Home » , » 11 Makanan untuk Ibu Menyusui agar ASI Berkualitas Lebih Bernutrisi!

11 Makanan untuk Ibu Menyusui agar ASI Berkualitas Lebih Bernutrisi!

Posted by Droid Tech Media on Monday, June 24, 2019


Makanan Untuk Ibu Menyusui – Bunda pasti sudah mengetahui bahwa ASI yang kental & berkualitas memiliki banyak sekali manfaat bagi sang buah hati. ASI memang sangat berguna bagi kesehatan dan perkembangan si kecil. Oleh karena itu, Bunda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil, dengan menjaga kualitas ASI, bukan?





Untuk bisa meningkatkan kualitas ASI, ada banyak hal yang bisa Bunda lakukan salah satunya dengan mengontrol pola makan makanan sehat dan bergizi hingga menjaga kestabilan tubuh, agar Bunda nggak gampang drop.





Ada banyak pilihan makanan untuk ibu menyusui yang bisa membantu Bunda meningkatkan kualitas ASI. Mengonsumsi rekomendasi bahan makanan untuk ibu menyusui berikut akan membuat ASI lebih kental dan berkualitas serta kaya nutrisi untuk si kecil.





Baca juga: 7 Manfaat Menyusui Langsung Bagi Bunda dan Si Kecil





Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Berkualitas





1. Ikan Salmon





Tahukah Bunda? Makanan untuk meningkatkan kualitas ASI bisa didapat dari panganan jenis ikan-ikanan, lho. Namun, untuk membuat ASI berkualitas dan kental, jenis ikan yang paling baik adalah ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan omega – 3 berjenis EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosahexaenoic acid).





Nah, DHA ini sangat bagus bagi perkembangan saraf dan meningkatkan kecerdasan sang bayi, sedangkan EPA baik untuk jantung dan pembentukan sel darah. Tentu Bunda nggak perlu ragu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui ini karena ikan salmon susah terkenal akan kelezatannya.





Namun, pastikan Bunda memasak ikan salmon hingga matang, karena untuk mengantisipasi adanya kuman penyakit di makanan sehat untuk ibu menyusui satu ini.





2. Susu Kedelai





Saat ini, masih banyak banget Bunda yang memilih susu rendah lemak. Susu rendah lemak memang termasuk salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui. Namun, untuk memperkaya nutrisi Bunda bisa mengombinasikannya dengan susu soya atau susu kedelai.





Susu kedelai ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk mengatasi alergi pada bayi. Selain itu, susu kedelai mengandung lesithin, antioksidan, saponin, dan juga isoflavon yang merupakan kandungan zat untuk pencegahan pertumbuhan sel yang nggak normal.





3. Daging Sapi Tanpa Lemak





Untuk Bunda yang suka makan steak sapi, makanan ini tetap aman untuk dikonsumsi selama periode menyusui, lho. Tetapi, akan lebih baik jika Bunda mengkonsumsi daging sapi non-lemak. Hal ini dikarenakan daging sapi non lemak mengandung banyak zat besi. Zat besi pada makanan untuk ibu menyusui ini sangat diperlukan oleh Bunda guna menambah energi yang terkuras pasca melahirkan dan menyusui.





Tetapi, untuk menghindari bakteri, pastikan daging sapi yang Bunda konsumsi dimasak pada tingkat kematangan well done, ya.





4. Beras Merah





Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah beras merah. Beras merah mengandung senyawa galaktogogus yang baik untuk melancarkan ASI. Beras merah juga akan membantu proses pemulihan pasca melahirkan. Selain itu, beras merah juga membantu meningkatkan nafsu makan dan menjada kadar gila dalam darah Bunda, lho.





Yang paling penting, makanan untuk ibu menyusui satu ini juga mengandung banyak senyawa yang akan meningkatkan kualitas ASI, lho. Saat si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan selain ASI, beras merah juga bisa menjadi makanan pendamping ASI yang baik buat bayi. Makin nggak ragu beralih ke makanan untuk bukan?





 Bunda pasti sudah mengetahui bahwa ASI yang kental  11 Makanan untuk Ibu Menyusui agar ASI Berkualitas  Lebih Bernutrisi!




5. Jeruk dan Sayuran





Buah-buahan merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin. Tentu pada masa menyusui Bunda memerlukan banyak asupan vitamin, khususnya vitamin C. Bahkan, faktanya vitamin C lebih dibutuhkan oleh Bunda saat menyusui dibanding saat hamil lho. Jadi, untuk meningkatkan kualitas ASI, Bunda bisa menambah konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, kiwi, nanas, mangga, dan sejenisnya.





Sedangkan, kalau sayuran, sudah jelas bermanfaat bagi nutrisi dan pencernaan buah hati. Sayur-sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui antara lain adalah bayam, jangung, dan juga kentang.





