Home » » Pengertian Bug Komputer Beserta Asal Seruan Bug, Kalian Harus Tahu!

Pengertian Bug Komputer Beserta Asal Seruan Bug, Kalian Harus Tahu!

Posted by Droid Tech Media on Sunday, July 7, 2019

Meskipun kini ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat, namun kesalahan dalam pembuatan teknologi tersebut tidak pernah luput. Terlebih lagi jikalau kita bicara perihal teknologi komputer, dimana aneka macam terjadi kasalahan-kesalahan dalam pembuatannya, baik itu perangkat lunak maupun perangkat keras. Dalam dunia komputer, kesalahan dalam sebuah hardware atau software mempunyai istilah tersendiri, yaitu “bug”.


Bug merupakan sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang jikalau kita artikan kedalam Bahasa Indonesia secara umum berarti Serangga. Antara kesalahan dan serangga tentu tidak ada hubungannya, namun istilah bug atau penggunaan nama bug unuk kesalahan yang ada di dunia komputer ternyata mempunyai sejarahnya sendiri. Nah bagi kalian yang belum tahu, berikut ini akan mastekno jelaskan pengertian bug dan asal usulnya.


 


Pengertian Bug Beserta Asal Usul Bug Dalam Dunia Komputer


Bug merupakan sebuah kesalahan yang terjadi pada komputer, baik itu dikarenakan perangkat keras maupun perangkan lunak sehingga mengakibatkan komputer tidak dapat bekerja dengan baik. Istilah bug ini sudah dipakai semenjak usang oleh para ilmuwan dan tukang reperasi jau sebelum kala komputer kini ini ada dan sudah sangat canggih.


Pada awalnya istilah bug mulai dipakai awal tahun 1940 an, pada masa itulah komputer gres mulai dioperasikan. Saat itu, sebuah tim dari Universitas Harvard menguji komputer Harvard Mark II dan ketika dicoba tidak berjalan dengan maksimal. Setelah itu salah satu dari anggota tim tersebut memperhatikan titik Panel F lalu menemukan sesuatu yang tidak biasa pada sekitar relay 70. Ternyata sesuatu tersebt yakni seekor ngengat (bug/binatang kecil/serangga), ngengat tersebutlah yang mengakibatkan komputer tidak berjalan dengan normal.


Meskipun kini ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat Pengertian Bug Komputer Beserta Asal Usul Bug, Kalian Harus Tahu!


Dan kesudahannya bangkai ngengat tersebut diambil dan disimpan dalam buku catatan. Grace Hopper selaku ketua tim tersebut memperlihatkan catatan pada buku tersebut dengan judul “First actual case of bug being” yang jikalau diartikan bahasa Indonesia yakni “Kasus pertama dari serangga (bug) sungguhan ditemukan”. Kejadian ini menjadi ciri-ciri dan asal kenapa istilah bug dipakai ketika terjadi kesalahan pada sebuah komputer.


Namun pada kenyataannya istilah bug ini sudah usang dipakai sebelum insiden tersebut terjadi. Istilah tersebut dipakai para Ilmuwan untuk mendeskripsikan dilema elektronik radar ketika perang dunia ke 2. Bahkan, Thomas Edison juga pernah memakai istilah bug untuk menjelaskan keanehan pada sebuah perangkat. Selain itu masyarakat zaman dulu juga sudah memakai istilah bug “bug in telephone cable” yang berarti “serangga dalam kabel telepon” yang maksudnya terjadi gangguan bunyi pada jalan masuk telepon.



Kesimpulan yang Dapat Kita Ambil


Jadi kesimpulannya istilah bug sudah usang sekali dipakai semenjak zaman dulu untuk mendefinisikan kesalahan jauh sebelum insiden Grace Hopper yang menemukan sebuah bangkai ngengat ketika saat pengujian komputer. Mengenai asal-usul dari bug ini memang tidak dapat disebutkan secara pasti, sebab beberapa pihak mengetakan bahwa asal undangan istilah ini yakni insiden Grace Hopper. Namun ada juga yang menyampaikan bahwa Thomas Edison yang pertama kali memakai istilah bug untuk mengartikan sebuah kesalahan.


Sampai kini istilah bug masih sering sekali dipakai oleh orang-orang untuk mengartikan sebuah kesalahan pada sistem, hardware, software dan sebagainya. Seiring dengan semakin berkembangnya teknolog sekarang, istilah bug bukan hanya dipakai paada komputer saja, perngkat serta teknologi lain menyerupai game dan smartphone juga sering memakai istilah ini.


Demikianlah gosip singkat yang dapat mastekno sampaikan kepada kalian perihal pengertian bug pada komputer dan asal undangan bug. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian. Sekarang kalian jadi sudah tahu apa itu bug, kenapa bug sering dipakai untuk mendefinisikan sebuah kesalahan pada sistem serta asal undangan dari istilah bug tersebut. Jika masih bingung, silahkan bertanya di kolom komentar, terima kasih.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}