Home » » Xiaomi tidak sengaja menggunakan iklan resmi Apple untuk Mimoji

Xiaomi tidak sengaja menggunakan iklan resmi Apple untuk Mimoji

Posted by Droid Tech Media on Friday, July 5, 2019


Minggu lalu diberitakan bahwa salah satu keistimewaan Mi CC Series adalah memiliki fitur  Xiaomi tidak sengaja menggunakan iklan resmi Apple untuk Mimoji
via VentureBeat




Minggu lalu diberitakan bahwa salah satu keistimewaan Mi CC Series adalah memiliki fitur “Mimoji” yang mirip dengan fitur “Memoji” (oke, bahkan namanya mirip) dari Apple. Karena kemiripan ini, baik nama maupun fitur, jurnalis dan banyak blogger banyak menyebut mimoji sebagai klon memoji. Xiaomi buru-buru menjelaskan bahwa tidak ada plagiarisme dalam hal ini. Xiaomi menyatakan bahwa Mimoji sebenarnya sudah siap sebelum Apple merilis Memoji. Bahkan Xiaomi mengancam untuk mengajukan tuntutan hukum bagi media yang menyebut Mimoji sebagai copycat, klon, atau sebutan-sebutan serupa. Setelah isu ‘klon’ sedikit mereda, Xiaomi nampaknya tersandung lagi karena ketahuan menggunakan iklan milik Apple di situsnya untuk mempromosikan Mimoji.





Seorang pengguna Weibo, mendapati bahwa halaman produk Xiaomi untuk smartphone Mi CC9 memamerkan Memoji dari Apple Music yang mana merupakan avatar Khalid menyanyikan lagu “Talk”.





Minggu lalu diberitakan bahwa salah satu keistimewaan Mi CC Series adalah memiliki fitur  Xiaomi tidak sengaja menggunakan iklan resmi Apple untuk Mimoji




Dari screenshot tersebut, terlihat bahwa inilah avatar Khalid yang digunakan Xiaomi untuk promosi:











Iklan ini ditemukan di situs e-commerce termasuk JD.com dan Sunning, termasuk juga grafik Mimoji resmi Xiaomi. Menurut Public Relations General Manager Xiaomi, Xu Jieyun, ini adalah ‘kecelakaan’. Staff Xiaomi ‘mengunggah konten yang salah’ ke situs mereka, demikian jelas Jieyun di Weibo.





Baik Memoji maupun Mimoji memiliki kemiripan karena merupakan avatar 3D yang bisa dikustomisasi oleh pengguna sehingga menjadikannya mirip sekali dengan pengguna. Versi Xiaomi, berbeda dengan Samsung, amat mirip dengan gaya Memoji Apple, termasuk aksesori dan kacamatanya.





Bagaimana menurut kamu? Apakah ini merupakan plagiasi atau memang Xiaomi tidak sengaja mengembangkan produk yang sangat mirip dengan Apple hingga ke art style-nya?









Sumber: Macrumors



Sumber https://indoint.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}