Home » , » 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kau Harus Tau!

10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kau Harus Tau!

Posted by Droid Tech Media on Wednesday, June 26, 2019

Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita. Terlebih lagi jikalau ketika itu kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting, contohnya kiprah kantor ataupun kiprah sekolah yang harus segera dikumpulkan. Disini tentu kalian akan merasa pusing dan galau bagaimana untuk mengatasi hal ini. Bukannya cepat menuntaskan tugas, yang ada malah kita jadi kesal akhir laptop yang lemot.


Memiliki laptop yang lemot sangatlah menciptakan kita naik darah, selain memperlambat kita dalam mengerjakan tugas, hal ini juga mengganggu kegiatan yang kita lakukan dengan memakai laptop, baik itu untuk hiburan ataupun untuk mencari informasi. Nah pada kesempatan kali ini mastekno akan menjelaskan beberapa penyebab laptop menjadi lemot beserta cara mengatasinya.


 


10 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya Lengkap


Sebelum kalian mengatasi laptop kalian yang lemot, terlebih dahulu kalian harus mencari tahu penyebab dari laptop kalian yang lemot tersebut. Setelah kalian mengetahui penyebabnya, sehabis itu kalian bisa mencari cara mengatasinya. Berikut ini ialah beberapa penyebab laptop menjadi lemot dan cara mengatasinya.


#1. Kapasitas RAM Kecil


RAM (Random Access Memory) merupakan memori yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara pada sebuah komputer ketika menjalankan program. Semakin banyak jadwal dan aplikasi yang kalian jalankan pada Laptop, maka semakin banyak juga RAM yang diperlukan. RAM mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan multitasking. Berikut ini ialah cara mengatasinya:



  • Jika laptop kalian lemot dan bahkan crash ketika menjalankan beberapa jadwal bersmaan, maka kalian harus menambah kapasitas RAM laptop kalian. Semain besar kapasitas RAM, maka semakin banyak jadwal yang bisa kalian jalankan secara bersamaan. Harga RAM untuk ukuran 4GB sekitar 400rb tergantung dari merek dan tipenya.


 


#2. Banyak Program Dijalankan Bersamaan


Seperti yang sudah saya katakan di atas sebelumnya, salah satu penyebab laptop menjadi lemot ialah alasannya banyak jadwal yang dijalankan secara bersamaan pada laptop kalian. Karena laptop yang tidak bisa menjalankan semua jadwal tersebut, alhasil laptop menjadi lemot dan bahkan crash. Komponen utama sepeprti processor dan RAM mempunyai beban yang terlalu berat. Berikut ini ialah cara mengatasinya:



  • Jalankan jadwal satu persatu secara bergantian, jangan jalankan banyak jadwal secara bersaamaan, terlebih lagi jikalau jadwal tersebut membutuhkan RAM yang banyak. Namun bed lagi jikalau Laptop kalian sudah memakai processor Intel Core i7 dengan kapasitas RAM 8GB, maka tidak menjadi persoalan untuk menjalankan banyak jadwal bersamaan.


 


#3. Adanya Virus pada Laptop


Virus merupakan sebuah jadwal yang bisa menimbulkan laptop kita mengalami keruskan. Dengan adanya virus pada laptop kita ini juga bisa menimbulkan laptop menjadi lemot dan lambat. Virus sanggup memalsukan diri sendiri dan bisa menimbulkan kinerja laptop menjadi lebih lambat. Selain itu virus juga sanggup merusak data-data penting pada laptop kalian. Untuk mengatasi ini ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan, berikut ini ialah beberapa cara mengatasinya:


Kalian bisa memakai antivirus yang terpercaya untuk melindungi laptop kalian dari serang virus dan malware. Memang intinya semua antivirus mempunyai fungsi yang sama, namun tidak semua antivirus sanggup memblokir serang virus yang ada. Namun jikalau sudah terlanjur terkena virus dan sudah memakai banyak antivirus namun tidak berhasil, maka disarankan untuk install ulang laptop kalian. Untuk meminimalisir laptop terkena virus, lakukanlah hal berikut ini:



  • Update Antivirus secara berkala, setiap harinya mungkin terdapat virus gres yang tercipta dan menyerang laptop kalian. Jika antivirus out to date maka antivirus tersebut tidak bisa mendeteksi virus gres tersebut. Oleh alasannya itulah kalian harus selalu mengupdate antivirus kalian.

  • Jangan download antivirus sembarangan, downloadlah antivirus di situs yang sudah terpercaya atau app store dan play store. Jangan sembarang download antivirus di internet lewat situs-situs yang belum terpercaya. Bisa jadi antivirus yang kalian download mengandung virus/malware di dalamnya.

