Home » , » 5 Jenis Sistem Keamanan Pada Jaringan Komputer, Wajib Ketahui!

5 Jenis Sistem Keamanan Pada Jaringan Komputer, Wajib Ketahui!

Posted by Droid Tech Media on Monday, February 4, 2019

Keamanan sebuah jaringan komputer sangatlah diharapkan sebab untuk menghindari banyak sekali macam serangan baik itu oleh para hacker maupun cracker. Bukan hanya dari hacker atau cracker saja, ternyata serangan tersebut juga sanggup berasal dari lingkungan sekitar kita. Maka dari itu bagi para direktur jaringan harus teliti dalam menentukan jenis sistem keamanan yang di gunakan.


Perlu kau ketahui bahwa setiap komputer yang terhubung ke jaringan mempunyai bahaya keamanan yang lebih besar dibandingkan dengan komputer yang tidak terhubung ke mana-mana. Namun dengan adanya network security, resiko ini sanggup dikurangi. Namun biasanya network security akan bertentangan dengan network acces. Karena apabila network acces semakin mudah, maka network security akan semakin rawan. Berikut ini merupakan jenis jenis tamanan jaringan komputer.


 


Jenis – Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer


Di dalam jaringan komputer tentunya harus mempunyai sistem keamanan yang baik. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari banyak sekali macam bahaya maupun serangan dari para hacker atau cracker menyerupai yang telah di jelaskan tadi. Pada dasarnya jenis sistem keamanan komputer dibagi menjadi 5 jenis, adalah :



1. Keamanan Fisik


Jenis keamanan sistem jaringan komputer yang pertama adalah keamanan fisik, jenis keamanan ini lebih ditekankan pada hardware atau perangkat keras. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi hardware supaya tetap dalam kondisi yang prima biar sanggup dipakai untuk melaksanakan operasi pada jaringan.



2. Keamanan Jaringan


Keamanan jaringan ini lebih bertipe ke abstrak. Kenapa abstrak? Karena jenis keamanan ini dilakukan oleh benda yang tidak kelihatan atau tidak kasat mata, baik itu memakai software maupun perintah tertentu. Contoh keamanan jaringan yang satu ini adalah dengan memakai proxy maupun firewall untuk melaksanakan filter pada user yang ingin memakai jaringan.



3. Otorisasi Akses


Jenis keamanan jaringan Otorisasi Akses merupakan sebuah keamanan jaringan dengan penggunaan password atau kata sandi apabila kita ingin mengakses sesuatu pada sebuahjaringan. Hal tersebut dilakukan supaya direktur sanggup memastikan hanya user tertentu saja yang sanggup mengakses sebuah jaringan.



4. Proteksi Virus


Virus merupakan salah satu metode penyerangan pada sistem komputer dengan memakai sebuah agenda yang sanggup merusak atau menciptakan sistem pada komputer menjadi kacau serta mengalami kerusakan. Untuk mengatasi serangan virus ini, kita sanggup memakai atau menginstal software anti virus pada komputer serta selalu update dengan database terbaru.



5. Penanganan Bencana


Penanganan peristiwa ini merupakan langkah – langkah yang harus diambil apabila terjadi petaka yang mengakibatkan kerusakan dan kehilangan data – data penting pada sebuah sistem jaringan komputer. Perencanaan peristiwa ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada sistem sanggup lebih cepat teratasi.



Jadi itulah artikel dari mastekno mengenai jenis-jenis sistem keamanan jaringan komputer yang perlu kau ketahui. Dengan adanya jenis-jenis sistem keamanan jaringan komputer, maka apabila kita ingin membangun sebuah sistem jaringan komputer, kita sanggup menentukan jenis-jenis sistem keamanan jaringan apa saja yang perlu dipersiapkan. Sekian dari mastekno semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://timeslib.com/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}