Home » » Ini Dia 5 Posisi yang Benar untuk Menyusui Bayi Kembar

Ini Dia 5 Posisi yang Benar untuk Menyusui Bayi Kembar

Posted by Droid Tech Media on Wednesday, July 24, 2019


Bagi para Bunda yang baru memiliki anak pertama, proses menyusui adalah salah satu proses yang cukup menantang. Terlebih jika Bunda memiliki anak kembar, kesulitan dalam proses menyusui sering ditemui.










Posisi Menyusui Bayi Kembar – Menyusui bayi kembar kadang buat Bunda merasa kelelahan karena harus menyusui secara bergantian. Bisa juga menyusui secara bersamaan, namun terkadang sedikit menyulitkan bagi Bunda yang belum mengetahui betul posisi mana saja yang nyaman untuk dilakukan.





Dalam menyusui bayi kembar, diperlukannya posisi-posisi tertentu agar ASI yang dikeluarkan pun lancar. Selain itu, juga buat Bunda merasa nyaman saat proses menyusui dan buat anak pun tida rewel.





BACA JUGA: 10 Tips Diet Pasca Melahirkan untuk Bunda





Ada beberapa tips menyusui bayi kembar yang dapat melancarkan proses menyusui. Berikut adalah penjelasannya:





Tips Menyusui Bayi Kembar





  • Bunda perlu mengetahui pola menyusui dari masing-masing anak.
  • Lakukan proses menyusui secara bergantian, sehingga Bunda dapat mengetahui waktu dan pola menyusui dari masing-masing anak.
  • Setelah mengetahui pola menyusuinya, Bunda bisa memutuskan untuk menyusuinya dalam waktu bersamaan atau secara bergantian.
  • Bunda juga bisa gunakan pompa ASI elektrik atau manual untuk menyimpan ASIP. Dengan proses ini, Bunda tidak perlu menyusui langsung dari payudara, melainkan bisa dengan botol ASIP.




Jika Bunda tetap memilih cara menyusui secara langsung dari payudara, Bunda bisa melakukannya secara bersamaan atau bergantian. Namun, Bunda juga harus memposisikan proses menyusui secara temat dan nyaman bagi Bunda dan bayi. Berikut adalah beberapa posisi menyusui bayi kembar yang benar dan aman.





Posisi yang Benar untuk Menyusui Bayi Kembar





1. Posisi Football





Pada posisi menyusui bayi kembar satu ini, kedua bayi bisa Bunda letakkan pada bawah payudara dan posisi kaki berada di pinggang Bunda. Gunakanlah tangan untuk membimbing mulut si kecil agar melekat pada puting payudara.





Dengan posisi menyusui ini, Bunda bisa merasa nyaman. Namun, akan terasa lebih sulit saat bayi sudah mulai tumbuh besar dan kakinya jadi lebih panjang.





2. Posisi Craddle





Pada posisi ini, posisi bayi berada pada siku Bunda dan badannya bisa Bunda topang dengan telapak tangan. Posisi duduk Bunda bisa sedikit menyender dan memeluk kedua bayi. Posisi craddle ini juga tergolong sulit saat si kecil sudah mulai tumbuh besar.





3. Posisi Saling Menyilang





Posisi ini membuat si kecil memiliki posisi yang berbeda antara satu sama lain. Bayi satu berbaring secara diagonal dengan posisi kaki yang berada di bagian pinggul kanan Bunda. Untuk bayi satunya, bisa berada di posisi yang serupa namun pada bagian kiri.





Bunda bisa bersandar dan memeluk kedua bayi, agar memberikan rasa hangat dan nyaman pada bayi. Posisi menyilang ini bisa dilakukan hingga si kecil sudah semakin besar.





4. Posisi Kombinasi (Football & Craddle)





Posisi ini adalah percampuran posisi football dan craddle. Bunda bisa menyusui bayi satu dengan posisi football dan satunya dengan posisi craddle. Jika Bunda memiliki bayi yang kembar lebih dari 2, Bunda tetap harus secara bergantian melakukan proses menyusui.





Posisi kombinasi ini tetap akan nyaman untuk Bunda dan si kecil saat bayi sudah beranjak besar dan sudah bisa menopang lehernya sendiri. Namun, posisi ini tidak disarankan bagi bayi yang baru lahir.





5. Posisi Menyender & Bayi Ditegakkan





Dengan posisi menyusui bayi kembar satu ini, Bunda bisa bersandar dan kedua bayi Bunda baringkan pada depan dada menyerupai posisi berdiri. Bunda bisa memeganginya dengan kedua lengan Bunda sehingga bayi tetap aman saat menyusui.





Posisi ini dinilai posisi menyusui yang nyaman bagi bayi kembar, terutama bagi bayi kembar yang sudah besar dan sudah memiliki kemampuan dalam mengontrol leher.





BACA JUGA: Langkah Tepat Atasi Luka Akibat Menyusui





Dalam proses menyusui, Bunda pun juga harus menjaga kesehatan tubuh demi kelancaran proses menyusui. ASI yang merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi memang seharusnya diberikan agar daya tahan tubuh dan proses pertumbuhannya lancar dan sempurna.





Menyusui bayi kembar juga mengharuskan Bunda memiliki waktu istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, serta hindarkan diri dari stress. Hal ini tentunya dapat melancarkan ASI dan membuat Bunda dan si kecil tetap nyaman saat proses menyusui.





Setelah mengetahui 5 posisi yang benar untuk menyusui bayi kembar, kini Bunda tak perlu lagi kebingungan bagaimana cara mengatur posisi dan waktu. Terpenting, Bunda harus mengetahui betul posisi mana yang nyaman untuk bayi dan juga Bunda, agar ASI bisa keluar dengan lancar dan buat Bunda tidak stress karena kesulitan.



Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}