Home » » Kapan Waktu Tepat Berikan Makanan Pendamping ASI untuk Buah Hati?

Kapan Waktu Tepat Berikan Makanan Pendamping ASI untuk Buah Hati?

Posted by Droid Tech Media on Saturday, June 29, 2019


Tahukah Bunda jika memberikan Makanan Pendamping ASI atau lebih dikenal dengan MPASI harus di waktu yang tepat sesuai dengan kesiapan si buah hati? Selain menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi pada anak, memberikan makanan pendamping ASI pun dapat disesuaikan dengan usia anak. Pemilihan jenis makanan pun juga perlu diperhatikan demi melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil.










Waktu yang tepat berikan MPASI – Memberikan makanan pendamping ASI memang dibutuhkan demi melengkapi kebutuhan nutrisi bayi. MP-ASI dapat berupa buah, bubur, dan makanan lembut lainnya. Namun sebenarnya, kapan kah waktu paling tepat memberikan MPASI untuk sang buah hati?





Banyak dari para orang tua memberikan makanan pendamping ASI saat anak menginjak usia 4 bulan. Namun, disarankan untuk memberikan MPASI di saat anak sudah memasuki usia 6 bulan. Mengapa demikian? Saat anak sudah berusia enam bulan, saluran cerna pada bayi sudah dianggap siap untuk menerima makanan selain ASI. Selain itu, saat bayi menginjak usia 4-6 bulan, kemampuan oromotor bayi sudah berkembang, yaitu kemampuan yang berhubungan dengan mulut saat makan. Bayi dikatakan dapat melakukan proses makan secara baik, yaitu di saat kepalanya sudah bisa tegak dan pada saat didudukkan dadanya pun juga sudah bisa tegak.





Mengapa MPASI dibutuhkan? Karena nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi bukan hanya semata-mata dari ASI saja, melainkan anak pun juga memerlukan kandungan protein, karbohidrat dan lain sebagainya yang bisa didapatkan dari makanan. Kebutuhan akan asupan makanan yang memiliki protein, vitamin, zat besi, karbohidrat, dan zat baik lainnya bisa didapatkan dari bahan makanan seperti buah, sayuran hijau, nasi, ayam, telur, hati ayam, dan lainnya. Ada baiknya, Bunda merebus terlebih dahulu makanan MPASI sebelum diberikan kepada bayi.





BACA JUGA: Dukung Pertumbuhan Anak dengan 12 Vitamin Penambah Nafsu Makan Terbaik





Nah, ada juga beberapa tanda yang menandakan bahwa bayi sudah siap diberikan makanan pendamping ASI. Berikut adalah penjelasannya:





Ciri-ciri Bayi yang Sudah Siap Diberikan MPASI





  • Di saat bayi sudah bisa meraih makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Dikarenakan bayi sudah memiliki koordinasi pada mata, mulut, dan juga tangannya.
  • Bayi sudah dapat duduk sendiri tanpa bantuan, dengan kepala yang sudah dapat tegak dan tersangga oleh tubuh secara sempurna.
  • Bayi sudah mulai tertarik dengan makanan yang Bunda makan.
  • Sudah dapat menelan makanan. Karena jika bayi belum bisa menelan dengan baik, bayi akan mengeluarkan kembali makanan yang sudah masuk ke mulut.




Untuk membiasakan diri dengan MPASI, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan kepada bayi. Berikut adalah beberapa cara untuk membiasakan bayi dengan MPASI:





Tahukah Bunda jika memberikan Makanan Pendamping ASI atau lebih dikenal dengan  Kapan Waktu Tepat Berikan Makanan Pendamping ASI untuk Buah Hati?