  • Jangan colokkan FD sembarangan, kalian dilarang sembarangan memasang FD pada laptop kalian. Jika FD sudah terkena virus maka besar kemungkinan laptop kalian juga akan tertular virus yang ada di FD tersebut. Oleh alasannya itu pastikan lakukan scanning pada flashdisk yang akan kalian pasang pada laptop.


 


#4. Menginstall / Menjalankan Program Berat


Memaksakan laptop untuk menjalankan jadwal baik itu aplikasi maupun game yang berat sanggup menciptakan laptop kalian menjadi lemot. Maksudnya begini, contohnya kalian mempunyai laptop dengan processor jasus pentium dengan RAM 2GB, nah laptop tersebut di install game Fifa 2017 maka sama saja memaksakan. Hal ini alasannya setia aplikasi dan game mempunyai spesifikasi minimum mereka sendiri agar sanggup berjalan dengan semestinya. Berikut ialah cara mengatasinya:



  • Cara menginstall jadwal yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan spesifikasi minimum jadwal tersebut. Kaprikornus sebelum menginstall jadwal yang terlihat berat, cek terlebih dahulu spesifikasi minimum untuk menginstall jadwal tersebut, cek apakah laptop kalian memnuhi persayarat tersebut atau tidak. Jika tidak jangan paksakan untuk menginstall jadwal tersebut.


 


#5. Banyak Startup Program yang Berjalan


Ada beberapa jadwal yang secara otomatis berjalan ketika laptop pertama kali dihidupkan, program-program tersebut ialah startup program. Kadang ada jadwal yang tidak penting yang berjalan ketika laptop pertama kali dihidupkan, dan hal ini sanggup menimbulkan laptop kalian menjadi lebih lambat. Karena semakin banyak startup program, maka semakin lambat pula Laptop kalian. Berikut ialah cara mengatasinya:


Untuk mengatasi persoalan ini, kalian harus mematikan program-program yang tidak penting yang berjalan di startup. Kalian harus ingat untuk cuma mematikan jadwal yang tidak penting, jangan hingga jadwal penting menyerupai driver dan sistem ikut dimatikan, hal ini malah akan menimbulkan laptop tidak berjalan semestinya. Untuk menonaktifkan jadwal startup sangatlah mudah, berikut ini ialah langkah-langkahnya


1. Tekan tombol Win+R, sehabis itu ketikkan


Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kamu Harus Tau!


 


2. Pada jendela System Configuration, silahkan kalian pilih tab Startup.


Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kamu Harus Tau!


 


3. Jika kalian memakai Windows 8 dan 10, kalian tinggal masuk ke Task Manager atau bisa juga memakai tombol Ctrl+Shift+Esc kemudian pilih tab Startup.


Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kamu Harus Tau!


 


4. Klik pilih jadwal tidak penting yang diinginkan dan klik Disable.


Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kamu Harus Tau!


 


#6. Banyak Program yang Terinstall


Laptop dengan jadwal yang terlalu banyak juga akan terasa semakin lambat ketika digunakan. Mungkin tidak persoalan jikalau laptop kalian mempunyai kapasitas harddisk serta memori RAM yang besar, namun beda lagi dengan laptop yang Harddisknya hanya 500GB atau mungkin lebih kecil lagi. Program yang terlalu banyak terinstall di Laptop sanggup menimbulkan kinerja laptop melambat. Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi persoalan ini, diantaranya ialah sebagai berikut:



  • Unsinstall jadwal tidak penting, jikalau ada banyak jadwal tidak penting yang terinstall pada laptop kalian sebaiknya kalian cepat-cepat menghapusnya. Selain tidak berguna, program-program tersebut juga menimbulkan komputer menjadi lebih lambat, jadi alangkah baiknya jikalau kalian menghapusnya. Kaprikornus jikalau terdapat jadwal yang tidak penting atau jarang digunakan kalian harus menghapusnya. Cara menghapusnya sangat gampang, masuk ke Control Panel > Uninstall a program > pilih jadwal tidak penting kemudian Klik kanan > Uninstall.

  • Upgrade HDD, kalian bisa mengupgrade HDD pada laptop kalian, jadi yang tadinya HDD kalian cuma 320GB, kalian bisa mengupgradenya menjadi 500GB atau mungkin 1TB. Dengan kapasitas HDD yang besar, tidak persoalan untuk menginstall banyak jadwal dalam laptop. Jika memungkinkan kalian bisa memakai SSD yang mempunyai kemampuan lebih baik dari pada HDD, namun harganya lebih mahal dibanding HDD.

  • Menggunakan HDD External, jikalau kalian tidak ingin upgrade HDD kalian alasannya takut terjadi apa-apa atau mungkin takut garansi laptop hilang, maka kalian bisa coba untuk memakai HDD External, selain minim reskio juga praktis dibawa kemana-mana. Kalian bisa menyimpan file-file yang besar menyerupai film dan aplikasi dalam harddisk external tersebut.


