Home » , » Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Jenis Komunikasi Berdasarkan Para Ahli, Kau Harus Tahu!

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Jenis Komunikasi Berdasarkan Para Ahli, Kau Harus Tahu!

Posted by Droid Tech Media on Sunday, June 16, 2019

Dalam lingkungan masyarakat, tentunya kita tidak sanggup terlepas dari yang namanya bersosialisasi maupun berkomunikasi antar masyarakat. Komunikasi tersebut dilakukan untuk memperlihatkan isu kepada lawan bicara. Tanpa adanya komunikasi, maka akan sangat sulit untuk insan saling mengenal satu sama lainnya untuk saling bersosialisasi.


Bahkan apabila dihubungkan antara komunikasi dengan religi, tentunya semua agama mengatur tata cara mengatur berkomunikasi dengan baik dan benar kepada sesama manusia. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kita mempelajari mengenai ilmu komunikasi. Lalu apa itu komunikasi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.


 


Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Jenis Komunikasi Menurut Para Ahli Lengkap


A. Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli


Soewarno Handaya Ningrat (1980), komunikasi merupakan relasi atau interaksi yang dilakukan oleh sesama insan biar sanggup saling pengertian.


Hani Handoko (1986), komunikasi yakni suatu proses pemindahan isu atau pengertian berbentuk gagasan kepada orang lain dari seseorang. Perpindahan pengertian ini tidak hanya melibatkan kata-kata, tapi juga intonasi, ekspresi wajah, dan lain sebagainya biar proses pertukaran isu tersebut berhasil.


Sukanto Reksodiprojo (1986), komunikasi yakni suatu upaya yang dilakukan guna untuk menginterprestasikan suatu pendapat yang sesuai dengan apa yang dikehendaki terhadap orang lain dan sebaliknya dengan sebuah impian sanggup memperoleh titik kesamaan guna untuk saling mengerti diantara satu sama lain.


 


B. Tujuan Komunikasi


Komunikasi bertujuan supaya setiap orang memahami apa yang diinginkan orang lain, menjelaskan pesan atau isu sejelas mungkin dan serinci mungkin, supaya sanggup dipahami serta diterima oleh orang lain dan juga menggerakkan orang lain supaya mau melaksanakan sesuatu dengan keinginan. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini merupakan fungsi dari komunikasi yang wajib kau ketahui.


 


C. Fungsi Komunikasi


#1. Sebagai Motivasi


Fungsi komunikasi yang pertama yaitu sebaagai motivasi, alasannya yakni pada umumnya seorang motivator sanggup memperlihatkan motivasi kepada pendengar atau lawan bicaranya. Misalnya saja teman kau sedang mempunyai masalah, maka dengan dikomunikasikan dengan baik kita sebagai lawan bicaranya sanggup memperlihatkan saran dari duduk kasus tersebut. Nah maka disinilah komunikasi berperan.


 


#2. Sebagai Kendali


Fungsi komunikasi yang selanjutnya yaitu untuk mengendalikan sikap anggota atau orang lain. Dengan adanya komunikasi, maka kau sanggup memperlihatkan isyarat kepada orang lain atau lawan bicara kau untuk mengikuti keinginan atau impian kamu.


 


#3. Sebagai Informasi


Fungsi komunikasi yang terakhir yaitu untuk memperlihatkan isu kepada kelompok ataupun inidvidu. Hal tersebut tentunya sanggup membantu orang lain untuk mengambil keputusan sesuai dengan isu yang telah diperoleh.


Setelah kita memahami menganai penertian, tujuan , dan fungsi komunikasi, tentunya kau juga harus memahami beberapa jenias komunikasi dengan baik. Jika dilihat dari penyampaiannya, jenis komuniaksi dibedakan menajdi dua yaitu tertulis dan lisan. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasannya berikut ini.


 


D. Jenis Komunikasi


#1. Tertulis


Komunikasi tertulis yakni sebuah komunikasi melalui media surat. Namun dijaman yang serba digital ibarat kini ini, peranan surat sudah tergantikan melalui media chat ibarat WhatsApp, Line, BBM, dan lain sebagainya. Tulisan dalam bentuk naskah, majalah, koran, spanduk, brosur, dan lain sebagainya juga termasuk dalam jenis komunikasi tertulis.


 


#2. Lisan


Komuniaksi secara mulut yakni sebuah komuniaksi verbal yang dilakukan baik secara pribadi maupun tidak langsung. Komunikasi secara pribadi contohnya pada dikala wawancara, rapat, ngobrol dan lain sebagainya. Sedangkan komunikasi mulut secara tidak pribadi yaitu ibarat pada dikala kita menelpon dengan orang lain.


Perlu kita ketahui bahwa komunikasi sangatlah diharapkan dalam kegiatan bisnis. Pengertian komunikasi bisnis tentu saja sangat berkaitan bersahabat dengan acara berbisnis. Dimana komunikasi bisnis akan melibatkan prosuden, distributor, dan konsumen. Tanpa adanya komunikasi terlebih dahulu, maka antara produsen dan agen akan mengalami kesulitan untuk mengetahui kebutuhan ataupun seruan konsumen.


Dalam proses terjadinya komunikasi, terdapat beberapa unsur yang harus dipenuhi yaitu komunikator sebagai sumber atau pemberi pesan dan informasi, kemudian pesan atau isu tersebut, dan komunikan sebagai akseptor pesan atau informasi. Setelah terjadinya komunikasi atau pembicaraan, maka barulah ada Feedback atau umpan balik berupa respon dari akseptor pesan ke pemberi pesan.


 


Demikianlah isu yang sanggup mastekno berikan mengenai pengertian tujuan fungsi dan jenis komunikasi lengkap berdasarkan para hebat yang perlu kau ketahui. Semoga isu ini sanggup bermanfaat untuk kau serta menambah wawasan kamu. Terima kasih.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}