Home » , » 10 Tips Diet Pasca Melahirkan untuk Bunda

10 Tips Diet Pasca Melahirkan untuk Bunda

Posted by Droid Tech Media on Sunday, July 14, 2019


Memiliki tubuh yang ideal merupakan keinginan bagi sebagian besar wanita. Terutama sehabis melahirkan, banyak dari para Bunda ingin mengembalikan berat badan semula seperti sebelum masa kehamilan. Untuk itu, yuk simak tips diet pasca melahirkan!










Tips Diet Pasca Melahirkan – Kondisi badan setelah melahirkan sering menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para Bunda. Menginginkan tubuh yang kembali ramping sering menjadi impian bagi sebagian besar wanita setelah proses persalinan. Berat badan yang membengkak akibat masa kehamilan terkadang buat Bunda putus asa untuk mengembalikannya ke berat badan semula.





Wajar jika ingin menurunkan berat badan ke semula, namun Bunda harus lakukannya dengan cara yang tepat dan tetap memperhatikan kesehatan tubuh dan juga si kecil. Melakukan cara diet yang tidak tepat bisa membahayakan peluang menyusui bayi dan juga komplikasi pada kesehatan Bunda. Disarankan untuk Bunda melakukan diet pasca melahirkan dengan cara yang aman dan alami.





Untuk itu, yuk simak tips diet setelah melahirkan yang aman agar tidak berisiko mengganggu kesehatan Bunda dan juga si kecil!





BACA JUGA: 10 Rekomendasi Celana Hamil Super Nyaman, Bebas Gerak dan Anti Begah





Tips Diet Pasca Melahirkan





1. Makan Makanan Secara Normal





Banyak yang beranggapan bahwa menurunkan berat badan bisa diatasi dengan mengurangi asupan makanan. Namun sayangnya cara tersebut justru dapat berikan hasil yang sebaliknya. Ketika Bunda baru saja menjadi seorang Ibu, pastinya banyak tekanan yang dihadapi, hingga stress. Kekhawatiran berlebih juga bisa membuat pola makan tidak benar dan terkadang justru bertambah, itu lah yang membuat berat badan Bunda jadi bertambah.





Setiap harinya, pastikan Bunda mengkonsumsi makanan yang sehat dan memiliki kandungan yang seimbang, bukan mengurangi makanan yang dikonsumsi. Bunda bisa mengkonsumsi berbagai jenis ikan, sayuran dan buah-buahan.





2. Memperkecil Porsi Makanan





Menurunkan berat badan pasca melahirkan bisa dilakukan dengan memperkecil porsi makanan. Bunda bisa makan dengan porsi yang kecil namun secara berulang kali.





Dibandingkan dengan makan porsi besar dalam waktu 3 kali sehari, justru bisa merusak diet Bunda. Disarankan Bunda makan 6 kali sehari dengan porsi yang kecil, sehingga tidak mudah merasa kelaparan.





3. Konsumsi Makanan Rendah Kalori





Ketika menjadi seorang Ibu, pastinya membutuhkan nutrisi yang banyak agar menghasilkan ASI yang berkualitas. Dibandingkan Bunda menyantap makanan mengenyangkan namun tidak memberikan efek baik pada tubuh, sebaiknya Bunda lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi.





Bunda bisa memilih makanan yang mengandung asam lemak omega 3, serat, dan protein. Kandungan tersebut bisa Bunda temukan pada tuna, salmon, sarden, ayam, telur, daging tanpa lemak, kacang polong, gandum utuh dan yogurt. Sebaiknya, Bunda kurangi makanan yang tinggi kalori. Dengan memilih asupan makanan yang rendah kalori akan membantu mempercepat penurunan berat badan pasca melahirkan.





4. Lakukan Olahraga Secara Teratur





Penting bagi Bunda menyempatkan diri untuk berolahraga secara rutin. Fokuslah pada latihan fisik yang mudah dan dasar, sehingga Bunda tidak merasa kelelahan. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Bunda lakukan diantaranya berenang, jogging, aerobik, yoga, dan lainnya.





Tidak perlu waktu yang lama, cukup 40-60 menit setiap hari bisa menjaga kebugaran tubuh dan mendorong Bunda untuk wujudkan tubuh yang ideal.





