Kalian niscaya sudah tidak abnormal lagi dong dengan Google? Itu merupakan salah satu pola dari Search Engine atau mesin pencari. Kalian juga niscaya sudah sangat sering menggunakannya untuk mencari banyak sekali hal di internet. Namun sudahkah kalian paham betul perihal seluk beluk search engine itu sendiri? Apa definisi serta fungsi bekerjsama dari mesin pencari tersebut? Dalam kesempatan kali ini, mari kita bahas segala hal perihal search engine secara mendalam.
Definisi Mesin Pencari, Serta Fungsi Jenis dan Contohnya Lengkap
Bagi yang awam, mungkin hanya akan mengenal Google sebagai search engine yang paling populer. Memang tidak salah alasannya yakni google merupakan mesin pencari yang paling banyak dipakai di dunia. Namun selain google, ada banyak search engine yang tidak kalah manis juga. Namun sebelum masuk kesana, marilah kita mencar ilmu apa bekerjsama mesin pencari itu.
Apa Itu Search Engine?
Secara sederhana, kita bisa mendefinisikannya sebagai sebuah mesin yang mana bertugas untuk mencari warta di internet. Search Engine akan mencocokkan kata kunci yang kita masukkan dengan apa yang ada di database mereka. Kemudian mereka akan berusaha memilah mana konten yang cocok dengan kata kunci yang kita masukkan sebelumnya. Mesin pencari yang baik tentu yang bisa menawarkan hasil pencarian sesuai dengan apa yang pengguna inginkan.
Fungsi dan Manfaat Mesin Pencari
Secara singkat, kita sudah tahu apa kegunaan dari search engine itu sendiri. Namun untuk lebih detailnya, kalian bisa membaca klarifikasi berikut ini :
#1. Mengindeks Konten di Dalam Sebuah Situs
Hal pertama yang perlu dilakukan search engine yakni mengindeks konten yang ada di situs atau website. Mereka akan memakai sebuah bot untuk mengcrawl atau merayapi setiap konten yang ada di internet. Konten tersebut kemudian akan diindeks dan tersimpan dalam database mereka. Untuk Google sendiri kini sudah mengindeks lebih dari 130 triliun situs web, sangat banyakkan?
#2. Menyaring dan Mencari Informasi Untuk Kita
Setelah melaksanakan crawling, maka search engine siap untuk melaksanakan kiprah selanjutnya. Ketika seorang pengguna memasukkan kata kunci tertentu, maka mesin pencari akan menyaring konten dalam database mereka menurut keyword yang telah dimasukkan. Kemudian dikala sebuah konten yang dianggap mempunyai relevansi dengan keyword ditemukan, maka itulah yang diberikan kepada kita.
#3. Sebagai Media Pengiklanan
Mungkin hal ini tidak banyak disadari oleh orang yang awam, namun jikalau kalian perhatikan di hasil pencarian search engine juga terdapat banyak iklan. Para pemasang iklan tersebut memang sengaja memasang ads untuk memperkenalkan serta memasarkan produk maupun jasa mereka. Dan dikala seseorang mencari suatu warta yang mempunyai hubungan dengan produk tersebut, maka iklan akan muncul di hasil pencarian. Nah hal itu bisa mendatangkan pelanggan bagi si pemasang iklan.
Jenis dan Contoh Search Engine Paling Populer di Dunia
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa google bukanlah satu-satunya mesin pencari di internet. Ada sangat banyak search engine selain google yang juga bisa diandalkan. Berikut ini beberapa daftar mesin pencari yang mungkin kedepannya bisa menjadi alternatif selain Google :
#1. Google
Menjadi mesin pencari paling terkenal di dunia, keberhasilan Google memang tidak perlu diragukan lagi. Sekitar 72% pengguna PC memakai google sebagai search engine, sedangkan untuk pengguna mobile malah mencapai 92%. Hal ini alasannya yakni Google bisa menawarkan hasil pencarian dengan tingkat relevansi yang tinggi. Dengan begitu pengguna akan puas alasannya yakni mendapat hasil yang mana sesuai dengan keinginannya.
#2. Baidu
Mungkin mesin pencari yang satu ini tidak terlalu terkenal di Indonesia. Akan tetapi, di China sana ia sangatlah terkenal dan dipakai hampir 80% penggunanya. Bahkan di China, Google hanya dipakai oleh 10% user saja. Sangat kalah jauh dengan Baidu yang memang menguasai pasar lokal China.
#3. Bing
Perusahaan teknologi Microsoft juga mempunyai sebuah mesin pencari berjulukan Bing. Memang tidak terlalu banyak dipakai di seluruh dunia. Namun Bing tetap bisa mencuri pasar sampai nilai 7% dari keseluruhannya.
#4. Yahoo!
Mungkin kalian lebih mengenal Yahoo sebagai layanan email. Namun perlu diketahui bahwa Yahoo juga mempunyai search engine sendiri. Sempat menjadi sangat terkenal dan populer, Yahoo naik daun dan menguasai pasar. Namun kini ia telah jatuh dan jadinya bangkrut.
#5. Yandex
Satu lagi search engine yang juga terkenal di pasar lokal saja. Jika Baidu sangat terkenal di China, maka Yandex berjaya di Rusia. Orang-orang disana lebih suka memakai Yandex daripada Google yang mana lebih terkenal di dunia. Kira-kira kenapa ya?
Demikian sedikit klarifikasi mengenai pengertian search engine, fungsi, jenis maupun contohnya. Keberadaan mesin pencari memang sangat penting terutama bagi pengguna internet. Semoga artikel diatas bisa menawarkan warta yang bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang punya pertanyaan ataupun saran untuk Mastekno, silahkan tulis di kolom komentar.
Sumber https://timeslib.com/
0 comments:
Post a Comment