Gatal di Perut Saat Hamil





1. Gunakan Pakaian yang Longgar





Menggunakan pakaian yang terlalu ketat dapat memicu gatal berlebih. Pakaian yang tergesek pada kulit perut dapat membuat iritasi kulit. Pilihlah pakaian dari bahan alami seperti katun. Sehingga keringat pun akan lebih mudah terserap di pakaian.





2. Gunakan Pakaian Dalam yang Tidak Menutupi Perut





Di saat usia kehamilan bertambah, pastinya perut Bunda semakin membesar. Seringkali ibu hamil memilih pakaian dalam yang menutupi perut. Namun, menggunakan pakaian dalam yang menutupi perut justru dapat menimbulkan gesekan dan membuat kulit menjadi semakin gatal.





Untuk itu, disarankan untuk Bunda memilih pakaian dalam yang tidak menutupi perut dan tidak terlalu ketat.





3. Pilih Sabun dengan Kandungan yang Lembut





Untuk menghindari iritasi pada kulit, sebaiknya Bunda memilih sabun yang bebas akan kandungan pewangi. Untuk atasi gatal di perut saat hamil, Bunda bisa memilih sabun dengan kandungan alami.





4. Hindari Pemakaian Parfum Pada Perut





Selama kehamilan, ada baiknya Bunda hindari penggunaan parfum di area perut. Dengan menggunakan parfum yang terkena kulit perut, dapat mengakibatkan iritasi pada kulit dan buat perut terasa gatal secara berlebihan.





BACA JUGA: Biar Nggak Mubazir, ini Dia Hadiah Yang Bermanfaat Untuk Bayi Baru Lahir





Seringkali perubahan pada tubuh ibu hamil menimbulkan keluhan 9 Cara Mudah Atasi Gatal di Perut Saat Hamil
Sumber foto: merdeka.com




5. Hindari Penggunaan Air Panas Saat Mandi





Mandi menggunakan air panas akan menyebabkan kulit menjadi kering dan justru memperparah rasa gatal. Disarankan Bunda mandi dengan air suhu normal dan dilanjutkan dengan pemakaian pelembab pada kulit, sehingga dapat meringankan rasa gatal di perut.





6. Jangan Terlalu Sering Berada di Ruangan Ber-AC





Berada seharian di ruangan ber-AC dapat menyebabkan kulit kering. Jika kulit kering, justru dapat memicu rasa gatal secara berlebihan. Disarankan, Bunda bisa menggunakan pelembab udara ruangan atau biasa disebut dengan humidifier.





7. Hindari Berlama-lama di Ruangan yang Panas





Bukan hanya ruangan ber-AC saja yang dapat menyebabkan perut gatal di saat hamil. Ruangan panas dan udara panas pun juga bisa memicu rasa gatal.





Hal ini dikarenakan saat tubuh berkeringat, akan menimbulkan rasa gatal berlebih.





8. Gunakan Pelembab





Mengatasi perut gatal saat hamil juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan pelembab pada perut. Rasa gatal biasa disebabkan karena kulit yang kering. Untuk itu, disarankan ibu hamil menggunakan pelembab untuk meredakan kering di perut.





Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan pada pelembab yang Bunda pilih. Hindari penggunaan pelembab dengan kandungan yang berbahaya untuk ibu hamil.





9. Kompres dengan Air Dingin





Jika rasa gatal sudah tak tertahankan, Bunda bisa mengompres perut dengan air dingin. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencelupkan handuk ke air dingin, lalu kompres bagian perut yang gatal.





BACA JUGA: Dukung Pertumbuhan Janin dengan 10 Merk Susu Terbaik untuk Ibu Hamil





Gatal di area perut saat hamil memang tidak menandakan adanya bahaya pada janin. Namun, hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan Bunda saat beraktivitas seharian. Untuk itu, Bunda bisa coba cara-cara atasi gatal di perut saat hamil di atas untuk meredakan rasa gatal yang berlebihan.





Tetapi, jika terjadi gelaja yang cukup serius ada baiknya Bunda segera berkonsultasi ke dokter.





Seringkali perubahan pada tubuh ibu hamil menimbulkan keluhan 9 Cara Mudah Atasi Gatal di Perut Saat Hamil
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!


Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}