Home » » 10 Manfaat Daun Sage bagi Tubuh (Wanita Harus Baca)

10 Manfaat Daun Sage bagi Tubuh (Wanita Harus Baca)

Posted by Droid Tech Media on Monday, June 24, 2019

manfaat-daun-sage-doktersehat

DokterSehat.Com – Berbagai jenis tanaman herbal memberikan manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh. Dari sekian banyak tanaman herbal, nama daun sage mungkin belum begitu familiar di telinga. Padahal, daun sage ini juga memiliki manfaat medis yang tak kalah besar dibanding tanaman-tanaman herbal lainnya. Hal ini tak lepas dari kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Lantas, apa saja manfaat daun sage?

Apa Itu Daun Sage?

Daun sage adalah tanaman yang sebenarnya sudah sering digunakan untuk berbagai macam pemanfaatan, mulai dari bumbu penyedap masakan hingga elemen pewangi pada produk kosmetik dan sabun mandi.

Dari sisi medis, daun sage (Salvia) adalah tanaman yang juga memiliki banyak manfaat. Manfaat daun sage ini tak lepas dari kandungan sejumlah zat, sebut saja flavonoid (apigenin, diosmetin, luteolin), mineral (kalsium, magnesium, mangan, potasium, tembaga, zat besi, zinc), juga vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin K. Tak ketinggalan, tanaman ini juga mengandung zat yang bersifat antioksidan.

Manfaat Daun Sage bagi Kesehatan Tubuh

Atas dasar adanya zat-zat tersebut di dalam daun sage, tak heran jika tanaman yang satu ini memiliki segudang manfaat kesehatan, dari mulai mencegah hingga mengatasi sejumlah jenis penyakit.

Berikut ini adalah manfaat daun sage yang penting sekali untuk Anda ketahui.

1. Mengatasi Peradangan

Sejumlah studi menemukan fakta bahwasanya daun sage memilik manfaat terkait pengobatan peradangan (inflamasi) pada tubuh, utamanya radang pada sel jaringan ikat gusi (fibroblas gingiva).

Manfaat daun sage yang satu ini dihasilkan oleh kandungan sejumlah senyawa aktif yang menurut sejumlah studi tersebut memiliki sifat anti-inflamasi.

2. Pengobatan Alzheimer

Pada kasus Alzheimer ringan hingga sedang, selain pengobatan medis, ada alternatif pengobatan herbal juga bisa dilakukan guna mengobati penyakit ini.

Adalah salvia lavandulaefolia dan salvia officinalis, dua spesies daun sage yang dipercaya efektif untuk membantu pemulihan fungsi kognitif dan mencegah otak dari gangguan neurologis khusus penderita Alzheimer. Dari penelitian yang telah dilakukan, manfaat daun sage ini dapat terasa hanya dalam waktu 4 (empat) bulan penggunaan.

Tak hanya itu, penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwasanya daun sage juga ampuh untuk meningkatkan memori otak pada orang sehat.

3. Meminimalisir Gejala Menopause

Saat memasuki periode menopause, yakni ketika hormon reproduksi sudah tidak lagi diproduksi dan berakibat pada berhentinya siklus haid, hal ini lantas menimbulkan sejumlah gejala yang kerap mengganggu, seperti gejala hot flashes atau rasa panas yang mendera sejumlah bagian tubuh seperti wajah, leher, hingga dada. Pun, adanya produksi keringat berlebih dan peningkatan detak jantung.

Nah, menurut sejumlah penelitian, gejala menopause berupa hot flashes ini dapat diatasi dengan cara mengonsumsi daun sage salah satunya. Dikatakan dalam penelitian tersebut jika konsumsi ekstrak daun sage (Bioforce AG) secara rutin selama kurang lebih 8 (delapan) minggu efektif meminimalisir rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh hot flashes.

4. Mengendalikan Gula Darah dan Kolesterol

Bagi para penderita diabetes, mengonsumsi daun sage juga dianjurkan sebagai obat pendamping. Pasalnya, manfaat daun sage juga mencakup pengendalian kadar gula darah di dalam tubuh sehingga gula darah tidak berada pada kadar yang jauh melebihi kadar normal.