5. Hindari Dehidrasi





Sebaiknya, pastikan Bunda minum 8 sampai 10 gelas air setiap harinya. Manfaat air bagi tubuh sangat beragam, salah satunya dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, dengan rutin meminum air juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga efektif dalam mengatur berat badan Bunda.





Bunda juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi cairan lainnya yang dapat memberikan nutrisi pada tubuh. Seperti smoothies, milkshake, sup, jus, dan lain-lain.





BACA jUGA: Kapan Waktu Tepat Berikan Makanan Pendamping ASI untuk Buah Hati?





6. Tidur yang Cukup





Memiliki waktu jam tidur yang sama seperti sebelum masa kehamilan terasa tidak mungkin bagi Bunda yang baru saja selesai dari proses persalinan. Pastinya, bayi akan sering merasa haus dan lapar serta Bunda pun juga harus berkali-kali mengganti popok.





Hal ini jadi salah satu faktor utama kurangnya waktu tidur yang cukup. Tidur yang kurang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Serta memperlambat terjadinya proses penurunan berat badan. Bunda bisa mencari celah sendiri untuk mengetahui kapan Bunda bisa beristirahat dengan cukup, contohnya di saat anak sedang tidur siang.





7. Latihan dengan Memanfaatkan Berat Badan Bayi





Cara satu ini bisa dikatakan sebagai cara unik yang bisa Bunda lakukan untuk memaksimalkan penurunan berat badan pasca melahirkan. Jika Bunda tidak punya waktu banyak untuk pergi ke gym, bayi bisa jadi pengganti untuk Bunda latihan fisik.





Caranya mudah, Bunda pegang bayi dengan erat dan kuat dan peluk ke dada. Setelah itu, bisa lakukan beberapa gerakan latihan yang ringan seperti lunge setiap harinya. Seperti contohnya setelah Bunda selesai menggantikan popok atau setelah memandikan anak. Namun, Bunda juga tetap harus mempertimbangkan saran dokter. Apakah cara ini baik dilakukan atau tidak.





8. Perhatikan Camilan Bunda





Lapar di sela-sela aktivitas pastinya sering terjadi. Sebagai seorang Ibu yang menyusui, pastinya sering merasa lapar di waktu-waktu tertentu.





Agar berat badan tidak naik secara drastis, Bunda bisa memilih secara teliti camilan yang tepat untuk berat badan yang tetap stabil. Saat sedang lapar, Bunda bisa makan makanan sehat dan lezat sebagai menu camilan sehari-hari. Seperti buah, yoghurt, kacang, ubi, dan lain-lain.





9. Hindari Stress Berlebih





Bukan hanya berdampak pada kesehatan tubuh, stress juga bisa berdampak pada kenaikan berat badan yang tidak normal. Menjadi seorang ibu pun pastinya memiliki tekanan tersendiri, sehingga rawan stress.





Untuk menghindari rasa stress, Bunda bisa luangkan waktu untuk meditasi atau melakukan hal-hal yang menyenangkan. Seperti memberikan penghargaan terhadap diri sendiri karena berhasil menjalani proses persalinan yang melelahkan. Contohnya Bunda bisa melakukan me time seperti pergi ke salon kecantikan untuk memanjakan diri.





10. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan





Isi lah waktu luang Bunda dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Selain menghindarkan stress, juga dapat menghambat terjadinya kenaikan berat badan yang berlebihan.





Bunda bisa isi waktu luang dengan bernyanyi, menonton film, menari, atau bahkan berolahraga. Cari lah kegiatan menyenangkan yang bisa sekaligus dapat membakar kalori Bunda, seperti yoga, jalan-jalan sore, atau menari.





BACA JUGA: 5 Tips Memilih Bantal Tidur yang Tepat untuk Bayi





Sudah tahu kan apa saja tips diet setelah melahirkan? Jangan lupa untuk selalu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri dalam menjalani diet. Jangan memaksakan diri karena justru bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh Bunda.





Memiliki tubuh yang ideal merupakan keinginan bagi sebagian besar wanita 10 Tips Diet Pasca Melahirkan untuk Bunda
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!


Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}