Home » » Inilah Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon

Inilah Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon

Posted by Droid Tech Media on Tuesday, June 18, 2019


Objek Wisata Sejarah Kota Cirebon – Kota Cirebon memiliki nilai sejarah yang sangat kuat sampai saat ini. Dan pastinya terdapat Destinasi Wisata Sejarah Kota Cirebon. Cirebon berasal dari kata ‘Rebon’ yang berarti udang. Karena dulu, Kota Cirebon terkenal akan penghasil udang karena letaknya yang strategis di pinggir laut. Cirebon juga dijadikan pelabuhan sebagai tempat berlabuhnya kapal asing yang ingin melakukan aktifitas perdagangan dengan masyarakat sekitar.  





Menurut sejarah, Cirebon berawal dari Sebuah Kerajaan. Oleh karena itu, jika Toppers berwisata ke Kota Cirebon, maka kamu akan dapat melihat nilai dan bekas bangunan kerajaan bersejarah yang masih dirawat hingga saat ini. Ada 2 Destinasi Wisata Sejarah Kota Cirebon Yang Wajib kamu kunjungi:





Baca juga: 8 Destinasi Ziarah Kubur Bulan Ramadan Populer





Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon





1. Destinasi Wisata Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon.





 Kota Cirebon memiliki nilai sejarah yang sangat kuat sampai saat ini Inilah Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon
Sumber Foto : kebudayaan.kemdikbud.go.id




Keraton Kasepuhan Cirebon didirikan oleh Pangeran Mas Zainul Arifin pada tahun 1529 M. Di keraton ini Toppers dapat merasakan suasana sejarah yang sangat kental. Toppers juga dapat merasakan akulturasi dari berbagai budaya di Keraton ini, seperti budaya dari Jawa, Sunda, Bali, Tiongkok, Arab, India hingga Eropa.





Contoh jika Toppers memasuki wilayah Siti Inggil, Toppers bisa melihat dua gapura yang bergaya khas kerajaan majapahit. Di tembok bagian utara komplek Siti Inggil, Toppers bisa melihat piring dan porslen yang berasal dari Eropa dan Cina. Hmm.. Sangat unik bukan tempat wisata Kota Cirebon satu ini?





 Kota Cirebon memiliki nilai sejarah yang sangat kuat sampai saat ini Inilah Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon
Sumber Foto : anindhitasariheryanto.blogspot.co.id




Bagi Toppers yang mau ke Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon satu ini, Keraton Kasepuhan Cirebon beralamat di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Toppers bisa ke Kota Cirebon dengan beli tiket kereta api online di Tokopedia. Keraton Kasepuhan Cirebon hanya 30 menit dari Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon lho!





2. Destinasi Wisata Sejarah Keraton Kanoman Cirebon.





 Kota Cirebon memiliki nilai sejarah yang sangat kuat sampai saat ini Inilah Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon
Sumber Foto : m.tempo.co




Wisata Sejarah Kota Cirebon selanjutnya adalah ke Keraton Kanoman. Pada awalnya, Keraton Kanoman Cirebon didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya pada tahun 1678 M. Kesan pertama yang akan Toppers rasakan pertama kali masuk ke komplek ini adalah kuatnya nilai – nilai seni budaya dan sejarah yang terlihat di bentuk bangunannya. Seperti di Keraton Kasepuhan Cirebon, terdapat piring – piring asli Tiongkok di dinding – dinding Komplek Keraton Kanoman Cirebon.





Dari Wisata Kota Cirebon satu ini, Toppers juga bisa masuk ke dalam museum di dalam Komplek Keraton Kanoman Cirebon yang berisi benda peninggalan warisan Kesultanan Cirebon, seperti Kereta Kencana Paksi Naga Liman dan Jempana yang masih terawat dan tersimpan baik di Museum. 





 Kota Cirebon memiliki nilai sejarah yang sangat kuat sampai saat ini Inilah Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon
Sumber Foto : disbudparporakabcirebon.blogspot.co.id




Toppers yang penasaran ke Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon ini, Ketaron Kanoman Cirebon berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk, tepatnya berada dibelakang pasar Kanoman. Dari Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon hanya sekitar 10 menit jika menggunakan angkot atau ojek. Bagi Toppers yang berada di luar Cirebon dan ingin wisata ke kota cirebon, kamu bisa pesan tiket online kereta api ke Cirebon dengan mudah dan nyaman di Tokopedia!





Bagaimana Toppers? Menarik bukan untuk mengunjungi tempat bersejarah di Cirebon? Pasti menarik! Jangan lupa, di Kota Cirebon, selain kamu bisa berwisata sejarah, kamu juga wajib menyicipi Nasi Jamblang Khas Cirebon. Rencanakan liburan kamu ke Kota Cirebon dari sekarang bersama Tokopedia Tiket, Beli Tiket Online Mudah dan Nyaman!



Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}