Selain itu, daun sage menurut sejumlah penelitian juga ampuh dalam menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’. Pada penelitian tersebut, diketahui jika konsumsi ekstrak daun sage selama kurang lebih 3 (tiga) bulan dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Sebagaimana diketahui, lemak LDL ini sangat berbahaya bagi tubuh karena menjadi pemicu penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

5. Mencegah Kanker

Sebagaimana telah dijelaskan di awa, daun sage adalah tanaman yang mengandung senyawa antioksidan seperti camphene, camphor,1.8-cineole, borney, dan bornyl asetat. Adanya senyawa-senyawa antioksidan ini lantas menghasilkan manfaat daun sage untuk mencegah penyakit kanker nan mematikan.

Kanker adalah penyakit yang dipicu oleh rusaknya sel-sel di dalam tubuh akibat serangan radikal bebas. Fungsi zat antioksidan adalah menjaga agar jangan sampai radikal bebas masuk ke dalam tubuh untuk kemudian menyebabkan kerusakan sel tubuh tersebut.

6. Mencegah Kerusakan Gigi

Daun sage juga mengandung sejumlah zat yang memiliki sifat antibakteri. Atas dasar itu, mengonsumsi daun sage secara rutin juga efektif untuk mencegah timbulnya plak gigi, yang mana kondisi ini disebabkan oleh bakteri.

Selain itu, kandungan mineral kalsium pada daun sage juga memiliki peran penting dalam membentuk dan merawat kesehatan, pun kekuatan gigi Anda.

7. Merawat Kesehatan Tulang

Berkaitan dengan kesehatan tulang, maka daun sage juga memiliki peran penting  dalam hal ini. Seperti yang sudah disebutkan, daun sage mengandung sejumlah vitamin, salah satunya vitamin K. Nah, vitamin K inilah yang menghasilkan manfaat daun sage untuk merawat kesehatan tulang Anda.

Penyakit tulang sendiri salah satunya diakibatkan oleh kurangnya asupan vitamin K ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin K harian, dengan cara mengonsumsi daun sage ini.

8. Mengatasi Diare

Diare adalah jenis penyakit sistem pencernaan yang kerap dialami oleh banyak orang, utamanya anak-anak. Kondisi ini jika tidak segera ditangani akan berakibat pada komplikasi yang sangat serius, bahkan bisa sampai pada kematian.

Salah satu cara mengatasi diare yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi daun sage, baik secara langsung atau dalam bentuk ekstrak daun sage. Khasiat daun sage dalam mengatasi diare ini tentunya dihasilkan dari sejumlah zat yang bersifat antibakteri. Zat-zat tersebut berfungsi untuk melawan bakteri jahat pada usus yang lantas memicu timbulnya penyakit diare tersebut.

9. Mencegah Penuaan Dini

Zat antioksidan yang terkandung di dalam daun sage tak hanya berkaitan untuk meminimalisir penyakit kanker, namun juga masalah kesehatan lainnya yang diakibatkan oleh radikal bebas, salah satunya penuaan dini pada kulit.

Selain antioksidan, vitamin A pada daun sage juga ikut andil dalam mencegah kerusakan sel kulit yang kemudian berimbas pada munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan, flek hitam, dan garis-garis halus.

Alih-alih penuaan dini, daun sage justru membuat kulit Anda senantiasa awet muda oleh karena zat-zat tersebut senantiasa membuat sel kulit beregenerasi.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Minyak esensial yang dihasilkan dari proses ekstraksi daun sage diklaim efektif untuk merawat rambut dan mencegahnya dari kerontokan. Hal ini kiranya wajar, mengingat daun sage mengandung senyawa aktif seperti 5-alpha reductase dan beta-sitosterol yang berfungsi untuk memperkuat akar rambut.

Tak hanya itu, manfaat daun sage untuk rambut juga untuk merangsang pertumbuhan rambut. Nutrisi yang dikandung oleh daun sage diklaim dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam folikel rambut, pun meningkatkan produksi minyak alami rambut.

Daun Sage, Si Hijau yang Kaya Manfaat

Itu dia beberapa manfaat daun sage yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Dari mulai teh, dressing makanan, hingga minyak esensial, ada banyak cara untuk mengambil manfaat dari tanaman herbal yang satu ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}