Home » » Menelan Ingus Saat Pilek, Berbahayakah?

Menelan Ingus Saat Pilek, Berbahayakah?

Posted by Droid Tech Media on Saturday, May 18, 2019

musim-flu-dan-pilek-doktersehat

DokterSehat.Com– Saat terkena pilek, hidung biasanya akan terasa mampet akibat adanya sumbatan ingus. Masalahnya adalah ingus ini seringkali sulit untuk dikeluarkan. Kita pun berusaha untuk menelannya jika memang mampu. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita menelan ingus?

Dampak menelan ingus saat pilek

Pakar kesehatan menyebut menelan ingus memang terlihat sebagai hal yang menjijikkan untuk dilakukan, namun hal ini tidak akan menyebabkan dampak yang berbahaya. Lendir yang berasal dari saluran pernapasan ini akan diurai oleh asam lambung dan enzim pencernaan sehingga tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita.

Hanya saja, jika kita berusaha untuk mengeluarkan ingus hingga akhirnya ingus ini mencapai lubang telinga, bisa jadi hal ini berbahaya karena memicu masalah otitis media efusi, gangguan pendengaran yang membuat bagian tengah rongga telinga dipenuhi oleh cairan. Kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan serius oleh dokter demi mencegah dampak yang lebih buruk.

Ingus sebaiknya ditelan atau dikeluarkan?

Kebanyakan orang memilih untuk menelan ingus karena tidak merepotkan untuk dilakukan, apalagi jika semua usaha sudah dilakukan untuk mengeluarkan ingus namun gagal. Hanya saja, jika ingus sebenarnya masih bisa ditemukan di pangkal tenggorokan atau mulut, kita sebaiknya meludahkannya agar keluar dari tubuh, bukannya ditelan.

Jika kita mengeluarkan paksa ingus dengan cara mengeluarkan udara dengan kuat-kuat, bisa jadi akan menyebabkan nyeri pada wajah atau telinga. Bahkan, bisa jadi hal ini akan memicu masalah sinusitis atau otitis media akibat tingginya tekanan di dalam rongga hidung. Jika kita terus melakukannya, dikhawatirkan akan memicu datangnya infeksi pada rongga hidung atau bahkan kerusakan pada gendang telinga.

Waspadai gejala flu yang sudah semakin memburuk

Pakar kesehatan menyebut flu seringkali dianggap sebagai penyakit ringan yang tidak perlu dikhawatirkan. Padahal, jika sampai kondisi flu memburuk, bisa jadi hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa flu sudah memburuk dan harus segera diperiksakan ke dokter.

  1. Menyebabkan sesak napas

Jika kita sudah mengalami sesak napas saat flu atau pilek, hal ini menandakan bahwa kondisi flu sudah cukup parah dan harus diperiksakan ke dokter. Bahkan, jika kita sampai kesulitan untuk mengalami sesak napas, bisa jadi hal ini adalah tanda dari masalah pneumonia yang tidak bisa disepelekan.

  1. Nyeri pada dada

Jika flu sampai membuat kita mengalami nyeri dada, sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter karena hal ini bisa jadi menandakan dari infeksi lanjutan seperti radang pada selaput jantung atau miokarditis. Jika kita juga memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya, sebaiknya mewaspadai masalah kesehatan ini.

  1. Mengalami disorientasi

Jika flu sampai memicu demam tinggi, kepala pusing, dan susah berpikir dan kebingungan atau disorientasi, bisa jadi hal ini terkait dengan adanya infeksi yang berbahaya. Kita harus memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

  1. Mengalami muntah-muntah

Flu terkadang memang bisa membuat tidak enak badan dengan gejala mual atau muntah, namun gejala ini hanya akan muncul satu atau dua hari saja. Jika gejala mual dan muntah ini terjadi lebih lama dan disertai dengan demam parah, segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter.

  1. Mengalami infeksi sekunder

Saat flu, sistem kekebalan tubuh melemah sehingga akan membuat kita lebih rentan terkena infeksi masalah kesehatan lainnya seperti pneumonia. Jika tak kunjung ditangani dengan baik, bisa jadi hal ini akan berujung pada masalah kesehatan lainnya yang lebih serius seperti peradangan pada jantung, otak, atau bahkan memicu infeksi darah yang bisa menyebabkan kematian.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}