Home » , » 11 Cara Mengatasi Whatsapp Error Di Android Ampuh Dengan Solusinya, Gampang Banget!

11 Cara Mengatasi Whatsapp Error Di Android Ampuh Dengan Solusinya, Gampang Banget!

Posted by Droid Tech Media on Friday, June 28, 2019

WhatsApp meruakan salah satu aplikasi chatting terbaik yang sedang terkenal dan banyak dipakai pada ketika ini. Dengan lebih dari 10% orang dunia memakai WhatsApp ini, kemudian bagaimana kalau aplikasi WhatsApp ini mengalami error atau masalah?. Tentu saja kalau aplikasi WhatsApp error akan sangat mengganggu acara dalam mengirim pesan.


Maka dari itu kita harus secepat mungkin mencari solusi untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang bermasalah. Permaslaahan atau error pada aplikasi WhatsApp sangat bermacam – macam. Mulai dari aplikasi WhatsApp tidak sanggup di install, tidak sanggup mendapatkan arahan aktivasi, tidak sanggup terhubung dengan aplikasi WhatsApp, dan masih banyak lainnya.


Pada artikel kali ini mastekno akan menunjukkan banyak sekali macam solusi dari duduk masalah aplikasi WhatsApp yang sering dijumpai menurut pengalaman kami tentunya.



Cara Mengatasi WhatsApp Error di Android


Langsung saja berikut ini merupakan beberapa maslaah yang sering terjadi pada WhatsApp dan solusi untuk memperbaikinya.


 


#1. Tidak Dapat Menginstall WhatsApp


Pada awalya, aplikasi WhatsApp memang sanggup di install pada sistem operasi Android versi 2.1 keatas. Namun ha tersebut tidak berlangsung lama, lantaran pada simpulan tahun 2016 yang lalu, aplikasi WhatsApp hanya sanggup di install pada sistem operasi Android versi 2.3 keatas. Untuk mengecek versi android yang kau gunakan kau sanggup masuk ke sajian Setting > About Phone.


Namun kalau kau hendak menginstall WhatsApp melalui file apk yang kau download dari website selain Google Play, maka kau perlu mengaktifkan opsi Unknown Sources di pegaturan. Cara mengaktifkannya ialah dengan masuk  ke sajian Settings > Security > Unknown Sources.


Apabila kau menggalami duduk masalah pada ketika kau menginstall WhatsApp melalui Google Play, mungkin duduk masalah tersebut ada pada aplikasi Google Play itu sendiri. Makara kau perlu memperbaiki duduk masalah pada aplikasi Google Play itu telebih dahulu.



#2. Tdak Mendapatkan Kode Aktivasi


Jika kau sudah berhasi menginstall WhatsApp dan mendaftarkan nomor kamu, namun belum kunjung mendapatkan arahan aktivasi melalui SMS, pertama pastikan terlebih dahulu nomor yang kau daftrakan sudah benar. Kemudian pastikan kau sudah benar dalam menentukan negara asal. Negara disini, maksudanya ialah negara asal nomor ponsel kamu, bukan negara yang kini kau tempati (jika kau ketika ini sedang di luar negeri).


Mislanya nomer ponsel yang kau daftarkan +6281234567890, maka kau harus menentukan negara Indonesia, lantaran +628 merupakan arahan nomor ponsel negara Indonesia. Selanjutnya kalau kau sudah memasukan nomor dengan benar namun masih belum mendapatkan arahan aktivasi, cobalah kau pilih opsi Voice call atau panggilan suara.


Maka kau akan mendapatkan panggilan bunyi dari bot WhatsApp, panggilan bunyi tersebut berisi arahan aktivasi, maka kau harus dengarkan secara baik – baik. Dan pastikan bahwa sinyal dan jaringan yang kau gunakan bagus, sehingga kau akan mendaptkan arahan aktivasi secara cepat. Perlu diingat bahwa satu nomor ponsel hanya sanggup dipakai pada satu perangkat Android saja.



#3. WhatsApp Tidak Dapat Dibuka atau Tidak Bisa Konek


Pada umumnya duduk masalah ini disebabkan oleh jaringan internet yang kau gunakan, sehingga kau tidak sanggup terhubung dengan aplikasi WhatsApp. Apabila menemukan duduk masalah lain ibarat WhatsApp tidak sanggup dibuka atau tidak sanggup mengirim pesan, maka kau sanggup mencoba beberapa solusi dibawah ini.



  1. Pastikan bahwa kau menginstall aplikasi WhatsApp versi terbaru.

  2. Cobalah untuk cek koneksi internet yang kau gunakan, pastikan terkoneksi dengan internet (menggunakan jaringan Wi-Fi atau paket Data) berjalan dengan baik. Dan pastikan kau mempunyai kuota kalau memakai koneksi paket data.

  3. Apabila kau memasang aplikasi sejnis Task Killer, maka pastikan aplikasi tersebut tidak mematikan aplikasi WhatsApp.

  4. Lakukan pencucian cache pada aplikasi WhatsApp dengan cara masuk ke sajian Setting > Applications > WhatsApp >Clear Cache.

  5. Terakhir, apabila beberapa cara diatas tidak work, maka kau sanggup menginstall ulang aplikasi WhatsApp.


Namun terkadang terjadinya error pada WhatsApp disebabkan lantaran server yang bermasalah. Apabila server WhatsApp sedang down, maka tidak ada yang sanggup kita lakukan selain menunggu sampai server benar – benar pulih kembali.



