Home » » 6 Manfaat Susu Unta untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Susu Unta untuk Kesehatan Tubuh

Posted by Droid Tech Media on Saturday, June 29, 2019

susu-unta-doktersehat

DokterSehat.Com – Selama ini jenis susu yang paling banyak kita konsumsi adalah susu sapi yang diproduksi secara massal dan dijual menjadi berbagai jenis produk. Selain susu sapi ada juga susu yang terbuat dari produk nabati seperti kedelai yang cukup laris di pasaran dan cocok untuk mereka yang mengalami alergi laktosa.

Manfaat susu unta untuk tubuh

Susu unta memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Itulah kenapa susu ini memiliki permintaan yang cukup tinggi meski tidak sebanding dengan jumlah yang diproduksi.

  1. Kaya dengan nutrisi

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh susu unta ada banyak dan membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Satu porsi susu atau sekitar 120 ml mengandung sekitar 3 gram protein, 3 gram lemak, dan 5 gram karbohidrat. Selanjutnya, vitamin dan mineral lain juga bisa didapatkan kalau mengonsumsinya

Dalam susu unta mengandung vitamin B, C, kalsium, zat besi, dan potasium. Mineral dan vitamin ini bermanfaat untuk menjaga tubuh dan membuat organ berfungsi dengan baik. Kandungan lemak yang dikandung oleh susu unta juga sangat baik dan membantu tubuh dalam pertumbuhan dan suplai tenaga.

  1. Cocok untuk mereka yang mengalami intoleransi laktosa

Salah satu masalah terbesar yang sering dialami anak-anak adalah tidak bisa menerima laktosa. Tubuh mengalami intoleransi sehingga konsumsi susu sapi justru menyebabkan gangguan pencernaan. Kondisi seperti diare akan sering terjadi sehingga susu kedelai banyak digunakan sebagai alternatif.

Selain susu kedelai, ternyata  susu unta juga bisa dipakai. Meski sama-sama susu jenis hewani, kandungan laktosanya tidak terlalu besar. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, Pemberian beberapa porsi susu unta tidak menyebabkan tanda-tanda intoleransi pada tubuh.

  1. Menurunkan gula darah

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, susu unta sudah terbukti mampu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Di dalam susu ini terkandung protein yang mirip sekali dengan insulin. Dengan mengonsumsi secara rutin, insulin di dalam tubuh akan lebih sensitif sehingga gula darah akan diolah dengan baik.

Kalau Anda memiliki gula darah yang sering tidak terkontrol dan kondisi diabetes sering kambuh, susu unta bisa dikonsumsi setiap harinya. Dalam satu hari Anda bisa mengonsumsi sekitar 50 ml atau dua gelas.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Susu unta mengandung cukup banyak  antioksidan yang sangat kuat. Rutin mengonsumsi susu unta akan membuat Anda semakin seat karena beberapa patogen yang masuk ke dalam tubuh akan diberantas oleh sistem imun yang terus meningkat dengan sendirinya.

Tentu dengan hanya minum susu unta daya tahan tidak akan meningkat dengan cepat. Efek ini akan lebih baik lagi kalau Anda bisa melakukan olahraga secara rutin.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Susu unta ternyata telah terbukti mampu membuat fungsi otak seseorang menjadi lebih meningkat. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, susu unta mampu meningkatkan fungsi otak pada mereka yang mengalami autisme dan juga meningkatkan kebiasaan dan perilaku.

Meski susu unta terbukti memberikan pengaruh baik, Anda tidak disarankan mengganti pengobatan yang sudah dilakukan. Susu ini hanya pendukung saja, Bukan untuk menunjang kehidupan.

  1. Bisa diolah menjadi apa saja

Manfaat terakhir dari susu unta adalah bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan atau minuman. Susu ini bisa digunakan untuk mengganti jenis susu lain seperti susu sapi. Untuk minuman, susu ini bisa ditambahkan ke teh atau kopi untuk memberikan rasa gurih dan juga kental. Selanjutnya Anda juga bisa mencampurnya untuk membuat jus atau smoothies.

Susu ini juga bisa dibuat menjadi yoghurt yang sehat untuk ditambahkan ke diet dan menyehatkan saluran cerna. Terakhir, susu ini juga bisa dibuat menjadi keju yang sangat lembut dan bisa digunakan untuk membuat kue atau dicampurkan ke berbagai jenis makanan.

Kekurangan dari susu unta

Meski memiliki cukup banyak kelebihan, ternyata susu unta juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan oleh semua orang.

  1. Harganya lebih mahal

Karena jumlah produksi susu unta tidak terlalu banyak dan peminatnya semakin meningkat, kemungkinan besar harganya akan meningkat. Di Indonesia pun akan sulit mendapatkan susu unta dan hanya bisa didapatkan dengan mudah di toko khusus atau beli langsung ke negara timur tengah.

  1. Kemungkinan tidak terjadi proses pasteurisasi

Susu unta dipercaya bisa memberikan kesehatan yang besar. Proses pasteurisasi dianggap akan menghilangkan kandungan nutrisi yang terkandung. Itulah kenapa beberapa jenis susu sering diminum dalam kondisi segar, mentah, atau tidak terlalu banyak mengalami proses pengolahan di pabrik.

  1. Kemungkinan masalah etik

Unta adalah salah satu hewan yang hidup secara alami di kawasan timur tengah. Susu dari hewan ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk lokal untuk makanan dan minuman sejak ribuan tahun silam. Saat ini peminat dari susu unta ada banyak, bahkan di beberapa negara barat, permintaannya meningkat.

Karena permintaan yang meningkat, kemungkinan besar akan ada unta yang akan diekspor ke negara lain. Kalau hal ini sampai terjadi, kemungkinan besar tidak akan sesuai dengan kondisi iklim hidup dari unta. Kondisi ini bisa saja membuat hewan itu jadi mudah sakit atau malah dieksploitasi berlebihan agar menghasilkan susu lebih banyak tidak secara alami.

Inilah beberapa ulasan tentang manfaat dari susu unta untuk tubuh dan kemungkinan kekurangan yang dimiliki. Nah, menurut Anda, worth it kah minum susu unta dibandingkan dengan minum susu jenis lainnya? Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan untuk menambah pengetahuan terkait alternatif susu untuk memenuhi nutrisi pada tubuh.

 


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}