Home » » Mengenal Lebih Jauh Kandungan Lidah Buaya dan Efek Sampingnya

Mengenal Lebih Jauh Kandungan Lidah Buaya dan Efek Sampingnya

Posted by Droid Tech Media on Wednesday, January 30, 2019

kandungan-lidah-buaya-doktersehat

DokterSehat.Com – Tanaman aloe vera atau masyarakat Indonesia mengenalnya dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman yang cukup sering digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan obat. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah gel lendirnya. Lantas, apa kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh?

Kandungan Gizi Lidah Buaya

Salah satu manfaat lidah buaya yang sering dimanfaatkan adalah memberikan perlindungan kulit terutama untuk menyembuhkan luka. Beberapa kandungan aloe vera itu adalah senyawa polisakarida dan mannose-6-phosphate.

Kedua senyawa itu berfungsi untuk mempromosikan proliferasi fibroblas, produksi asam hialuronat dan hidroksiprolin pada fibroblas, yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan lidah buaya juga biasa digunakan sebagai penyubur rambut dan perawatan kulit.

Perlu Anda ketahui, pada bagian gel lidah buaya mentah mengandung sekitar 98,5% air dengan kandungan 1,5% mengandung susunan senyawa vitamin, mineral, enzim, polisakarida, senyawa polipakarida, dan asam organik yang larut dalam air dan larut dalam lemak.

Dari segi kandungan nutrisi, kandungan dalam aloe vera bersumber dari gel lendirnya. Kandungan aloevera itu seperti zinc, zat besi, sodium, kalium, kalsium, kromium dan magnesium, vitamin A, C dan E, flavonoid, dan fenol. Beberapa vitamin dan mineral tersebut berguna sebagai pembentuk antioksidan alami yang mencegah penuaan dini, penyakit degenaratif, hingga serangan jantung.

Secara kuantitatif, kandungan lidah buaya–terutama protein–ditemukan dalam jumlah yang cukup kecil, akan tetapi jika ditinjau secara kualitatif protein gel lidah buaya kaya akan asam amino essesial terutama valin, lisin, histidin dan leusin. Selain itu juga terdapat asam folat dan kolin dalam jumlah kecil.

Kandungan Lidah Buaya Beserta Manfaatnya

Pada dasarnya, gel lidah buaya ini tidak berwarna, tidak berbau, tidak memengaruhi rasa, serta aman digunakan bagi tubuh dan lingkungan.

Beberapa kandungan aloe vera antara lain: vitamin B1, B2, Niasinamida, B6, cholin, dan asam folat. Dengan sejumlah kandungan itu, lidah buaya berguna untuk menjaga fungsi tubuh tetap normal.

Sementara itu kandungan lidah buaya seperti lignin mempunyai kemampuan penyerapan yang tinggi, sehingga memudahkan peresapan gel ke kulit. Sedangkan kandungan aloe vera seperti saponin mempunyai kemampuan membersihkan dan bersifat antiseptik.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kandungan lidah buaya:

1. Kaya vitamin

Daging bagian dalam aloe vera mengandung vitamin B, asam folat, B12, C dan E. Vitamin B mempunyai manfaat yang baik untuk saraf dan otot dalam menghilangkan nyeri.

Selain itu, aloe vera disebut tanaman yang memiliki kandungan vitamin B12 cukup tinggi, padahal umumnya vitamin B12 hanya terdapat pada bahan makanan hewani saja.

Sedangkan vitamin C dan E pada aloe vera baik untuk imunitas serta kesehatan kulit dan reproduksi. Hal ini tentu sangat baik jika Anda memanfaatkan aloe vera untuk olahan minuman atau makanan.

2. Kandungan mineral lengkap

Kandungan lidah buaya memiliki mineral yang cukup lengkap, mulai dari kalsium, kromium, sodium, selenium, magnesium, potasium mangan dan zinc. Meskipun jumlahnya tidak banyak namun hal ini akan memberikan asupan yang baik untuk kebutuhan mineral tubuh.

3. Tinggi antioksidan

Antioksidan yang tinggi pada aloe vera juga semakin terdukung dengan adanya kandungan vitamin C dan E. Fungsi lain vitamin C dan E yang sangat baik untuk tubuh adalah sebagai antioksidan. Kombinasi kandungan antioksidan dan vitamin mampu melindungi kulit dengan baik dari sinar UV.

4. Tinggi cairan

Seperti diketahui, karena kandungan lidah buaya, terutama airnya sangat tinggi, hal ini sangat baik untuk kesehatan yaitu untuk menghidrasi tubuh dan kulit serta melancarkan pencernaan. Cairan pada lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk minuman ataupun masker untuk melembapkan kulit.

Nah, itulah beberapa kandungan lidah buaya yang harus Anda tahu.

Efek Samping Lidah Buaya

Meski semua kandungan lidah buaya berguna bagi kesehatan secara keseluruhan, gel lidah buaya juga berisiko membuat kulit gatal. Jika kulit Anda menjadi kemerahan setelah Anda mengoleskan masker lidah buaya, segera cuci sampai bersih. Segera konsultasikan ke dokter kulit agar dapat diberikan penanganan yang sesuai.

Selain itu, apabila Anda mengonsumsi lendir lidah buaya dalam jumlah yang banyak, hal itu berpotensi menyebabkan kram dan sakit perut. Dalam jangka panjang, hal itu bisa menyebabkan masalah ginjal, darah dalam urine, gangguan jantung dan kelemahan otot.

Pada dasarnya, tidak semua orang aman untuk mengonsumsi lidah buaya. Periksa setiap produk lidah buaya sebelum Anda mengonsumsinya. Beberapa orang sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya, di antaranya:

  • Mengalami gangguan pada usus

Gel lidah buaya berpotensi mengiritasi usus. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi lidah buaya dihindari.

  • Ibu hamil dan menyusui

Beberapa temuan mengungkapkan, terdapat kaitan antara lidah buaya dengan keguguran dan bayi terlahir cacat. Agar kondisi janin tetap terjaga dengan baik, akan lebih baik jika Anda menghindarinya.

  • Penderita wasir

Jika Anda mengalami wasir, sebaiknya hindari mengonsumsi lidah buaya. Gel pada lidah buaya bisa memperburuk kondisi wasir yang Anda alami.

  • Penyakit ginjal

Selain penderita wasir, bagi Anda yang mengalami sakit ginjal, sebaiknya juga harus menghindari lidah buaya agar penyakit yang Anda alami tidak bertambah parah.

  • Anak-anak di bawah 12 tahun

Saat seorang anak di bawah usia tersebut mengonsumsi lidah buaya, maka risiko yang bisa dihadapinya adalah diare atau kram. Hindari memberikan lidah buaya pada anak-anak di usia tersebut.

  • Menjelang operasi

Bagi Anda yang ingin menjalani operasi, sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya. Hal ini karena lidah buaya dapat memengaruhi kadar gula darah selama dan setelah operasi.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}