Ponselgue – Sama seperti layanan Play Store milik Google, Apple juga menyediakan platform khusus untuk mendistribusikan berbagai macam konten yang bisa diunduh atau dibeli pengguna iOS, yakni layanan iTunes dan App Store.
Tetapi platform ini bukannya tanpa kendala. Tidak jarang ada masalah seperti musik, film, acara TV, buku, atau aplikasi yang sudah dibeli tidak bisa digunakan atau lainnya.
Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa mengajukan proses Refund (meminta pengembalian dana).
Baca juga : Cara Menjual Lagu Di iTunes
Cara Refund di App Store dan iTunes
Pada rtikel kali ini, kami akan membagikan cara melaporkan kendala dan mengajukan refund di App Store. Namun sebelum mengajukan refund, pastikan Anda memiliki alasan yang tepat.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, simak langkah-langkah selengkapnya di bawah ini.
Mengajukan Refund Dengan e-Mail Bukti Pembelian
- Pertama, buka aplikasi Email di iPhone Anda.
- Cari “Your receipt from Apple” untuk memudahkan pencarian email terkait pembelian yang ingin Anda refund.
- Buka email tersebut kemudian ketuk Report Problem, nantinya Anda akan diarahkan ke halaman Apple Report Problem.
- Selanjutnya masuk menggunakan akun Apple ID Anda.
- Ketuk tombol Choose Problem dan pilih kendala yang Anda alami.
- Tulis secara lengkap deskripsi masalah yang Anda temukan di bagian bawah.
- Jika sudah, tekan tombol Submit untuk mengirim pengajuan refund.
Kini Anda tinggila menunggu konfirmasi dari Apple Support mengenai permohonan pengembalian dana dalam beberapa hari.
Baca juga : Begini Cara Membeli Lagu di iTunes Tanpa Kartu Kredit
Mengajukan Refund Melalui Website Resmi Apple
- Buka halaman resmi Apple http://reportaproblem.apple.com/ di browser yang Anda gunakan.
- Selanjutnya masukkan Apple ID Anda beserta passwordnya di kolom yang tersedia.
- Pilih tab pembelian item yang ingin Anda laporkan (semua, musik, film, aplikasi, atau buku).
- Ketuk tombol Report a Problem pada konten yang ingin Anda refund dananya.
- Klik Choose Problem dan pilih masalah yang Anda alami pada menu dropdown yang muncul.
- Selanjutnya jelasan alasan permohonan pengembalian dana di bagian deskripsi.
- Terakhir, tekan tombol Submit di bagian kanan untuk mengirim laporan Anda.
Anda tinggal menunggu email dari Tim Apple Support dalam 1–2 hari berikutnya sebagai konfirmasi dari laporan yang diberikan. Jika permohonan Anda disetujui, biasanya proses Refund akan memakan waktu kurang lebih 3 hari kerja.
Sebagai tambahan informasi, Anda hanya dapat mengajukan Refund dari konten yang dibeli di App Store atau di iTunes maksimal 90 hari setelah dibeli.
Baca juga : 4 Rekomendasi Aplikasi GIF (Gambar Bergerak) Untuk Perangkat iOS
Nah, itulah tadi cara refund di App Store atau di iTunes. Nantinya pengembalian dana bisa berbentuk saldo iTunes atau tergantung kebijakan Apple serta cara pembelian konten tersebut.
Sumber https://indoint.com/
0 comments:
Post a Comment