6.Roti Gandum





Gandum adalah pilihan makanan untuk ibu menyusui selanjutnya yang cukup mudah ditemukan. Kandungan asam folat pada gandum yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi.





Agar Bunda bisa meningkatkan kandungan asam folat pada ASI, cobalah untuk mengongsumsi panganan berbahan dasar gandum seperti roti gandum untuk mensuplai kebutuhan asam folat di dalam tubuh. Atau, Bunda juga bisa menjadikan biskuit dan kue dari gandum sebagai camilan di sore hari.





7.Telur





Bahan makanan untuk meningkatkan kualitas ASI lainnya adalah telur. Bahan makanan satu ini kaya akan vitamin D yang berfungsi untuk menjaga tulang Bunda dan juga perkembangan tulang bayi pada masa pertumbuhan.





8. Kacang-Kacangan





Untuk camilan sehat selama periode menyusui, Bunda bisa menjadikan kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, hingga kacang hijau sebagai snack sehat untuk menyusui, lho. Kacang-kacang ini mengandung banyak protein baik yang berkhasiat sebagai salah satu cara memperlancar ASI. Kacang almond sendiri mengandung senyawa dan zat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.





Sebagai salah satu cara memperlancar ASI, mengonsumsi kacang-kacangan dan makanan sehat untuk ibu menyusui lainnya mungkin akan membuat suplai ASI Bunda menjadi berlebihan. Untuk itu, Bunda bisa menggunakan breast pump agar ASI yang berlebih bisa Bunda simpan di lemari pendingin. Jangan lupa, gunakan botol ASI steril agar ASI berkualitas aman dari kuman dan bakteri. Nggak perlu khawatir saat ingin memberikan ASI yang telah disimpan ini karena Bunda bisa menggunakan alat penghangat susu sebelum memberikan ASI berkualitas ini kepada si kecil. Berbagai keperluan menyusui tersebut bisa didapatkan dengan mudah secara online di Tokopedia!





 Bunda pasti sudah mengetahui bahwa ASI yang kental  11 Makanan untuk Ibu Menyusui agar ASI Berkualitas  Lebih Bernutrisi!




9. Oat





Makanan sehat untuk menyusui selanjutnya adalah Oat. Selain saat menyusui, Oatmeal juga baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena bisa mencegah terjadinya diabetes selama periode kehamilan. Mengonsumsi Oatmeal juga bisa memperlancar ASI selama periode menyusui dan juga memberikan Bunda kalori yang cukup untuk berbagai aktivitas selama menyusui.





10. Daun Katuk





Sudah bukan rahasia jika daun katuk merupakan salah satu makanan ibu menyusui yang ampuh memperlancar ASI. Bahkan daun katuk dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI hingga 50%, lho! Daun katuk bisa Bunda masak sebagai kuah bening dan disantap dengan nasi merah yang juga baik untuk ibu menyusui.





11. Air putih





Ketika masa-masa menyusui, frekuensi air yang keluar lewat ASI dan aktivitas Bunda lainnya tentu menjadi jauh lebih tinggi. Jadi, agar Bunda tidak kekurangan cairan dan membuat kualitas ASI menurun, jangan sampai Bunda kekurangan mengonsumsi air putih, ya! Pastikan Bunda mengonsumsi air putih yang sudah matang dan bebas dari kuman serta bakteri. Bunda juga bisa mengurangi dan menghindari konsumsi air minum isi ulang dan juga air minum dalam kemasan.





Baca juga: 16 Manfaat Minum Air Putih Sehari-Hari





Ternyata cara meningkatkan kualitas ASI & memperlancar ASI nggaklah sulit, bukan? Selain mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui tersebut, pastikan Bunda juga melakukan olahraga dan juga istirahat yang cukup untuk memperlancar ASI. Stress juga bisa mempengaruhi kualitas ASI Bunda sehingga sangat disarankan jika Bunda selalu rileks dan tidak beraktivitas berlebihan.





Namun, bagaimana kalau ASI yang dihasilkan masih kurang? Ada banyak faktor lain yang bisa saja mempengaruhi produksi ASI Bunda, salah satunya adalah genetik. Untuk memperlancar ASI, selain mengonsumsi makanan untuk ibu menyusui tersebut, Bunda bisa menambahkannya dengan ASI Booster! ASI Booster terbuat dari bahan alami yang 100% halal, sehingga sangat aman bagi ibu menyusui. Selain ASI Boosterberbagai keperluan ibu dan anak lainnya seperti bantal menyusui, baju untuk menyusui, hingga breast pump bisa Bunda dapatkan dengan mudah di Tokopedia. Yuk, tingkatkan kualitas ASI agar Bunda dan si kecil jadi sehat bersama Tokopedia!





 Bunda pasti sudah mengetahui bahwa ASI yang kental  11 Makanan untuk Ibu Menyusui agar ASI Berkualitas  Lebih Bernutrisi!






Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}