 


#7. Haps File Temorary yang Menumpuk


Temprary files merupakan sebuah file sementara yang dibentuk sistem pada Windows dengan tujuan tertentu. File ini sanggup menimbulkan laptop kalian menjadi lemot dan kinerjanya menjadi semakin lambat. Selain itu file-file yang ada di recycle bin dan cache pada browser juga sanggup memengaruhi kinerja dari laptop kalian. Berikut inni ialah cara mengatasinya:


Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kamu Harus Tau!



  • Untuk mengatasi hal ini kalian bisa menggunakkan aplikasi pembersih pada laptop menyerupai CCleaner. Atau mungkin kalian bisa menggunakakn software lain yang mempunyai fungsi serupa, pada Windows sendiri sudah ada aplikasi serupa yaitu Disk Cleanup. Kalian harus melaksanakan cleaning pada laptop kalian secara berkala.


 


#8. Hardware Laptop Bermasalah


Banyak orang yang tidak tahu bahwa hardware laptop yang bermasalah juga bisa menimbulkan laptop kalian jadi lemot, contohnya persoalan yang terjadi pada fan laptop. Karena fan laptop yang mungkin bermasalah dan tidak berjalan normal, laptop bisa jadi cepat panas dan kesannya menjadi lemot ketika digunakan.


Jadi apabila laptop kalian bermasalah mungkin saja terjadi persoalan pada hardware laptop kalian, jikalau fan bermasalah silahkan buka laptop kalian dan cek fan, mungkin saja ada kotoran yang mengganjal dan menciptakan fan tidak bisa bekerja dengan normal. Kalian bisa membersihkan fan pada laptop kalian dan coba kembali laptop kalian. Jika hardware bermasalah, berikut ialah cara mengatasinya:



  • Silahkan cari tahu terlebih dahulu cuilan hardware mana yang bermsalah. Jika masalahnya pada fan laptop maka kalian bisa coba membongkarnya dan melihat keadaan fan laptop. Jika masalahnya bukan di fan, maka kalian bisa cek hardware yang lain menyerupai Harddisk, VGA, processor dan hardware lain yang mungkin bermsalah.


 


#9. Harddisk belum pernah didefrag


Ketika kita menjalankan sebuah aplikasi, cache dari aplikasi yang kita jalankan akan tersimpan dalam harddisk. Dan letak cache data yang tersimpan tersebut sangat tidak beraturan dan bisa terpisah-pisah. Hal ini akan memperlambat kinerja laptop alasannya harus menyatukan / memanggil data dari lokasi yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini, caranya ialah sebagai berikut:


Kalian bisa coba melaksanakan defragmentasi pada harddisk laptop kalian agar data-data yang awut-awutan pada harddisk bisa tertata kembali. Dengan ini data-data yang lokasinya berbeda akan disatukan menjadi lebih rapi dan lengkap. Untuk melaksanakan defragmentasi tidaklah sulit, namun memerlukan waktu yang lama, berikut ini ialah langkah-langkahnya.


1. Yang pertama ialah Masuk ke Menu Control Panel > System and Security.


Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kamu Harus Tau!


 


2. Setelah itu pada sajian Administrative Tools silahkan kalian pilih Defragment and optimeze yout drive.


Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kamu Harus Tau!


 


3. Untuk mendefrag harddisk kalian, silahkan kalian klik tombol Optimize.


Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kamu Harus Tau!


 


4. Untuk kalian yang memakai Windows 8, defragment tool ini akan secara otomatis berjalan tiap minggunya. Untuk mengubah pengaturannya, silahkan klik tombol Change Settings kemudian silahkan pilih sesuai cita-cita kalian.


Ketika laptop menjadi lambat tentu kita akan merasa kesal dengan laptop kita 10 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Ampuh Mengatasinya, Kamu Harus Tau!


 


#10. Install Ulang Laptop


Jika kalian sudah memakai semua cara di atas namun tetap tidak berhasil mengatasi laptop kalian yang lemot, maka cara terakhir yang bisa kalian coba ialah dengan install ulang laptop kalian. Kaprikornus sebelum memakai cara yang terakhir ini, yaitu dengan install ulang laptop, sebaiknya kalian memakai ke sembilan cara di atas untuk mengatasi laptop kalian yang lemot.


 


Demikianlah isu serta tips yang bisa mastekno sampaikan kepada kalian perihal penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya lengkap. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk mengetahui penyebab laptop kalian yang lemot dan cara mengatasinya. Apabila kalia mempunyai cara lain untuk mengatasi lemot, silahkan tambahkan di kolom komentar.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}