Home » , » Daftar Urutan Tingkatan Android Dari Versi Awal Hingga Ketika Ini, Kau Harus Tahu!

Daftar Urutan Tingkatan Android Dari Versi Awal Hingga Ketika Ini, Kau Harus Tahu!

Posted by Droid Tech Media on Saturday, June 1, 2019

Zaman sekarang, siapa sih yang nggak kenal dengan Android? Saya yakin hampir setiap orang mengenalnya, bahkan kau sendiri pakai smartphone berbasis android bukan? Ya, tentu saja, android bahkan sudah menjadi produk ponsel paling laris di Indonesia, dan tentu saja hal tersebut dikarenakan harganya yang terjangkau dengan pilihan model serta brand yang bermacam-macam sehingga banyak sekali pilihannya.


Nah, kalau berbicara ihwal android, tahukah kau bahwa semenjak tahun 2008, Android terus melaksanakan pembaharuan mulai dari penambahan fitur baru, peningkatan kinerja sistem operasi, perbaikan bug/error dan masih banyak lagi. Bahkan hingga ketika ini, Android telah merilis beberapa versi loh. Lantas, kalian tau nggak sih kalau ternyata OS hasil rancangan raksasa Google ini sering mengambil nama masakan atau cemilan pada tiap versi tersebut?


 


Urutan Tingkatan Android dari Versi Awal Sampai yang Terbaru Saat Ini


Sebenarnya sih bukan sembarang makanan, tapi lebih ke masakan yang sifatnya cantik gitu. Loh kenapa? Alasannya sederhana kok, yaitu lantaran mereka hanya ingin sistem operasinya tersebut mempunyai kesan cantik menyerupai nama yang diberikan. Selain itu, pemberian nama tersebut juga semoga gampang diingat. Misalnya menyerupai cupcake, donut dan masih banyak lagi.


Waaah, jadi pengen dimakan dong yaa? Tapi sayangnya nggak bisa dimakan, lantaran itu hanyalah sebuah nama dari versi smartphone android. Nah, buat kau yang ingin tau nama – nama dari tingkatan versi android, di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan urutan tingkatan android dari versi pertama atau yang paling awal hingga yang terbaru. Penasaran? Yuk eksklusif saja simak penjelasannya.


 


#1. Android 1.0 : Astro (Alpha) & Android 1.1: Bender (Beta)


Versi android yang pertama, mungkin masih terdengar absurd bagi kalian, mengapa demikian? Sebab memang tidak dirilis secara publik untuk kepentingan komersil sehingga tidak dikenali oleh banyak pengguna. Platform Android ini menggunakan kernel Linux versi 2.6 dan diperkenalkan pertama kalinya pada bulan September 2008 lalu. HTC Dream yaitu produk smartphone pertama Android yang mulai dijual 22 Oktober 2008.


 


#2. Android 1.5: Cupcake


Nah semenjak awal peluncuran Android Cupcake inilah, Android mulai memberi nama versi selanjutnya memakai nama masakan manis. Dan untuk Android Cupcake sendiri mulai dirilis pada 30 April 2009 berbasis Linux kernel 2.6.27.


 


#3. Android 1.6: Donut


Berikutnya, kurang lebih 5 bulan sesudah Android Cupcake dirilis, Android merilis versi gres yakni Android Donut pada 15 Septermber 2009. Versi ini berbasis Linux kernel 2.6.29 dengan mempunyai fitur perhiasan atau pembaharuan yang tidak dimiliki oleh Android sebelumnya (Cupcake).


 


#4. Android 2.0 – 2.1: Eclair


Selanjutnya, pada 26 Oktober 2009, Android merilis versi terbaru yakni Android Eclair dengan berbasis Linux kernel 2.6.29. Selain itu, android Eclair mempunyai beberapa versi yakni 2.0, 2.0.1, 2.1 dimana bisa mengatur aplikasi di beberapa layar, membuat front-screen sesuai impian dan juga membuat wallpaper  bergerak atau animasi.


 


#5. Android 2.2: Froyo (Frozen Yoghurt)


Tingkatan kelima ada Android Froyo (Frozen Yoghurt), yang dirilis pada 20 Mei 2010, berbasis Linux kernel 2.6.32 dan dengan versi 2.2, 2.2.1, 2.2.2, 2.2.3. Pada versi ini, kinerja sistem ditingkatkan secara signifikan diatas versi sebelumnya yakni Android Eclair, selain itu ditingkatkan juga saluran penyimpanan nya dan aplikasinya seperti web browser yang menjadi lebih cepat.


 


#6. Android 2.3 – 2.3.7: Gingerbread


Berikutnya ada Android 2.3 – 2.3.2 Gingerbread yang dirilis pada 6 Desember 2010 dan versi 2.3.3 – 2.3.7 yang dirilis pada 9 Februari 2011. Android Gingerbread berbasis Linux Kernel 2.6.35 dengan interface dan kinerja sistem pada Android yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Selain itu, juga mempunyai fungsi sensor yang lebih akurat, input teks dan akurasi keyboard meningkat, efek audio menyerupai virtualisasi headphone, dukungan kamera depan serta fungsi penyalinan teks terseleksi.


