Home » » 8 Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP

8 Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP

Posted by Droid Tech Media on Monday, July 22, 2019


Air Susu Ibu Perah (ASIP) pastinya memerlukan alat, seperti alat pompa ASI dan juga botol penyimpanan. Agar kandungan nutrisi pada ASI tidak terkontaminasi, ada baiknya Bunda sangat memperhatikan kebersihan dari botol pompa ASIP.










Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIPPompa ASI merupakan alat yang umum digunakan bagi ibu menyusui. Bukan hanya sekedar mengetahui bagaimana cara penggunaan dari pompa ASI itu sendiri, Bunda harus memperhatikan kebersihan botol pompa ASI dan juga botol penyimpanannya.





Kebersihan botol pompa ASI sangat perlu untuk diperhatikan agar hindarkan dari kuman dan juga jamur berbahaya. Jika botol tidak bersih, bisa membuat kandungan nutrisi ASI jadi tercampur dengan kuman dan jamur. Sehingga dapat membahayakan ASI untuk dikonsumsi si kecil.





BACA JUGA: Penuhi Nutrisi Si Kecil dengan 12 Merk Susu Bayi Terbaik dan Favorit Bunda





Untuk menjaga kebersihan botol pompa ASI, Bunda harus lakukan beberapa cara. Membersihkan botol pompa ASI secara tepat tidak memerlukan cara yang sulit atau melelahkan, cukup dengan ketelitian dan rutin dalam melakukannya. Berikut adalah caranya:





Cara Membersihkan Botol Pompa ASIP





1. Bunda Perlu Pahami Bagian-bagian Pompa ASI





Saat memiliki pompa ASI baik itu manual atau elektrik, Bunda harus memahami betul bagian-bagiannya dan juga fungsinya. Bunda bisa membaca instruksi atau buku manual dari pompa ASI yang digunakan.





Bunda bisa mengetahui bagian mana saja yang perlu dibersihkan dan bagaimana cara tepat untuk membuka bagian-bagian yang perlu untuk dibersihkan.





2. Pisahkan Saat Mencucinya





Sebelum mulai mencucinya, ada baiknya Bunda memisahkan bagian-bagian dari pompa ASI. Cuci pompa ASI satu persatu per bagiannya. Seperti Bunda cuci botol susu terlebih dahulu lalu lanjutkan dengan bagian lainnya.





3. Gunakan Air Mendidih untuk Mensterilkan Botol





Mensterilkan botol pompa ASI penting dilakukan untuk menjaga kebersihan dari botol. Bunda bisa sterilkan semua bagian pompa yang sudah terkena ASI dan juga yang menempel langsung dengan payudara sebelum Bunda menggunakannya untuk pertama kali.





Bunda bisa mensterilkan pompa ASI di dalam air yang mendidih selama 10 hingga 20 menit. Lakukan lah secara rutin agar botol terhindar dari bakteri dan jamur. Untuk bagian pompa ASI yang tidak terkena ASI dan tidak menempel langsung pada payudara, tidak perlu Bunda sterilkan secara rutin.





4. Keringkan Hingga Tuntas





Bukan hanya memperhatikan bagaimana cara mencuci dan membersihkan botol. Setiap botol pompa ASI juga perlu Bunda keringkan secara alami hingga kering sempurna.





Jika terburu-buru dan pompa ASI ingin digunakan segera, Bunda bisa lap pompa ASI dan botol dengan kain lembut dan tidak berserabut hingga kering sempurna.





 seperti alat pompa ASI dan juga botol penyimpanan 8 Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!




5. Gunakan Sesuai Batas Pemakaian





Dalam menggunakan pompa ASI manual dan elektrik, Bunda harus mengetahui batas pemakaiannya. Jika pompa ASI sudah digunakan selama 3-4 kali penggunaan, Bunda perlu melakukan sterilisasi pada botol dan pompa ASI.





6. Cegah Timbulnya Jamur





Pada pompa ASI terdapat tabung yang perlu dibersihkan dan disterilkan. Hal tersebut dikarenakan tabung juga terkena ASI sehingga wajib untuk Bunda bersihkan. Caranya mudah, Bunda bisa rebus tebung dengan air mendidih dalam waktu 10-20 menit.





Setelah itu, Bunda juga bisa mengoleskan alkohol ke dalam pipa untuk mempercepat pengeringan dan berfungsi untuk mencegah timbulnya jamur.





7. Lakukan Sterilisasi Secara Rutin





Jika si kecil sudah terlanjur terkena jamur pada bagian bibirnya, Bunda harus segera atasi masalah tersebut. Sebaiknya Bunda lakukan sterilisasi dengan merebus pompa ASI yang harus dilakukan setiap hari.





8. Selalu Cuci Tangan Terlebih Dahulu





Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun saat sebelum dan sesudah menggunakan pompa ASI. Hal ini dapat menjaga ASI tetap steril dan tidak terkontaminasi dengan kuman.





BACA JUGA: 9 Langkah Hilangkan Stretch Mark Pasca Melahirkan secara Alami





Membersihkan segala perlengkapan kebutuhan Bunda dan si kecil memang perlu dilakukan. Bahkan, mainan si kecil pun juga perlu Bunda sterilkan agar terhindar dari berbagai kuman berbahaya.





Beberapa juga memilih alat sterilisasi khusus untuk mensterilkan botol susu, pompa ASI, hingga mainan. Menggunakan alat tersebut akan lebih efisien bagi Bunda sehingga tidak perlu lagi merebus air hingga mendidih.





Nah, kini Bunda sudah tahu kan bagaimana cara tepat membersihkan botol ASIP agar selalu terhindar dari kuman dan jamur? Lakukan lah secara rutin agar dapatkan hasil yang maksimal!





 seperti alat pompa ASI dan juga botol penyimpanan 8 Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP
Penuhi lemari si kecil dengan baju, celana dan aksesoris fashion anak favoritnya!


Sumber https://dennypedia.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}