Home » , » 8 Peralatan Yang Diharapkan Dalam Menciptakan Studio Rekaman, Kau Harus Tau!

8 Peralatan Yang Diharapkan Dalam Menciptakan Studio Rekaman, Kau Harus Tau!

Posted by Droid Tech Media on Wednesday, July 10, 2019

Saat ini, berkarya lewat musik mungkin telah menjadi hal yang biasa untuk kita, contohnya ibarat lagu yang sudah dipopulerkan oleh beberapa penyanyi terkenal. Mungkin ada juga beberapa diantara kita yang ingin menciptakan lagu sendiri, tetapi harus membutuhkan sebuah studio yang sanggup medukung pembuatan lagu yang akan kita buat nantinya.


Dengan berbekal sebuah ruangan kosong yang sudah diberi peredam dan alat rekaman, namun hal itu terasa belum lengkap jikalau tidak ada alat yang sanggup mendukung perekaman lagu kita sendiri. Lalu apa saja alat yang diperlukan dalam menciptakan studio rekaman sendiri? Nah, berikut ini yaitu alat yang dubutuhkan untuk menciptakan studio rekaman.


 


Daftar Peralatan yang Dibutuhkan Dalam Membuat Studio Rekaman


1. Mikrofon


Mikrofon memang menjadi alat utama yang dipakai untuk perekaman. Semua studio rekaman niscaya selalu membutuhkan sebuah mikrofon untuk perekaman lagu mereka. Fungsi dari mikrofon sendiri yaitu sebagai alat atau komponen audio yang dipakai untuk merekam sinyal audio, baik itu vokal, instrument akustik, dan sebagainyayang menjadi sumber suara.


 


2. Kabel XLR


Selanjutnya yaitu Kabel XLR yang berfungsi untuk menghubungkan microphone ke Audio Interface serta untuk studio monitor. Kabel XLR ini biasanya tersedia dikala anda membeli sebuah microphone, tetapi anda juga sanggup mebelinya secara terpisah.


 


3. Audio Interface


Audio Interface merupakan salah satu alat studio rekaman yang dipakai untuk menghubungkan komputer dengan alat musik ke komputer. Audio Interface ini sanggup berupa soundcard, amplifier, kabel konektor, dan yang lainnya.


 


4. Komputer


Komputer juga menjadi alat utama yang dipakai untuk perekeman sebuah lagu. Setiap studio rekaman niscaya memerlukan komputer, alasannya komputer akan mendapatkan musik atau bunyi yang kita rekam dan kemudian musik atau bunyi tersebut akan melewati tahap mixing dan mastering lewat software perekaman.


 


5. DAW (Digital Audio Workspace)


DAW meruapakan sebuah software yang sanggup anda gunakan merekam, mixing, mengedit dan mastering beberapa track yang telah anda rekam untuk menjadi sebuah lagu yang utuh. Salah satu software DAW yang sanggup anda gunakan yaitu Fruity Loops.


 


6. Mic Stand


Peralatan yang satu ini niscaya sudah anda ketahui, ya mic stand. Saat proses perekaman niscaya anda mustahil selalu memegang mikrofon terus menerus, anda sanggup memakai mic stand yang sanggup membantu anda supaya tidak selalu memegang mikrofon dikala sedang perekaman. Tidak semua mic stand itu sama, semua jenis mic stand tergantung dari kualitas materialnya. Jika material dari mic stand bagus, maka mic stand sanggup bertahan usang atau awet.


 


7. Speaker atau Studio Monitor


Speaker dipakai untuk mendengarkan hasil selesai dari lagu sehabis proses mixing and mastering selesai. Untuk ukuran dari speaker tergantung pada selera anda, sanggup speaker yang berukuran besar atau speaker yang berukuran kecil.


 


8. Headphone


Peralatan studio rekaman yang terakhir yaitu Headphone. Headphone berfungsi untuk mendengarkan bunyi berupa ketukan tempo atau nada. Biasanya headphone dipakai oleh pembuat lagu itu sendiri dan pengisi suara.


 


Demikian ulasan mengenai peralatan yang diperlukan dalam menciptakan studio rekaman. Silakan lengkapi peralatan studio rekaman anda ibarat yang sudah dijelaskan diatas ya. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar bawah yang sudah disediakan. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk kita semua.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}