 


#7. Android 3.0 – 3.2: Honeycomb


Diurutan ketujuh ada android 3.0 – 3.1 Honeycomb yang dirilis pada 10 Mei 2011 dan versi 3.2 yang dirilis pada 15 Juli 2011. Android Honeycomb ini merupakan versi Android yang sudah di optimalkan untuk perangkat tablet dengan berbasis Linux kernel 2.6.36.


 


#8. Android 4.0: Ice Cream Sandwich


Selanjutnya, android Ice Cream Sandwich yang dirilis pada 16 Desember 2011. Android ini mempunyai beberapa versi yaitu 4.0, 4.0.1, 4.0.2, 4.0.3, 4.0.4 yang berbasis Linux kernel 3.0.1. Pada Android ice Cream Sndwich terdapat banyak sekali pembaharuan gres yang pastinya tidak dimiliki oleh versi sebelumnya dan juga mempunyai desain serta animasi yang lebih halus, sederhana dan canggih.


 


#9. Android 4.1 – 4.3: Jelly Bean


Di urutan 9 ada Android 4.1 Jelly Bean yang dirilis pada 9 Juli 2012 dan versi 4.2 yang dirilis pada 13 November 2012 serta versi 4.3 yang dirilis pada 24 Juli 2013. Android Jelly Bean ini berbasis Linux kernel 3.0.31 yang memfokuskan pada peningkatan fungsi dan kinerja user-interface memakai teknologi sinkronisasi vertical atau Vsync untuk meningkatkan grafis.


 


#10. Android 4.4: KitKat


Android Kitkat merupakan versi android urutan kesepuluh yang dirilis pada 31 Oktober 2013 dengan versi 4.4, 4.4.1, 4.4.2, 4.4.3, 4.4.4. Android ini mempunyai fitur atau pembaharuan gres untuk menyokong peningkatan kinerja sistem. Nah, Nexus Google 5 menjadi perangkat pertama yang memakai Android 4.4 Kitkat.


 


#11. Android 5.0 – 5.1: Lollipop


Nah untuk Android Lollipop mungkin sudah tidak absurd lagi berdasarkan beberapa orang, alasannya android ini dirilis pada 15 Oktober 2014 dengan beberapa versi yaitu 5.0, 5.0.1, 5.0.2, 5.1, 5.1.1. Android Lollipop mempunyai desain responsif dan interface yang didesain ulang, selain itu sudah mendukung arsitektur 64-bit yang memungkinkan penggunaan RAM diatas 3GB seperti ASUS Zenfone 2.


 


#12. Android 6.0: Marshmallow


Di urutan dua belas ada Android Mashmallow yang dirilis pada 19 Agustus 2015 dengan versi 6.0, 6.0.1. Sebenarnya Android ini sudah diperkenalkan semenjak Mei 2015 yang berjulukan Android M. Android Marshmallow berfokus  pada peningkatan user-experience secara keseluruhan, fingerprint sensor, bantuan kontekstual, memperkenalkan arsitektur gres menyerupai pembatasan daya latar belakang, kemampuan migrasi data, aplikasi ke kartu microSD dan sebagainya.


 


#13. Android 7.0 – 7.1: Nougat


Urutan berikutnya ada Android 7.0 – 7.1 Nougat yang telah dirilis pertama kali pada 22 Agustus 2016. Android Nougat ini mengatakan beberapa pembaharuan pada platform nya contohnya fitur splitscreen yang digunakan untuk menampilkan beberapa aplikasi pada layar sekaligus dengan tampilan yang terpisah. Selain itu, juga mengatakan dukungan untuk “Java OpenJDK”, render grafis “Vulkan API”, dan juga desain multi-layar serta mempunyai kemampuan untuk kalibrasi warna, aplikasi instan, desain interface yang gres dan peningkatan fitur aplikasinya.


 


#14. Android 8.0 – 8.1: Oreo


Selanjutnya ada Android Oreo yang dirilis pada 21 Agustus 2017 dengan 2 versi yaitu 8.0, 8.1. Android oreo memperlihatkan pembaharuan dan juga keunggulan yang pastinya tidak dimiliki oleh versi sebelumnya contohnya menyerupai pengalaman multitasking lebih baik, project table dimana memungkinkan pengguna memperoleh pembaharuan lebih awal serta dukungan emoji Unicode 10.0.


 


#15. Android 9.0: Pie


Dan di urutan terakhir ada Android Pie yang resmi dirilis pada 6 Agustus 2018 lalu. Setelah sebelumnya pernah mengalami beberapa pratinjau pada 7 Maret 2018 dan 8 Mei 2018 lantaran dianggap berkualitas beta.  Dan tentu saja Android Pie melaksanakan banyak perubahan pada belahan desain contohnya interface baru untuk hidangan pengaturan cepat, pengatur kecerahan, tombol screenshoot terbaru yang ditambahkan ke opsi daya dan terdapat fitur sistem notifikasi.


 


Bagaimana sesudah membaca nama – nama masakan cantik dari versi android diatas? Pasti jadi ngiler ingin memakannya bukan? Nah itulah Daftar Urutan Tingkatan Android dari Versi Awal Sampai Terbaru yang telah saya jelaskan diatas. Semoga warta yang saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kau yaaa. Dan kalau ada pertanyaan, eksklusif aja tulis di kolom komentar.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}