#4. Pesan WhatsApp Tidak Terkirim


Apabila kau mengirim pesan pada WhatsApp namun pesan tersebut tidak terkirim atau pending, maka sanggup jadi penyebab duduk masalah tersebut lantaran koneksi internet yang kau gunakan. Maka dari itu coba kau cek terlebih dahulu apakah smartphone kau terhubung ke internet atau tidak. Selain itu kau juga perlu mengupdate WhatsApp kau ke versi terbaru.



#5. WhatsApp Tidak Dapat Mendeteksi Kontak


Terdapat beberapa penyebab mengapa WhatsApp tidak sanggup mendeteksi kontak pada smartphone Android yang kita gunakan. berikut ini mrupakan beberapa cara untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang tidak sanggup membaca kontak pada smartphone yang kau gunakan.



  1. Pastikan kau telah memasukkan nomor kontak dengan benar.

  2. Pastikan juga nomor tersebut sudah terdaftar pada aplikasi WhatsApp.

  3. Gunakanlah aplikasi WhatsApp versi terbaru.

  4. Pada daftar kontak, pastikan kau sudah men-setting biar sanggup dilihat (baik insan maupun aplikasi. Hal tersebut juga berlaku untuk grup kontak.



#6. WhatsApp Memiliki Kontak Ganda


Sebenarnya duduk masalah yang satu ini cukup gampang untuk diatasi, caranya ialah dengan menginstall aplikasi WhatsApp versi terbaru atau melaksanakan install ulang WhatsApp. Namun terdapat cara lain biar kontak ganda pada WhatsApp hilang. Cranya ialah kau hanya perlu menghapus kontak ganda tersebut, tentu sangat gampang bukan.



#7. Tidak Dapat  Memutar Video Di WhatsApp


Jika kau mengalami duduk masalah yang satu ini, maka kau perlu melaksanakan beberapa cara untuk mengatasi duduk masalah tersebut. Pertama, coba kau cek apakah aplikasi Google Photos pada smartphone Android kau sudah memakai versi terbaru. Jika belum, maka kau perlu melaksanakan pembaruan pada Google Play Store.


Namun kalau cara diatas tidak berhasil, maka kau sanggup coba buka sajian Settings > Apps > Google+ > Uninstall updates.



#8. Tidak Bisa Melakukan atau Menerima Voice Call


Jika kau mengalami duduk masalah pada ketika melaksanakan atau mendapatkan voice call atau panggilan bunyi memakai WhatsApp, maka terdapat beberapa cara uang sanggup kau gunakan untuk mengatasinya. Salah satu penyebabnya ialah koneksi internet yang buruk. Maka dari itu, pastikan bahwa koneksi internet kau dalam keadaan berpengaruh dan cepat.


Jika perlu, kau sanggup mematikan dan menghidupkan koneksi internet kamu. Masalah ini juga sanggup disebabkan oleh oarang yang sedang melaksanakan voice call dengan kamu. Pastikan juga lawan bicara kau mempunyai koneksi internet yang bagus.



#9. WhatsApp Tidak sanggup Memutar Voice Note


Mungkin duduk masalah yang satu ini berafiliasi dengan sensor proximity sensor yang diandalkan oleh WhatsApp. Pada umumnya sensor proximity ini sanggup kau temukan di bersahabat kamera depan pada smartphone yang kau gunakan. Pastikan fitur tersebut tidak rusak dan jangan tutupi sensor tersebut ketika sedang mendengarkan pesan audio WhatsApp.



#10. Tidak Dapat Downlaod Foto atau Video di WhatsApp


Untuk mengatasi duduk masalah yang atu ini, coba kau buka aplikasi WhatsApp kemudian masuk ke sajian Settings > Data usage, dan lihatlah apakah kau sudah sudah mengaktifkan fitur media auto download apa belum. Jika belum, maka kau sanggup mengaktifkannya terlebih dahulu biar WhatsApp sanggup mengunduh foto dan vide. Pilihlah salah satu metode download yang ada :



  1. When using mobile data, fitur auto-download akan berjalan ketika kau memakai data mobile pada ketika memakai WhatsApp.

  2. When connected on Wi-Fi, fitur auto-download akan berjalan ketika kau memakai Wi-FI pada ketika memakai WhatsApp.

  3. When roaming, fitur auto-download akan berjalan ketika kau memakai data roaming (saat kau diluar negeri) pada ketika memakai WhatsApp.


Dan jangan lupa untuk menentukan media apa saja yang akan di download secara otomatis apakah itu Images, Audio, Video, atau Documents. Pilihlah media sesuai dengan harapan kau dengan mencentang pada kotak yang tersedia disamping nama media tersebut.



#11. WhatsApp Diblokir Di Negara Saya


Jika kau tidak sanggup memakai aplikasi WhatsApp lantaran diblokir oleh negara tertentu, maka kau sanggup memanfaatkan aplikasi VPN yang sanggup kau gunakan untuk menyamarkan alamat IP kamu. Sehingga seolah – olah kau sedang berada di luar negara yang memblokir WhatsApp tersebut. Kamu sanggup memakai salah satu aplikasi VPN yang mastekno rekomendasikan dibawah ini.



  1. Rocket VPN

  2. Psiphon

  3. Betternet

  4. Touch VPN

  5. Hotspot Shield VPN Proxy



Nah jadi itulah artikel dari mastekno mengenai cara mengatasi whatsapp error di android lengkap dengan permasalahannya dan juga solusi untuk menyelesaikannya. Jangan lupa untuk share ke teman  – teman kau apabila mengalami duduk masalah yang sama denganmu. Semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}