Home » » 8 Cara Mengatasi Batuk saat Puasa (Mudah dan Efektif)

8 Cara Mengatasi Batuk saat Puasa (Mudah dan Efektif)

Posted by Droid Tech Media on Saturday, May 18, 2019

mengatasi-batuk-saat-puasa-doktersehat

DokterSehat.Com – Ibadah puasa Ramadan yang Anda jalani tentunya harus didukung oleh kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Ini untuk menjaga agar puasa senantiasa lancar sampai hari kemenangan alias hari Raya Idul Fitri tiba. Akan tetapi, serangan penyakit kerap kali menghambat kelancaran ibadah puasa, seperti batuk saat puasa. Lantas, bagaimana cara mengatasi batuk saat puasa yang benar dan juga efektif?

Penyebab Batuk saat Puasa

Sebenarnya, batuk bukan merupakan suatu penyakit. Batuk adalah reaksi alami tubuh ketika ada benda asing masuk ke dalam saluran pernapasan, seperti debu, asap rokok, maupun asap kendaraan.

Selain itu, penyebab batuk saat puasa juga bisa karena konsumsi sejumlah jenis makanan, utamanya makanan yang mengandung minyak, lemak, dan gula. Ya, makanan-makanan tersebut memang lebih menggugah selera, bukan? Sebut saja gorengan, kolak, dan berbagai makanan sejenis lainnya.

Cara Mengatasi Batuk saat Puasa

Batuk saat puasa pastinya sangat mengganggu. Niat hati untuk bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar pun terhambat. Tentunya hal yang tidak Anda inginkan, bukan? Berikut ini adalah sejumlah tips atau cara mengatasi batuk saat puasa.

1. Banyak Minum Air Putih

Terlebih jika Anda mengalami batuk berdahak saat puasa, maka minum air putih adalah cara menghilangkan batuk saat puasa yang efektif. Air putih diklaim berfungsi sebagai pengencer lendir atau dahak pada tenggorokan sehingga batuk bisa reda dan tenggorokan terasa lega. Namun, air yang diminum adalah air hangat alih-alih air dingin.

Mengkonsumsi air dingin apalagi jika ditambah dengan es batu justru akan semakin memperparah kondisi batuk saat puasa yang Anda alami.

2. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Selain air putih hangat, mengatasi batuk saat puasa juga bisa dengan minum minuman hangat yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti jahe atau madu. Keduanya mengandung zat yang efektif untuk melawan infeksi pemicu batuk.

Atau, Anda juga bisa memanfaatkan minyak oles yang juga terbuat dari bahan-bahan alami guna mengatasi batuk saat puasa dengan cepat. Oleskan pada area tenggorokan sampai tenggorokan terasa lebih lega.

3. Hindari Makan Gorengan

Seperti yang sudah disebutkan di awal, salah satu penyebab batuk saat puasa adalah karena konsumsi makanan yang mengandung minyak. Dan di momen-momen seperti bulan Ramadan ini, makanan seperti gorengan yang notabene mengandung banyak minyak tentunya sangat menggugah selera.

Tapi tunggu dulu. Justru gorengan inilah yang kerap memicu timbulnya batuk saat puasa. Jika Anda sudah terlanjur batuk akibat banyak makan gorengan, baik itu saat sahur maupun buka puasa, sebaiknya hentikan kebiasaan ini guna menghindari kondisi batuk yang lebih parah.

4. Makan Makanan Kaya Nutrisi

Sebaliknya, Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk mengatasi batuk saat puasa yang tengah dialami. Cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan atau sayur karena keduanya memiliki kandungan nutrisi seperti serat dan air yang efektif meredakan batuk.

Tak hanya itu, buah dan sayur kaya akan vitamin C, yang mana vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, batuk saat puasa bisa segera hilang. Jeruk, apel, papaya, hingga sayur bayam sudah selayaknya masuk ke dalam daftar menu sahur dan berbuka Anda demi mengatasi batuk saat puasa.

5. Pakai Masker saat Berada di Luar Ruangan

Sementara itu, untuk batuk saat puasa yang disebabkan oleh debu maupun polusi udara yang berasal dari asap rokok atau kendaraan, maka cara mengatasi batuk saat puasa sebelum bertambah parah adalah dengan rajin menggunakan masker penutup hidung dan mulut manakala Anda sedang beraktivitas di luar ruangan.

Masker penutup hidung dan wajah berfungsi untuk melindungi saluran pernapasan Anda dari debu dan polusi udara agar jangan sampai masuk dan makin memperparah kondisi batuk yang tengah dialami.

6. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat adalah cara menghilangkan batuk saat puasa yang juga patut Anda coba. Air hangat efektif membuat tubuh jadi lebih rileks, termasuk area tenggorokan sehingga batuk bisa segera mereda. Terlebih jika batuk yang dialami sudah disertai dengan dahak, maka air hangat ampuh untuk mengencerkan dahak tersebut.

7. Minum Obat Batuk

Jangan lupa juga untuk minum obat batuk guna mengatasi batuk saat puasa dengan cepat dan efektif. Adanya obat batuk memang tidak bisa diabaikan begitu saja, kendati Anda bisa saja menggunakan cara alami untuk menghilangkan batuk saat puasa, seperti minum banyak air putih dan makan buah ataupun sayur.

Pilihlah obat batuk yang tepat sesuai dengan kondisi batuk yang Anda alami. Jika masih sebatas batuk kering, maka minumlah obat batuk khusus batuk kering. Pun demikian apabila batuk sudah sampai disertai dahak, obat khusus batuk berdahak adalah solusinya.

Minumlah obat batuk sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan obat. Lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait guna menemukan pilihan dan dosis obat batuk yang sesuai sehingga proses penyembuhan batuk bisa berlangsung maksimal.

8. Istirahat Cukup

Agar proses penyembuhan batuk saat puasa berjalan lancar dan efektif, maka yang perlu Anda lakukan adalah beristirahat yang cukup.

Tidur diklaim merupakan cara mengatasi batuk saat puasa yang ampuh. Pasalnya, saat tidur fungsi tubuh hampir tidak berjalan sama sekali. Kondisi ini lantas membantu sistem imun tubuh untuk dapat bekerja maksimal dalam melawan bakteri atau virus yang memicu terjadinya batuk. Itu sebabnya mengapa kita sangat disarankan untuk beristirahat saat sedang sakit, tak terkecuali saat batuk.

Nah, itu dia informasi mengenai cara menghilangkan batuk saat puasa yang bisa Anda terapkan jika saat ini aktivitas berpuasa terganggu oleh batuk. Semoga bermanfaat!


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}