Home » » 10 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Posted by Droid Tech Media on Thursday, July 4, 2019

teh-kayu-manis-doktersehat

DokterSehat.Com – Mungkin Anda baru pertama kali mendengar teh dari kayu manis dibandingkan teh dari herbal lain dan juga daun teh itu sendiri. Selama ini kayu manis lebih dikenal untuk bumbu masakan atau untuk membuat kue. Padahal kulit kayu yang memiliki aroma khas ini juga memiliki segudang manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat teh kayu manis untuk kesehatan tubuh

Kayu manis yang selama ini digunakan untuk membuat makanan dan minuman ternyata mengandung komponen yang baik untuk kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi teh kayu manis atau rebusannya akan membuat Anda lebih sehat. Berikut manfaat dari teh kayu manis selengkapnya.

  1. Mengandung banyak antioksidan

Mengonsumsi rebusan air dengan kayu manis bisa membuat daya tahan tubuh jadi meningkat. Kayu manis mengandung cukup banyak polifenol yang selama ini dikenal sebagai salah satu antioksidan yang sangat kuat dan bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah seperti mencegah sakit ringan seperti pilek atau demam.

Selanjutnya, dengan rutin mengonsumsi teh dari kayu manis, Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti meningkatkan kapasitas dari total antioksidan yang bisa dimiliki oleh tubuh. Kalau kapasitasnya meningkat, radikal bebas yang bisa diatasi akan lebih banyak sehingga kesehatan tubuh akan terus terjaga.

  1. Membantu menurunkan gula darah

Manfaat dari kayu manis yang sangat kuat adalah membantu tubuh untuk menurunkan kadar gula darah. Begitu mengonsumsi teh kayu manis, tubuh akan berusaha menggunakan gula darah di dalam pembuluh. Selanjutnya, efektivitas dari insulin juga ditingkatkan dan mencegah terjadinya resistensi.

Kayu manis kalau dimasukkan ke dalam tubuh dalam bentuk ekstrak juga menurunkan kecepatan tubuh membakar karbohidrat. Dampaknya gula darah di dalam tubuh tidak akan mengalami peningkatan dengan cepat. Hal ini mencegah munculnya tanda dan gejala diabetes.

  1. Menurunkan risiko inflamasi dan meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu pemicu masalah di tubuh yang menyebabkan gangguan lebih besar adalah inflamasi. Kalau tubuh mengalami inflamasi di beberapa organ, kemungkinan besar, organ tidak akan bisa berjalan dengan sempurna. Bahkan, kalau dibiarkan bisa saja mengalami kerusakan.

Dengan rutin mengonsumsi teh dari kayu manis, inflamasi di tubuh khususnya di jantung tidak akan terjadi. Masalah di pembuluh darah seperti kolesterol yang tinggi dan menyebabkan penyumbatan tidak akan terjadi. Pembuluh darah dan sistem kardiovaskular secara umum lebih sehat.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Teh kayu manis juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Rutin mengonsumsi teh ini akan membuat Anda menjadi lebih sehat dan lingkar pinggang mengalami penurunan. Dari penelitian yang dilakukan, ekstrak dari kayu manis bisa membantu menurunkan lemak hingga 0,7% dari total berat badan dan meningkatkan massa otot hingga 1,1%.

Meski bermanfaat dan bisa digunakan untuk membantu penurunan berat badan, kayu manis tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan. Kalau Anda melakukannya, kemungkinan besar akan terjadi beberapa masalah seperti perdarahan di tubuh dan menyebabkan masalah pada hati.

  1. Memberantas bakteri dan jamur

Mengonsumsi teh akan membuat Anda mendapatkan komponen anti bakteri dan juga jamur. Komponen ini bermanfaat untuk mengatasi masalah jamur dan bakteri di dalam tubuh sehingga Anda jadi jarang sakit.

Lebih lanjut, kalau Anda memiliki masalah dengan kesehatan mulut, teh kayu manis bisa digunakan. Bau mulut bisa dihilangkan dan kemungkinan Anda mengalami karang gigi jadi rendah.

  1. Mencegah penuaan kulit dan mencegah jerawat

Karena memiliki komponen anti bakteri, kayu manis bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat akibat bakteri di wajah. Jumlah jerawat bisa menurun dengan sendirinya. Selanjutnya ada komponen lain yang mempromosikan elastisitas dari kulit di wajah sehingga penuaan dini tidak terjadi.

  1. Mengurangi kram dan nyeri saat PMS

Rutin mengonsumsi teh kayu manis bisa mengatasi masalah PMS. Nyeri yang sering muncul saat PMS bisa diatasi dengan baik termasuk menurunkan jumlah perdarahan di tubuh yang berlebihan. Anda bisa mengonsumsi teh secara rutin atau menggunakan ekstraknya saja.

  1. Ada komponen anti kanker

Dari test-tube yang dilakukan, ditemukan fakta kalau ekstrak dari kayu manis bisa digunakan untuk mengatasi masalah kanker. Beberapa sel kanker bisa dibunuh oleh bahan antioksidan yang ada di dalam kayu manis khususnya kanker di kulit.

Oleh karena itu Anda disarankan untuk minum secara rutin. Tidak perlu setiap hari, tapi gunakan kayu manis di beberapa keperluan seperti memasak makanan atau membuat minuman.

  1. Menjaga fungsi otak

Dari test-tube yang dilakukan pada percobaan hewan, didapatkan hasil kalau ekstrak dari kayu manis bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah di otak. Pertama, sel otak akan terjaga sehingga kondisi Alzheimer tidak akan terjadi. Selanjutnya, fungsi motorik juga akan dipertahankan dan penyakit Parkinson dicegah.

  1. Kemungkinan membantu penderita HIV

Meski belum ada percobaan langsung pada manusia dan baru melakukan test-tube, ekstrak dari kayu manis bisa mengatasi beberapa strain virus HIV. Dengan kemampuan ini, kemungkinan ada manfaat dari kayu manis kalau dikonsumsi secara rutin oleh mereka yang menderita HIV.

Oh ya, karena percobaan pada manusia belum pernah dilakukan, seorang penderita HIV disarankan untuk bertanya pada dokter. Kalau dokter mengatakan tidak masalah dan bisa dikonsumsi, kayu manis bisa diolah menjadi teh dan diminum rutin setiap hari berdampingan dengan air putih.

Inilah beberapa manfaat dari teh kayu manis yang bisa kamu dapatkan kalau mengonsumsinya secara rutin. Anda bisa mengonsumsi teh ini saat pagi hari atau kapan saja. Buat teh dalam jumlah banyak lalu masukkan ke dalam lemari es agar lebih dingin dan segar. Teh bisa dicampur gula asal tidak berlebihan.

 


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}