Cara Membiasakan Bayi dengan MPASI





  • Bunda bisa mengajak si kecil makan bersama di meja makan, agar dia terbiasa melihat cara makan yang benar mengikuti orang dewasa.
  • Berikan porsi dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu saat awal memberikan MPASI. Bunda bisa memberikan dalam takaran sendok teh terlebih dahulu. Cobalah menu yang berbeda disetiap harinya.
  • Bunda juga perlu memahami bahwa bayi perlu waktu untuk menyesuaikan dengan makanan pendamping ASI. Jangan memaksakan bayi untuk memakan suatu hal, justru bisa buat dia tidak mau makan.
  • Biarkan bayi menyuapkan makanan sendiri ke mulutnya. Jika dia ingin, biarkanlah dia memegang sendoknya sendiri. Hal ini juga mempercepat dirinya belajar untuk makan sendiri dan menyesuaikan porsi yang diinginkan.
  • Dalam menu makanan pendamping ASI, hindarilah menyedap rasa. Hindari penggunaan MSG, gula dan juga garam pada MPASI. Jika diberikan, akan memberikan resiko pada pertumbuhan bayi.
  • Buatlah suasana saat makan menjadi menyenangkan. Sehingga bayi pun senang saat diberikan makanan dan juga tidak menolak saat waktu makan telah tiba.
  • Perhatikan juga peralatan makan yang digunakan. Pastikan aman dan nyaman unyuk digunakan si kecil. Bunda juga bisa menggunakan celemek bayi unyuk mengindarkan baju bayi kotor akibat makanan yang tumpah dari sendok.




BACA JUGA: 5 Brand Pompa ASI Terbaik untuk Referensi Bunda





Terbentuknya pola makan anak bisa bermula dari masa-masa dia mengonsumsi makanan di usia dini pertumbuhan. Untuk itu, bunda disarankan untuk memberikan berbagai jenis makanan yang sehat dan alami. Terutama makanan yang mengandung banyak sayur mayur dan juga buah. Hal ini juga dapat bermanfaat bagi pertumbuhan anak dan kecukupannya dalam mendapatkan nutrisi yang baik, serta membuat anak juga terbiasa makan sayur dan buah.





Selain itu, dalam memberikan MPASI pada bayi bisa dikelompokkan berdasarkan usia bayi. Sehingga nutrisi yang diberikan pun sesuai dan juga maksimal. Berikut adalah penjelasannya:





Tahukah Bunda jika memberikan Makanan Pendamping ASI atau lebih dikenal dengan  Kapan Waktu Tepat Berikan Makanan Pendamping ASI untuk Buah Hati?




Panduan Memberikan MPASI Berdasarkan Usia Anak





  • MPASI untuk Bayi Berusia 6 Bulan




Dalam usia ini, bunda bisa memberikan makanan yang bertekstur lembut. Anda bisa memberikan sayur dan buah yang sudah dihaluskan. Seperti buah apel, pisang, alpukat, melon, dan kentang. Jika bayi sudah terbiasa dengan makanan sayur dan buah, bunda bisa memberikan jenis makanan lainnya seperti daging ayam, roti, telur dan ikan yang tentunya juga dihaluskan.





  • MPASI untuk Bayi Berusia 8-9 Bulan




Tentunya, pada fase ini bunda tetap harus memberikan MPASI dengan tekstur makanan yang lembut. Namun perbedaannya, di usia ini bayi sudah terbiasa untuk makan 3x sehari. Selain makanan halus, Anda juga bisa memberikan jenis makanan lain yang tentunya dapat melatih si kecil untuk mengunyah secara bertahap. Bunda bisa memberikan makanan yang lebih padat dan dipotong sesuai dengan ukuran jari orang dewasa, biasa disebut dengan finger food. Bunda bisa menggunakan wortel, kentang, dan buncis untuk dijadikan sebagai finger food.





  • MPASI untuk Bayi Berusia 12 Bulan




Jika bayi sudah mencapai usia 1 tahun, bunda bisa mulai memberikan makanan yang lebih bervariasi. Contohnya, Anda bisa memberikan 3-4 porsi nasi, kentang atau roti, 3-4 porsi sayur dan juga buah, dan 2 porsi ikan, daging, dan telur. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, akan membuat asupan gizi pada bayi jadi lebih lengkap.





BACA JUGA: Penuhi Nutrisi si Kecil dengan 12 Merk Susu Bayi Terbaik dan Favorit Para Bunda





Memberikan MPASI memang tergolong sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Dengan memberikan MPASI secara tepat juga dapat mencegah Salmonelosis yaitu kuman yang dapat menyebabkan penyakit typus. Juga, yang terpenting Bunda harus mengetahui waktu tepat berikan MPASI untuk bayi agar pertumbuhan si kecil berjalan dengan lancar.





Tahukah Bunda jika memberikan Makanan Pendamping ASI atau lebih dikenal dengan  Kapan Waktu Tepat Berikan Makanan Pendamping ASI untuk Buah Hati?
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!


Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}